Thursday, December 5, 2013

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 (KELAS 1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD ..............................
Kelas / Semester         : I (satu) / 1 (satu)
Tema                           : Kegemaranku
Subtema                     : Gemar Berolahraga (Pembelajaran 5)
Waktu                         :  1 hari ( 5 x 35 menit)

A.  Kompetensi Inti
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.  Kompetensi Dasar
·         Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,  serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·         Matematika
3.5 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah   sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
·         Seni Budaya dan Prakarya
4.7  Menyanyikan lagu anak-anak dan  berlatih memahami isi lagu
·         PJOK
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

C.  Indikator
·         Bahasa Indonesia
-          Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan pengalaman yang dipelajari
-          Menceritakan kembali isi pengalaman dengan bahasa sendiri
·         Matematika
-          Mengukur jarak lompatan dengan melaksanakan alat ukur tidak baku
-          Membandingkan jarak yang lebih panjang >< lebih pendek
·         Seni Budaya dan Prakarya
-          Menyanyikan lagu bertema olahraga lancar dan percaya diri sesuai arahan
·         PJOK
-          Melakukan gerak lompat jauh dengan teknik yang benar

D.  Tujuan Pembelajaran
Pengukuran dengan Lompat Jauh
Tujuan Pembelajaran:
·         Melalui praktik langsung siswa mampu melakukan lompat jauh dengan teknik yang benar.
·         Dengan menggunakan alat ukur tidak baku (tali rafia) siswa mampu mengukur dan membandingkan jarak lompatannya dengan lompatan temannya melalui bimbingan guru.
·         Setelah mengukur siswa mampu membuat tabel data hasil pengamatan kegiatan dengan benar.
·           Setelah melakukan kegiatan siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru dengan baik.
·           Setelah melakukan kegiatan siswa mampu menceritakan kembali isi pengalaman bermain lompat jauh dengan bahasa sendiri.
Bernyanyi Lagu Bertema Olahraga
Tujuan Pembelajaran:
·         Melalui kegiatan praktik siswa mampu menyajikan lagu bertema olahraga dengan percaya diri dan lancar sesuai dengan ketentuan.
·         Melalui bermain sambil bernyanyi siswa mampu mengikuti arahan atau petunjuk guru dengan benar.

E.  Materi Ajar
·         Pengukuran dengan Lompat Jauh
·         Bernyanyi Lagu Bertema Olahraga
(Pengembangan materi terlampir)

F.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Scientific
     Strategi                   : Cooperative Learning
     Teknik                    : Example Non Example
     Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah




G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa tepuk kompak menyanyikan lagu “Potong Bebek Angsa” bersama-sama.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
·           Pengukuran dengan Lompat Jauh
1.    Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan.
2.    Guru mengajak siswa ke halaman/lapangan sekolah.
3.    Siswa diminta membawa buku siswa dan alat tulis.
4.    Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
5.    Siswa mendengarkan penjelasan tentang pengamatan yang akan dilakukan, yaitu sebagai berikut.
-            Siswa melompat mulai dari garis awal yang telah ditentukan.
-            Tempat siswa mendarat diberi tanda dengan kapur tulis atau kayu (jika dilakukan di lapangan tanah).
-            Semua anggota kelompok melakukan hal yang sama.
-            Semua anggota kelompok membandingkan jarak lompatan.
6.    Dengan bimbingan guru, siswa mengisi tabel hasil pengamatan yang ada pada buku siswa.
7.    Siswa melakukan satu kali lagi lompatan dan menuliskan hasil pengamatannya.
8.    Guru mengajak siswa kembali ke kelas.
9.    Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan lompat jauh.
10.               Guru membacakan pertanyaan pada buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya dengan bahasa sederhana.
11.               Dengan bimbingan guru, siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan bacaan di buku siswa.
12.               Guru mengecek dan membimbing satu persatu pekerjaan siswa berdasarkan pengalaman kelompoknya masing-masing.

·           Bernyanyi Lagu Bertema Olahraga
1.        Siswa memperhatikan teks lagu Basri Jago Kasti.
2.        Guru mengajarkan lagu Basri Jago Kasti.
3.        Siswa menyanyikan lagu bersama-sama.
4.        Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
5.        Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan “menyambungkan lagu”. Berikut ini adalah aturannya.
-            Setiap kelompok secara bergiliran menyanyikan sebaris lagu.
-            Guru menunjuk kelompok yang pertama kali menyanyikan baris pertama lagu.
-            Guru akan menunjuk kelompok menyanyikan lagu secara acak.
-            Setiap kelompok diharapkan selalu dalam keadaan siap.
6.        Pada akhir kegiatan setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu tersebut.
150 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Guru mengapresiasi kegiatan dan hasil kerja siswa serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
15 menit

B.       Media dan Sumber Belajar
·           Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·           Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·           Video dan slide gambar  tentang  Gemar Berolahraga.
·           Kapur tulis/kayu, Teks lagu Basri Jago Kasti

C.      Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Isian singkat.


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD ...................


(..............................)
NIP. .......................

……………,   Oktober 2013
Wali kelas I


(..............................)
 NIP.  ......................

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi dan media pembelajaran
2.    Lembar KerjaSiswa (LKS)
3.    Kisi-Kisi
4. InstrumenPenilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal dan kunci jawaban
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian

c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan.

CONTOH RPP kurikulum 2013 (kelas 1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah            : SD N 2 Gunting
Kelas / Semester         : I (satu) / 1 (satu)
Tema                           : Keluargaku
Subtema                     : Keluarga Besarku (Pembelajaran 1)
Waktu                         :  1 hari ( 6 x 35 menit)

A.  Kompetensi Inti
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
·         Bahasa Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa  Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·         Matematika
4.3. Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
·         PPKn
4.4. Mengamati dan menceritakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

C.  Indikator
·         Bahasa Indonesia
-          Menyebutkan anggota keluarga besar
-          Membaca kosakata anggota keluarga besar
·         Matematika
-          Menentukan nilai tempat
·         PPKn
-          Menyebutkan keberagaman karakteristik dan kegiatan kebersamaan di rumah

D.  Tujuan Pembelajaran
1.  Mengamati Keluarga Besarku
Tujuan Pembelajaran:
·         Setelah membaca teks bacaan dan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan anggota  keluarga besar dengan baik.
·         Setelah mendengarkan contoh yang disampaikan guru, siswa dapat membaca kosakata  anggota keluarga besar dengan benar.
·          Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan keberagaman karakteristik  dan kegiatan kebersamaan di rumah dengan baik.
2.  Mengenal Nilai Tempat
Tujuan Pembelajaran:
·         Setelah mengamati contoh yang diberikan guru, siswa dapat menentukan nilai tempat dengan benar.


E.  Materi Ajar
·         Mengamati Keluarga Besarku
·         Mengenal Nilai Tempat
(Pengembangan materi terlampir)

F.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Tematik
     Prosedur                : Scientific
     Model                     : Cooperative tipe Example Non Example
     Metode                   : Ceramah, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Bercerita

G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa tepuk kompak menyanyikan lagu “Satu-Satu” bersama-sama.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
15 menit
Inti
·           Mengamati Keluarga Besarku
1.        Siswa diingatkan kembali mengenai anggota keluarga selain ayah, ibu, kakak, dan adik.
2.        Siswa diminta mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa. (mengamati)
3.        Siswa diajak berdiskusi mengenai isi gambar. (menanya)
4.        Siswa diminta memberikan tanggapan mengenai isi gambar secara bergiliran. (menalar dan mencoba)
5.        Guru merangkum jawaban siswa dan mengaajak siswa untuk membuat kesimpulan dari gambar yang telah diamati. (membuat jejaring)
6.        Jika siswa sudah memperoleh kesimpulan bahwa topik diskusi adalah mengenai keluarga besar, maka guru menanyakan pada siswa siapa saja keluarga yang dikenal selain ayah, ibu, kakak, atau adik.
7.        Siswa mengamati kartu kosakata dan kartu gambar anggota keluarga besar yang ada di buku siswa. (mengamati)
8.        Siswa diajak berdiskusi tentang kartu kosakata dan kartu gambar anggota keluarga tersebut. (menanya dan menalar)
9.        Siswa membaca nyaring kata-kata pada kartu yang diperlihatkan guru. (mencoba)
10.    Siswa memasangkan kartu kosakata dengan kartu gambar secara berkelompok. (mencoba)
11.    Siswa diajak membuat kesimpulan tentang anggota keluarga besar yang telah diamati. (membuat jejaring)
12.    Siswa melihat foto keluarga yang ditunjukkan oleh guru. (mengamati)
13.    Siswa diajak bertanya jawab tentang foto yang ditunjukkan oleh guru. (menanya)
14.    Siswa mendengarkan cerita guru tentang anggota keluarga yang ada dalam foto tersebut. (menalar)
15.    Siswa diminta menceritakan anggota keluarga besar masing-masing seperti yang dicontohkan oleh guru secara bergantian. (mencoba dan membuat jejaring)
16.    Guru menyampaikan bahwa dengan semakin banyak keluarga yang dimiliki merupakan suatu hal yang patut disyukuri.
·           Mengenal Nilai Tempat
17.    Siswa mengamati berbagai benda sebagai alat bantu berhitung. (mengamati)
18.    Siswa diajak berdiskusi tentang penggunaan benda tersebut sebagai alat bantu hitung. (menanya dan menalar)
19.    Siswa diajak menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru dengan bantuan benda, contohnya 11 + 5. (mencoba)
20.    Siswa diminta menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan guru di papan tulis secara bergantian. (membuat jejaring)
21.    Guru memposisikan tempat duduk siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan sejumlah kartu tabel nilai tempat.
22.    Siswa diperkenalkan tabel nilai tempat sebagai alat bantu yang dapat digunakan dalam melakukan operasi hitung. (mengamati)
23.    Guru dan siswa berdiskusi tentang cara menggunakan tabel nilai tempat untuk melakukan operasi hitung. (menanya)
24.    Siswa diperkenalkan arti dari kata satuan dan puluhan. (menalar)
25.    Siswa bersama guru mengaplikasikan penggunaan tabel nilai tempat untuk menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru. (mencoba)
26.    Siswa secara berkelompok menghitung jumlah dua bilangan menggunakan tabel nilai tempat. (membuat jejaring)
27.    Siswa berlatih penjumlahan di buku siswa.
180 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Guru mengapresiasi kegiatan dan hasil kerja siswa serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
Kegiatan bersama orang tua:
Mengunjungi rumah nenek dan kakek atau anggota keluarga besar untuk bersilaturahmi.
15 menit



A.      Media dan Sumber Belajar
·           Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah
·           Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·           Video lagu “Satu-Satu” dan foto keluarga besar
·           Kartu kosakata dan kartu bergambar anggota keluarga besar
·           Benda-benda untuk berhitung (misal: lidi)
·           Tabel nilai tempat

B.       Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Menjodohkan
·       Isian singkat

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N 2 Gunting


(..............................)
NIP. .......................

Surakarta,   November 2013
Wali kelas I


(..............................)
 NIP.  ......................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi
2.    Media pembelajaran
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian

c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan.