RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD .........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
IV (Empat) /2 (Dua)
Pertemuan ke : 2
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
B.
Kompetensi
Dasar
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
5.3 Mengurangkan bilangan bulat
C. Indikator
Kognitif:
§ Memahami konsep penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat
§ Menjumlahkan dan mengurangkan dua bilangan positif
§ Menjumlahkan dan mengurangkan dua bilangan negatif
§ Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan positif dan bilangan negatif
Afektif:
§ Mendengarkan penjelasan tentang penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat
§ Mempertanyakan masalah penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat
§ Membangun kerjasama kelompok dalam penyelesaian
masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Psikomotor:
§ Mengoperasikan mistar bilangan untuk penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat
§ Menggunakan konsep penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif:
§ Siswa dapat memahami konsep penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat dengan benar setelah mendengarkan penjelasan dari
guru
§ Siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan dua
bilangan positif dengan benar setelah
mendengarkan penjelasan dari guru
§ Siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan dua
bilangan negatif dengan benar setelah
mendengarkan penjelasan dari guru
§ Siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan bilangan
positif dan bilangan negatif dengan
benar setelah mendengarkan penjelasan dari guru
Afektif:
§ Siswa dapat mendengarkan penjelasan tentang penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat dengan jelas saat mengikuti pembelajaran
§ Siswa dapat mempertanyakan masalah penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat dengan dengan lancar saat mengikuti pembelajaran
§ Siswa dapat membangun kerjasama kelompok dalam
penyelesaian masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan tanggung
jawab saat pembelajaran kelompok
Psikomotor:
§ Siswa dapat mengoperasikan mistar bilangan untuk penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat dengan benar setelah melihat demonstrasi dari
guru
§ Siswa dapat menggunakan konsep penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat setelah
mengikuti pembelajaran
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin (Discipline)
Rasa hormat dan perhatian (respect)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
E. Dampak
Pengiring
Siswa
mampu menggunakan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari.
F. Materi Ajar
OPERASI HITUNG BILANGAN
-
Penjumlahan Bilangan Bulat
-
Pengurangan Bilangan Bulat
(terlampir)
G. Metoda Pembelajaran
Model Pembelajaran:
- Model
Kooperatif Tipe STAD (Student
Teams Achievement Division)
Metode Pembelajaran:
-
Ceramah
-
Demonstrasi
-
Tanya jawab
-
Diskusi
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
1.
Kegiatan awal (5 menit)
@ Mengucap
salam, berdoa, dan melakukan presensi.
@ Apersepsi
-
Guru mengingat kembalikan konsep
bilangan bulat dan penjumlahan dan
pengurangan bilangan cacah.
@ Orientasi
- Guru
menjelaskan sekilas tentang kompetensi dasar yang akan dipelajari.
@ Motivasi
- Menyanyikan
lagu “Potong Bebek Angsa” bersama-sama. (terlampir)
2.
Kegiatan Inti (20 menit)
@ Eksplorasi
-
Guru memberi contoh
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat dengan metode tanya jawab dan menampilkannya dalam
layar LCD.
-
Guru
menjelaskan cara menulis kalimat matematika penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat berdasarkan contoh permasalahan yang diberikan.
Contoh :
“Suhu di daerah kutub mencapai lima derajat di bawah nol, jika ditulis dengan bilangan negatif menjadi (-5 derajat celcius). Beberapa jam kemudian suhu tersebut naik 3
derajat celcius. Berapa suhu di kutub tersebut?”
“jika
ditulis dengan kalimat matematika yaitu -5 + 3 = ....”
-
Guru mengajak siswa untuk
melakukan penjumlahan bilangan bulat positif dan positif, negatif dan negatif, positif dan negatif, serta negatif dan positif dengan memberikan contoh permasalahan sehari-hari.
-
Guru memperlihatkan ”Mistar
Bilangan” yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
-
Guru memberikan petunjuk tentang
penggunaan ”Mistar Bilangan” tersebut dengan melakukan teknik ”MaMunSiBa” (Maju
Mundur Siap Balik).
-
Guru
memberikan satu contoh penggunaan mistar bilangan untuk penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat positif dengan negatif.
-
Siswa memperhatikan dengan
seksama penggunaan Mistar Bilangan tersebut.
-
Guru membagi
siswa menjadi 4 kelompok.
@ Elaborasi
-
Guru
memberikan soal tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kepada
setiap kelompok untuk didiskusikan. (terlampir)
-
Guru meminta
setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya.
-
Guru
menawarkan kepada dua kelompok untuk maju mengerjakan soal penjumlahan terlebih
dahulu dengan mistar bilangan.
-
Guru menginstruksikan
kepada dua kelompok yang belum maju untuk maju mengerjakan soal pengurangan
dengan mistar bilangan.
@ Konfirmasi
-
Guru memberikan
apresiasi terhadap setiap kelompok yang maju.
-
Guru mengajak
siswa untuk mencocokkan jawaban kelompok yang maju dengan jawaban hasil diskusi
kelompok masing-masing.
-
Guru bersama
dengan siswa mengoreksi jawaban soal dengan menggunakan mistar bilangan.
-
Siswa diberi kesempatan
memberikan komentar tentang penggunaan mistar bilangan ataupun menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3. Kegiatan Penutup (8 menit)
@
Merangkum
-
Guru bersama
dengan siswa merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
@
Menilai
-
Guru
memberikan tugas individu kepada siswa dan dikumpulkan pada saat itu juga.
(terlampir)
-
Guru
memberikan penilaian dan apresiasi terhadap keaktifan siswa dalam kegiatan
pembelajaran.
@
Merefleksi
-
Guru meminta
siswa menanggapi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
-
Guru memberikan
tugas rumah kepada siswa dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
@ Guru
menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam.
I. Media dan Sumber Belajar
@ Media:
LCD, papan tulis, spidol, mistar bilangan
@ Sumber
Belajar:
Buchori, dkk. 2007. Gemar Belajar
Matemmatika 4 (hal.86-99). Semarang: Aneka Ilmu.
Idris Harta. 2004. Bimbingan
Pembelajaran Matematika 4 (hal.76-79). Surakarta: Mediatama.
Burhan Mustaqim, dkk. 2008. Ayo
Belajar Matematika 4(BSE, hal.143-153).
Jakarta: Depdiknas.
J. Penilaian
- Kognitif
a.
Jenis : tertulis
b.
Bentuk : tes objektif
(melengkapi) dan laporan
c.
Instrumen : (terlampir)
- Afektif
Bentuk : skala
sikap (terlampir)
- Psikomotor
Bentuk : unjuk kerja (terlampir)
-
Alat Penilaian : lembar soal, kunci jawaban, lembar pengamatan, penskoran (terlampir)
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD ...................
(..............................)
NIP. .......................
|
|
Surakarta, ..........................
Guru Mapel Matematika
(..............................)
NIP. ......................
|
Bagus, ijin cuplik ya
ReplyDelete