|
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
|
Kelas / Semester : VI
/ 1
|
Standar Kompetensi : 1.
Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua
Kompetensi Dasar :
3. Mengidentifikasikan benua-benua
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
SUMBER BELAJAR/ ALAT
|
ALOKASI WAKTU
|
||
Prosedur
|
Jenis
|
Bentuk
|
|||||
Kognitif:
§ Menunjukkan
benua-benua yang ada di dunia pada peta
§ Menunjukkan
batas-batas benua-benua yang ada di dunia
Afektif:
§ Menunjukkan
sikap teliti dan berani dalam kegiatan pembelajaran
Psikomotor:
§ Menceritakan
benua-benua di dunia dan batas-batasnya di depan kelas
|
§ Nama-nama benua
di dalam peta
§ Batas-batas
benua
|
§ Siswa
ditunjukkan berbagai tempat di berbagai benua (tumbuhkan)
§ Siswa mengamati
peta/globe untuk menemukan nama-nama benua (alami)
§ Siswa mengamati
batas-batas benua pada peta (alami)
§ Siswa dengan
bimbingan guru menemukan nama benua dan batas-batasnya (namai)
§ Siswa menceritakan
tentang benua yang sudah diketahui di depan kelas (demonstrasikan)
§ Siswa bersama
guru mengulangi benua-benua di
duniabeserta batasnya (ulangi)
§ Siswa dan guru merayakan
keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan (rayakan)
|
Penilaian proses
Penilaian hasil
|
Tes
Pengamatan
Penilaian Kinerja
|
Tertulis
Skala sikap
Unjuk kerja
|
Peta/
Atlas/Globe,
Indrastuti,
Penny Rahmawaty.2008. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
|
2 x 35 menit
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
....................................
(...............................................................)
NIP / NIK :
........................................
|
|
.......,
..................................
20....
Guru Mapel IPS.
(.............................................................)
NIP / NIK : ........................................
|
No comments:
Post a Comment