Friday, April 4, 2014

Contoh RPP Quantum IPS SD (Kelas 6)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah          :  SD..............................
Kelas/ Semester        :  VI (enam) / 1 (satu)
Mata Pelajaran        :  IPS
Waktu                       :  2 x 35 menit

A.  Standar Kompetensi
1.      Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua
B.  Kompetensi Dasar
3.      Mengidentifikasikan benua-benua
C.  Indikator
Kognitif:
§  Menunjukkan benua-benua yang ada di dunia pada peta
§  Menunjukkan batas-batas benua-benua yang ada di dunia
Afektif:
§  Menunjukkan sikap teliti dan berani dalam kegiatan pembelajaran
Psikomotor:
§  Menceritakan benua-benua di dunia dan batas-batasnya di depan kelas

D.  Tujuan Pembelajaran
Kognitif:
§  Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan benua-benua yang ada di dunia pada peta dengan benar.
§  Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan batas-batas benua-benua yang ada di dunia dengan benar.
Afektif:
§  Melalui bimbingan guru, siswa mampu menunjukkan sikap teliti dan berani dalam kegiatan pembelajaran dengan baik.
Psikomotor:
§  Melalui presentasi kelompok, siswa mampu menceritakan benua-benua di dunia dan batas-batasnya di depan kelas dengan baik.

E.  Materi Ajar
     Benua-Benua di Dunia Beserta Batasnya
(Terlampir)

F.   Alokasi Waktu
2 JP (2 x 35 menit)

G. Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Student Center
Model         : Quantum
Metode       :
§   Ceramah
§   Tanya jawab
§   Diskusi
§   Penugasan









H.  Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·     Siswa menjawab salam dan berdoa (religius).
·     Guru mengecek kehadiran siswa.
·     Siswa ditunjukkan berbagai tempat menarik yang terdapat di berbagai benua (motivasi dan apersepsi)
10 menit
Inti
Eksplorasi
·   Siswa diceritakan tentang tempat-tempat yang baru saja dilihat sehingga muncul keinginan untuk mengetahui lokasi tempat tersebut. (tumbuhkan)
·   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, diusahakan setiap kelompok memiliki peta/atlas dunia.
·   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa lokasi tempat yang baru saja dilihat dapat ditemukan dalam peta/atlas atau globe.
Elaborasi
·   Siswa secara berkelompok menemukan lokasi tempat yang dimaksud. (alami)
·   Siswa dengan bimbingan guru mengamati benua dimana lokasi tersebut berada.
·   Siswa bersama guru memberi nama masing-masing benua yang ditemukan. (namai)
·   Setelah itu, siswa kembali mendengarkan penjelasan guru bahwa setiap tempat memiliki batas-batas. (tumbuhkan)
·   Siswa secara berkelompok kembali mengamat peta/globe (alami)
·   Siswa dibimbing oleh guru untuk berdiskusi tentang batas-batas benua yang telah ditemukan.
·   Siswa dengan bimbingan guru membuat laporan dengan menuliskan batas-batas benua hasil pengamatan. (namai)
·   Siswa secara berkelompok menceritakan tentang benua yang sudah diketahui beserta batas-batasnya di depan kelas. (demonstrasikan)
Konfirmasi
·   Guru memberikan apresiasi dan koreksi yang positif terhadap masing-masing kelompok.
·   Setelah semua tampil, siswa bersama guru mengulangi nama benua-benua di dunia beserta batasnya secara lisan. (ulangi)
·   Siswa dan guru merayakan partisipasi dan keberhasilan dalam mengikuti pembelajaran dengan bertepuk tangan. (rayakan)
45 menit
Penutup
·     Guru membagikan lembar kerja individu untuk mengetahui kemampuan masing-masing siswa dalam menyerap pembelajaran.
·     Siswa mengerjakan lembar kerja secara mandiri.
·     Siswa dengan bimbingan guru merangkum dan menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
·     Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·     Guru menyampaikan pesan moral untuk membiasakan diri teliti dan berani dalam menghadapi persoalam apa saja.
·     Siswa mengucap doa dan salam.
·     Guru melakukan penilaian autentik.
15    menit

I.         Media dan Sumber Belajar
@ Media:
Peta/Atlas/Globe, video/gambar tempat-tempat di berbagai benua

@ Sumber Belajar:
Peta/Atlas/Globe
Indrastuti, Penny Rahmawaty. 2008. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
J.        Penilaian

Kognitif
Afektif
Psikomotor
Prosedur
Penilaian proses dan hasil belajar
Jenis
Tes uraian terbatas
Pengamatan
Penilaian Kinerja
Bentuk
Tertulis
Skala sikap
Unjuk kerja
Instrumen terlampir


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD ...................


(..............................)
NIP. .......................

Surakarta,   April 2014
Wali kelas VI


(..............................)
 NIP.  ......................


LAMPIRAN-LAMPIRAN
  1. Pengembangan materi
  2. Kisi-Kisi
  3. Lembar kegiatan kelompok (LKS kelompok)
  4. Instrumen Penilaian:
a.       Tes tertulis dalam bentuk soal uraian terbatas
b.      Kunci jawaban dan pedoman penskoran
c.       Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan
d.      Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian

No comments:

Post a Comment