RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P MIKRO )
Nama Sekolah : SD N 2 Gunting
Kelas/ Semester : IV (empat) / 2 (dua)
Mata Pelajaran : IPA
Hari, Tanggal :
Rabu, 30 April 2014
Waktu :
30 menit
Keterampilan :
Memberi Variasi
A. Standar Kompetensi
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
B. Kompetensi Dasar
10.3
Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi,
banjir, dan longsor)
C. Indikator
Kognitif:
§
Menyebutkan tindakan yang dapat mencegah
kerusakan lingkungan
Afektif:
§
Menunjukkan sikap peduli terhadap
kerusakan lingkungan
Psikomotor:
§
Menceritakan cara mencegah kerusakan
lingkungan
D.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif:
§
Melalui tanya jawab, siswa mampu menyebutkan
tindakan yang dapat mencegah kerusakan lingkungan dengan benar.
Afektif:
§
Melalui cerita, siswa mampu menunjukkan
sikap peduli terhadap kerusakan lingkungan dengan baik.
Psikomotor:
§
Melalui presentasi kelompok, siswa
mampu menceritakan cara mencegah kerusakan lingkungan dengan baik.
E.
Tujuan Latihan
Mahasiswa dapat
melaksanakan pembelajaran dengan keterampilan mengajar variasi serta
komponennya yang meliputi variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan
alat pelajaran, dan variasi pola interaksi dan kegiatan.
F.
Materi Ajar
Cara Mencegah Kerusakan
Lingkungan
a.
Erosi: melakukan reboisasi
dan penghijauan, mencegah penebangan secara liar dan berlebih.
b.
Abrasi: melakukan reboisasi
dan penghijauan di sekitar pantai, menciptakan hutan bakau dan hutan pantai, membuat daerah penahan dan pemecah ombak, seperti batu-batu
besar, dinding, atau beton.
c.
Banjir:
membuang sampah pada tempat yang benar, menyediakan
lahan kosong untuk ditanami tanaman, tidak menebang pohon secara besar-besaran
dan tanpa kontrol.
d.
Longsor:
tidak membiarkan tanah yang miring menjadi gundul
dengan melakukan reboisasi dan penghijauan, membuat sengkedan (terasering) pada
lahan pertanian di tanah miring, tidak membuat tempat tinggal di daerah rawan
longsor, seperti di kaki bukit, kaki tebing, atas bukit, dan atas tebing.
G.
Pendekatan, Model, dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan :
Student Centered
Model : Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
penugasan
H.
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
GURU
|
SISWA
|
KOMPONEN
KETERAMPILAN
|
Awal
(3 menit)
|
·
Guru mengucapkan
salam dan meminta siswa untuk memimpin doa.
·
Guru mengecek
kehadiran siswa.
· Guru mengingatkan pembelajaran
sebelumnya tentang kerusakan lingkungan melalui gambar. (apersepsi)
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tentang cara mencegah
kerusakan lingkungan. (orientasi)
·
Guru memberikan yel-yel sederhana
agar siswa mengikuti pembelajaran dengan giat dan semangat. (motivasi)
|
·
Siswa menjawab salam dan berdoa dipimpin oleh salah satu siswa.
(religius)
·
Siswa mengkonfirmasi kehadiran.
·
Siswa mengingat dan menyebutkan pembelajaran sebelumnya tentang kerusakan
lingkungan.
·
Siswa mendengarkan dan mempersiapkan diri mengikuti kegiatan
pembelajaran.
·
Siswa melakukan yel-yel sederhana sehingga muncul motivasi diri untuk
mengkuti pembelajaran.
|
Variasi suara
Variasi mimik dan gerak
Kesenyapan
Pemusatan
Variasi suara
Variasi mimik dan gerak
Pemusatan
|
Inti
(20 menit)
|
Eksplorasi
·
Guru menerangkan
tentang pentingnya mencegah kerusakan lingkungan di sekitar kita.
·
Guru memberikan
contoh cara mencegah dampak kerusakan lingkungan berupa erosi melalui video.
·
Guru menjelaskan
kegiatan diskusi yang akan dilakukan.
·
Guru membagi
siswa menjadi 3 kelompok dan mengatur posisi tempat duduk siswa.
·
Guru memberikan
kertas undian untuk membagi materi.
Elaborasi
·
Guru mengawasi jalannya diskusi.
·
Guru membimbing siswa yang kesulitan selama proses diskusi.
·
Guru memberikan perhatian lebih pada siswa yang kurang aktif dalam proses
diskusi.
·
Guru menjaga situasi diskusi agar tetap kondusif.
Konfirmasi
·
Guru meminta siswa
mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Guru meminta pendapat
masing-masing kelompok tentang kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan yang
mereka bahas.
·
Guru meminta siswa memilih dan
menunjukkan gambar cara pencegahan yang sesuai dengan hasil diskusinya.
·
Guru meminta siswa menempelkan
gambar tersebut pada poster di depan kelas.
·
Guru mengkoreksi dan mengapresiasi
hasil kerja masing-masing kelompok.
|
Eksplorasi
·
Siswa
mendengarkan dan memahami pentingnya mencegah kerusakan lingkungan di sekitar
kita.
·
Siswa
memperhatikan contoh yang diberikan guru dengan antusias.
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan diskusi yang akan dilakukan
·
Siswa bergabung
dengan kelompoknya dan membuat posisi saling berhadapan.
·
Siswa mengambil
kertas undian untuk memilih materi.
.
Elaborasi
·
Siswa melakukan diskusi
sesuai dengan materi ”kerusakan lingkungan” bagiannya.
·
Siswa membaca
sumber bacaan untuk menemukan informasi cara mencegah kerusakan lingkungan
tersebut.
·
Siswa menuliskan
hasil temuannya dalam suatu laporan diskusi.
Konfirmasi
·
Siswa mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di depan kelas.
·
Siswa memberikan pendapat tentang
kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan yang mereka bahas.
·
Masing-masing kelompok memilih dan
menunjukkan gambar cara pencegahan yang sesuai dengan hasil diskusinya.
·
S iswa menempelkan gambar tersebut
pada poster di depan kelas.
·
Siswa mengumpulkan laporan
diskusinya pada guru.
|
Variasi suara
Kontak pandang
Kesenyapan
Variasi mimik dan gerak
Perubahan posisi guru
Variasi mimik dan gerak
Pemusatan
Variasi visual
Variasi aural
Variasi alat bantú
Variasi interaksi
|
Akhir
(7 menit)
|
·
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
·
Guru mengajak
siswa merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
·
Guru
membagikan lembar kerja individu sebagai bahan evaluasi.
·
Guru
melakukan penilaian baik proses maupun hasil.
·
Guru
menyampaikan motivasi untuk lebih giat berusaha sekaligus pesan moral untuk peduli
terhadap lingkungan di sekitar kita.
·
Guru mengajak
siswa mengucap syukur dan memberi salam.
|
·
Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·
Siswa dengan
bimbingan guru merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
·
Siswa
mengerjakan lembar kerja individu.
·
Siswa
mendengarkan motivasi dan pesan dari guru.
·
Siswa
mengucap syukur dan menjawab salam.
|
Variasi suara
Variasi mimik dan gerak
Kesenyapan
Kontak pandang
Perubahan posisi guru
Pemusatan
Variasi visual
Variasi aural
Variasi alat bantú
Variasi interaksi
|
I.
Media dan Sumber Belajar
- Buku yang relevan
- Slide power point
- Video reboisasi
- Poster pencegahan kerusakan lingkungan
J.
Penilaian
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
|
Prosedur
|
Penilaian proses dan hasil belajar
|
||
Jenis
|
Tes tertulis
|
Pengamatan
|
Penilaian Kinerja
|
Bentuk
|
Menjodohkan
|
Skala sikap
|
Unjuk kerja
|
Instrumen terlampir
|
Mengetahui,
Pembimbing
(..............................)
NIP. .......................
|
Surakarta, April
2014
Simulator
(..............................)
NIP. ......................
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
(sederhana saja)
No comments:
Post a Comment