Monday, May 26, 2014

Contoh RPP Kurikulum 2013 (Kelas 4 Semester 1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD ..............................
Kelas / Semester         : 4 (empat) / 1 (satu)
Tema                           : Selalu Berhemat Energi
Subtema                                 : Macam-Macam Sumber Energi
   (Pembelajaran 5)
Waktu                         : 1 hari ( 5 x 35 menit)

A.  Kompetensi Inti
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

B.  Kompetensi Dasar
·         IPA
3.4    Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6    Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
·         Bahasa Indonesia
3.1    Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesialisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
·         PPKn
3.2    Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
·         SBdP
3.5    Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.14 Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.

C.  Indikator
·         IPA
-          Menjelaskan tentang proses terjadinya salah satu sumber energi (minyak bumi)
-          Melaporkan hasil analisa dan diskusi pemecahan masalah tentang pemanfaatan BBM sebagai sumber energi untuk mempermudah kehidupan manusia
-          Menunjukkan sikap kerjasama dalam menjelaskan manfaat BBM
·         Bahasa Indonesia
-          Mempresentasikan hasil diskusi dan analisa teks laporan tentang bahan bakar minyak dengan menggunakan kosa kata baku
-          Menunjukkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan kelas
·         PPKn
-          Merumuskan tentang pentingnya hemat BBM dengan kegiatan membuat poster
·         SBdP
-          Membuat poster menggunakan kertas bekas yang melibatkan keterampilan menggambar, mewarnai dan menggunting
-          Menunjukkan rasa saling menghargai dalam perbedaan

D.  Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·         Setelah membaca teks siswa mampu menjelaskan proses terjadinya energi BBM sesuai urutan berdasarkan waktu melalui tulisan dengan menggunakan kalimat sendiri.
·         Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menjelaskan manfaat BBM dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
·         Melalui kegiatan presentasi, siswa mampu menerangkan tentang manfaat minyak bumi dan cara penghematannya dengan menggunakan kosa kata baku.
·         Melalui kegiatan membuat poster, siswa mampu menjelaskan tentang kewajiban untuk selalu hemat energi BBM disertai alasan dengan benar.
Afektiif
·           Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menunjukkan sikap kerjasama dalam menjelaskan manfaat BBM.
·           Melalui kegiatan membuat poster siswa mampu menunjukkan rasa saling menghargai dalam perbedaan.
·           Melalui kegiatan presentasi siswa mampu menunjukkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan kelas.
Psikomotor
·           Melalui kegiatan membuat poster, siswa mampu meningkatkan keterampilan menggambar, mewarnai, dan menggunting dengan baik.

E.  Materi Ajar
·         Kertas, gunting, pensil dan spidol warna
·         Teks “Minyak Bumi”
·         Teks “Proses Terjadinya Minyak Bumi”
·         Poster sederhana berisi slogan
(Pengembangan materi terlampir)

F.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Scientific
     Model                     : Tematik Terpadu
     Strategi                   : Cooperative Learning
     Teknik                    : STAD
   Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Presentasi, dan
Ceramah
G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa menyanyikan yel-yel sederhana bersama-sama.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
·          Guru menunjukkan gambar yang ada di buku siswa tentang pengisian BBM di SPBU.
·          Siswa mengamati gambar dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
·          Beberapa siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan jawabannya.
·          Guru memberikan penjelasan singkat tentang sumber dari BBM yang biasa digunakan.
·          Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok (maksimal 5 anggota tiap kelompok).
·          Guru memberi teks bacaan tentang minyak bumi pada masing-masing kelompok.
·          Siswa membaca teks “Minyak Bumi” dengan teliti.
·          Guru memberikan pertanyaan melalui kuis berkaitan dengan teks yang dibaca.
·          Kemudian siswa mengamati dan memahami terjadinya minyak bumi melalui teks berbentuk garis waktu/lini masa pada buku siswa masing-masing.
·          Siswa menceritakan kembali proses terjadinya minyak Bumi dengan menggunakan kalimat sendiri.
·          Guru berkeliling saat siswa menulis, memastikan siswa memahami tugasnya dan menyelesaikan tepat waktu.
·          Siswa diingatkan untuk menulis dengan rapi, memilih kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku, dan merangkai kalimat secara runtun.
·          Siswa berkelompok kembali untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan di buku siswa.
·          Saat siswa berdiskusi, guru berkeliling dan memotivasi setiap siswa untuk aktif mengeluarkan pendapatnya. Siswa diingatkan untuk bergantian berbicara dan tidak mendominasi pembicaraan.
·          Saat berdiskusi guru melakukan penilaian keterampilan berdiskusi siswa menggunakan lembar observasi.
·          Setiap kelompok kemudian menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. Kelompok lain menyimak dan memberikan penilaian menggunakan rubrik yang disediakan.
·          Guru menjelaskan cara menggunakan rubrik sebelum proses penilaian dilakukan.
·          Guru mengapresiasi hasil diskusi dan presentasi masing-masing kelompok.
·          Guru memberikan penjelasan tentang pentingnya menjaga kelestarian sumber energi termasuk minyak bumi.
·          Guru mengajak anak membuat poster untuk melestarikan sumber energi.
·          Siswa berkreasi membuat poster sederhana berisi slogan dengan satu lembar kertas bekas ukuran HVS atau A3.
·          Siswa dibebaskan untuk membuat poster slogan mereka dalam berbagai bentuk: lingkaran, persegi, segitiga, dan lain-lain.
·          Siswa membuat kalimat sederhana berisi ajakan untuk hemat energi. Siswa dapat mendesain tiap huruf yang dipakai menggunakan spidol/krayon. Siswa diingatkan untuk membuat poster dengan rapi, disertai gambar dan warna.
·          Siswa memasang poster tersebut di sekitar sekolah.
·          Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
150 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
15 menit

A.      Media dan Sumber Belajar
·      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·      Teks bacaan tentang minyak bumi
(sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_bumi  dan http://belajar.kemdiknas)
·      Kertas bekas ukuran HVS atau A3
·      Lem, gunting, dan pidol/krayon
B.       Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Uraian tertutup


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD ...................


(..............................)
NIP. .......................

……………,   Oktober 2013
Wali kelas I


(..............................)
 NIP.  ......................

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi
2.    Media pembelajaran
3.    Lembar KerjaSiswa (LKS)
4.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian

c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan.

No comments:

Post a Comment