RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SD..............................
Kelas/ Semester : VI (enam) / 1 (satu)
Mata Pelajaran : IPS
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1.
Memahami
perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara
di Asia Tenggara serta benua-benua
B. Kompetensi Dasar
3.
Mengidentifikasikan
benua-benua
C. Indikator
Kognitif:
§
Menunjukkan benua-benua yang ada di
dunia pada peta
§
Menunjukkan batas-batas benua-benua
yang ada di dunia
Afektif:
§
Menunjukkan sikap teliti dan berani
dalam kegiatan pembelajaran
Psikomotor:
§
Menceritakan benua-benua di dunia dan
batas-batasnya di depan kelas
D.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif:
§
Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan
benua-benua yang ada di dunia pada peta dengan benar.
§
Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan
batas-batas benua-benua yang ada di dunia dengan benar.
Afektif:
§
Melalui bimbingan guru, siswa mampu menunjukkan
sikap teliti dan berani dalam kegiatan pembelajaran dengan baik.
Psikomotor:
§
Melalui presentasi kelompok, siswa
mampu menceritakan benua-benua di dunia dan batas-batasnya di depan kelas
dengan baik.
E.
Materi Ajar
Benua-Benua di Dunia
Beserta Batasnya
(Terlampir)
F.
Alokasi Waktu
2 JP (2 x 35 menit)
G.
Pendekatan, Model, dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan :
Student Center
Model :
Quantum
Metode :
§ Ceramah
§ Tanya jawab
§ Diskusi
§ Penugasan
H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Siswa menjawab salam dan berdoa
(religius).
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Siswa ditunjukkan berbagai tempat
menarik yang terdapat di berbagai benua (motivasi dan apersepsi)
|
10 menit
|
Inti
|
Eksplorasi
·
Siswa diceritakan tentang
tempat-tempat yang baru saja dilihat sehingga muncul keinginan untuk
mengetahui lokasi tempat tersebut. (tumbuhkan)
·
Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok, diusahakan setiap kelompok memiliki peta/atlas dunia.
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru
bahwa lokasi tempat yang baru saja dilihat dapat ditemukan dalam peta/atlas
atau globe.
Elaborasi
·
Siswa secara berkelompok menemukan
lokasi tempat yang dimaksud. (alami)
·
Siswa dengan bimbingan guru mengamati
benua dimana lokasi tersebut berada.
·
Siswa bersama guru memberi nama
masing-masing benua yang ditemukan. (namai)
·
Setelah itu, siswa kembali
mendengarkan penjelasan guru bahwa setiap tempat memiliki batas-batas. (tumbuhkan)
·
Siswa secara berkelompok kembali
mengamat peta/globe (alami)
·
Siswa dibimbing oleh guru untuk
berdiskusi tentang batas-batas benua yang telah ditemukan.
·
Siswa dengan bimbingan guru membuat
laporan dengan menuliskan batas-batas benua hasil pengamatan. (namai)
·
Siswa secara berkelompok menceritakan
tentang benua yang sudah diketahui beserta batas-batasnya di depan kelas. (demonstrasikan)
Konfirmasi
·
Guru memberikan apresiasi dan koreksi
yang positif terhadap masing-masing kelompok.
·
Setelah semua tampil, siswa bersama
guru mengulangi nama benua-benua di dunia beserta batasnya secara lisan. (ulangi)
· Siswa dan
guru merayakan partisipasi dan keberhasilan dalam mengikuti pembelajaran
dengan bertepuk tangan. (rayakan)
|
45 menit
|
Penutup
|
·
Guru membagikan lembar kerja individu
untuk mengetahui kemampuan masing-masing siswa dalam menyerap pembelajaran.
·
Siswa mengerjakan lembar kerja secara
mandiri.
·
Siswa dengan bimbingan guru merangkum
dan menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
·
Guru memberi kesempatan kepada beberapa
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Guru menyampaikan pesan moral untuk membiasakan
diri teliti dan berani dalam menghadapi persoalam apa saja.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
15
menit
|
I.
Media dan Sumber Belajar
@ Media:
Peta/Atlas/Globe,
video/gambar tempat-tempat di berbagai benua
@ Sumber Belajar:
Peta/Atlas/Globe
Indrastuti,
Penny Rahmawaty. 2008. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
J.
Penilaian
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
Prosedur
|
Penilaian proses dan hasil belajar
|
||
Jenis
|
Tes uraian terbatas
|
Pengamatan
|
Penilaian Kinerja
|
Bentuk
|
Tertulis
|
Skala sikap
|
Unjuk kerja
|
Instrumen terlampir
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD ...................
(..............................)
NIP. .......................
|
|
Surakarta, April
2014
Wali kelas VI
(..............................)
NIP. ......................
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
- Pengembangan
materi
- Kisi-Kisi
- Lembar kegiatan kelompok (LKS kelompok)
- Instrumen Penilaian:
a. Tes tertulis dalam bentuk soal uraian terbatas
b. Kunci jawaban dan pedoman penskoran
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan
d. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
No comments:
Post a Comment