Wednesday, January 9, 2013

RPP Mendeskripsikan NKRI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan  : SD .......................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)         
Kelas / Semester      : V (Lima) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu         : 2 x 35 menit (1 pertemuan)

A.       Standar Kompetensi     
1.      Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

B.        Kompetensi Dasar         
1.1.    Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia

C.        Indikator
Kognitif:
§   Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
§   Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
§   Mendiskusikan tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§   Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
§   Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
§   Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.
Afektif:
§   Melaporkan hasil diskusi kelompok.
§   Membangun kerjasama dalam diskusi kelompok.
§   Menunjukkan sikap berani dan percaya diri saat tampil di depan kelas.

Psikomotor:
§   Membuat gambar wilayah NKRI.
§   Mengidentifikasikan letak wilayah NKRI dalam peta.

D.     Tujuan Pembelajaran
Kognitif:
§   Siswa dapat menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI dengar benar setelah melihat kebradaan NKRI pada peta.
§   Siswa dapat menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI dengan tepat setelah membaca buku tentang keberadaan NKRI.
§   Siswa dapat mendiskusikan tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI secara aktif setelah memahami keberadaan NKRI.
§   Siswa dapat menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI dengan tepat setelah memahami keberadaan NKRI.
§   Siswa dapat menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI dengan tepat setelah memahami keberadaan NKRI.
§   Siswa dapat menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI dengan tepat setelah memahami keberadaan NKRI.
Afektif:
§   Siswa dapat melaporkan hasil diskusi kelompok dengan baik setelah mendapat pengarahan dari guru.
§   Siswa dapat membangun kerjasama dalam diskusi kelompok secara aktif setelah mendapat pengarahan dari guru.
§   Siswa dapat menunjukkan sikap berani dan percaya diri saat tampil di depan kelas.
Psikomotor:
§   Siswa dapat membuat gambar wilayah NKRI dengan tepat setelah melihat wilayah NKRI dalam peta.
§   Siswa dapat mengidentifikasikan letak wilayah NKRI beserta batas-batasnya dengan benar di dalam peta.

v  Karakter siswa yang diharapkan : 
             -             Dapat dipercaya (trustworthines)
             -             Rasa hormat dan perhatian (respect)
             -             Tekun (diligence)
             -             Tanggung jawab (responsibility)
             -             Berani (courage)
             -             Integritas (integrity)
             -             Peduli (caring)
             -             Jujur (fairnes)
             -             Kewarganegaraan (citizenship)

E.      Dampak Pengiring
Menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga tercipta semangat untuk menjaga keutuhan dan persatuan bangsa Indonesia.

F.       Materi Ajar
§  Batas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§  Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
(pengembangan materi terlampir)

G.       Model dan Metode Pembelajaran
Model pembelajaran:
§   Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (tim ahli)
§   Model pembelajaran kooperatif tipe struktural teknik mind mapping dan talking stick
Metode pembelajaran:
§   Ceramah
§   Diskusi
§   Tanya jawab
§   Kerja Kelompok
§   Penugasan

H.       Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke-2 (2 x 35 menit)
1.      Kegiatan awal (10 menit)
§   Mengucap salam, berdoa, dan melakukan presensi.
§   Apersepsi
@  Guru menyajikan gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara melalui LCD.
§   Orientasi
@  Guru menjelaskan sekilas tentang kompetensi dasar yang akan dipelajari.
§   Motivasi
@ Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” bersama-sama.
(terlampir)
2.      Kegiatan Inti (40 menit)
§   Eksplorasi
@  Siswa dikelompokkan ke dalam beberapa tim yang setiap tim memiliki 5 anggota atau menyesuaikan.
@  Guru memberikan materi berupa sub bab yang berbeda kepada setiap siswa dalam satu tim.
@  Guru menugaskan siswa untuk mencari dan mempelajari materi yang telah diberikan dengan membaca pada buku paket dan melihat pada peta yang sudah disiapkan oleh siswa.
@  Dari satu tim yang terdiri dari 5 anggota, siswa 1 mempelajari tentang negara yang menjadi batas NKRI, siswa 2 tentang perairan yang menjadi batas NKRI, siswa 3 tentang wilayah daratan NKRI, siswa 4 tentang wilayah lautan NKRI, dan siswa 5 tentang wilayah udara NKRI serta letak astronomis Indonesia.
@  Guru memantau, memberikan pengarahan, dan membantu siswa yang mengalami kesulitan selama mencari dan mempelajari materi yang diberikan.
§   Elaborasi
@  Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka.
@  Masing-masing anggota dari setiap kelompok ahli saling menyampaikan hasil penemuan mereka setelah mempelajari sub bab yang telah ditentukan sebelumnya.
@  Masing-masing kelompok ahli saling bertukar pendapat dan menanggapi hasil penemuan anggotanya sehingga diperoleh satu materi utuh mengenai sub bab yang dibahas.
@  Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, guru menginstruksikan setiap anggota kembali ke tim asal.
@   Secara bergantian, siswa mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
@  Setelah semua tim selesai, guru menginstruksikan setiap tim untuk mendiskusikan tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI yang telah diketahui siswa.
@  Tiap tim menulis jawaban hasil diskusi.
@  Tiap tim membacakan jawaban yang sudah ditulis dan guru mencatat jawaban di papan tulis.
@  Kemudian, setiap kelompok ahli mempresentasikan di depan kelas hasil diskusi sesuai dengan sub bab yang menjadi bagiannya.
§   Konfirmasi
@  Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
@  Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap unjuk kerja siswa.
@  Guru mencoba pemahaman siswa dengan menggunakan model talking stick.
@  Guru memberikan sebuah pertanyaan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memikirkan jawabannya. Kemudian, guru mengambil tongkat dan diberikan kepada salah satu siswa. Siswa yang menerima tongkat harus menjawab pertanyaan tersebut. Demikian seterusnya sampai beberapa kali pertanyaan.
@  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa khususnya mengenai wilayah NKRI.
3.      Kegiatan Penutup (20 menit)
§  Merangkum
@ Guru bersama dengan siswa merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
§  Menilai
@ Guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran.
§  Merefleksi
@ Guru meminta siswa menanggapi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
@ Guru menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
§  Guru menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam.

I.          Media dan Sumber Belajar
§   Media:
-        LCD
-        Papan tulis dan spidol
-        Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara
-        Stick/tongkat kecil
§   Sumber Belajar:
-        Sarjan. 2012. Aku Bangga Menjadi Warga Negara 5. Solo: Tiga Serangkai
-        Ikhwal Sapto Darmono, dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan 5. Jakarta: Depdikbud
-        Peta dunia atau atlas

J.        Penilaian
§  Kognitif
a.    Jenis            : tertulis
b.    Bentuk        : tes objektif (pilihan ganda dan melengkapi), tes uraian, dan laporan
c.    Instrumen   : (terlampir)
§  Afektif
     Bentuk             : skala sikap (terlampir)
§  Psikomotor
     Bentuk             : unjuk kerja (terlampir)
§  Alat Penilaian  : lembar soal, kunci jawaban, lembar pengamatan, penskoran (terlampir)


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD ..................

                                            
NIP.

Surakarta,   Desember 2012
Guru Mapel PKN



NIP.