Skenario Pembelajaran
Kelas/Semester : 4 / 2
Mata
Pelajaran : IPA
Guru : “Assalamualakum wr. wb.”
Siswa : “Waalaikumsalam wr. wb.”
Guru : “Ayo siapa yang giliran menyiapkan hari
ini?”
Bagus : “Saya, Bu.” (Bagus memimpin doa)
Siswa : “Selamat pagi, Bu!”
Guru : “Selamat pagi anak-anak! Bagaimana kabar
kalian hari ini?”
Siswa : “Baik, Bu.”
Guru : “Ada yang tidak masuk hari ini?”
Siswa : “Tidak, Bu. Masuk semua.”
Guru : “Kita harus bersyukur pada Tuhan karena
saat ini kita diberi kesehatan dan kekuatan untuk belajar. Anak-anak, apakah
kalian ingat apa yang kita pelajari kemarin waktu pelajaran IPA?”
Anto : “Tidak, Bu.”
Guru : “Coba Dewi, apakah kamu ingat?”
Dewi : “Tentang banjir”
Guru : “Iya, benar, tentang banjir. Coba lihat
gambar ini! Sekarang pasti kalian ingat apa yang kita ketahui kemain?”
Siswa : “Ingat, Bu. Tentang lingkungan yang rusak.””
Guru : “Bagus. Coba kita perhatikan gambar apa
ini? (guru menunjuk salah satu gambar)
Siswa : “Banjir” “Longsor” “Erosi” “Abrasi” (siswa
menyebutkan satu persatu gambar dampak kerusakan lingkungan)
Guru : “Nah anak-anak, dampak atau akibat dari
lingkungan yang rusak tadi harus dicegah atau dibiarkan saja?”
Siswa : “Dicegah, Bu.”
Guru : “Benar, maka dari itu hari ini kita akan
belajar tentang cara mencegah kerusakan lingkungan yang tadi kita lihat. Apa
kalian siap?”
Siswa : “Siap.”
Guru : “Oke, biar kita tambah siap mari tirukan
Ibu!” (guru memberi yel-yel sederhana dan ditirukan oleh semua siswa)
***
Guru : “Anak-anak, coba perhatikan gambar ini!
Bagaimana pendapat kalian tentang gambar ini?”
Erna : “Kasihan, Bu.”
Dwi O : “Itu kenapa, Bu?”
Guru : “Ini adalah akibat dari kerusakan
lingkungan yang kita lihat sebelumnya. Gambar ini, kira-kira disebabkan oleh apa?” ( guru menunjuk salah satu
gambar)
Dina : “Itu banjir, Bu.”
Guru : “Sedangkan ini?” (guru menunjuk satu
persatu gambar dan siswa menjawab penyebab kerusakan yang terjadi.)
Siswa : “Tanah longsor” “Erosi” “Abrasi”
Guru : “Nah, anak-anak, kita lihat gambar yang
pertama, erosi. Ada yang tahu bagaimana mencegahnya?”
Siswa : (diam)
Guru : “Ayo coba Anto!”
Anto : “Ditanami pohon.”
Guru : “Iya benar sekali kata Anto. Ayo kita
lihat ini!” (guru menunjukkan video tentang kegiatan reboisasi)
Siswa : (memperhatikan video dengan antusias)
Guru : “Anak-anak, video yang baru kalian lihat
tadi adalah seperti yang dikatakan Anto. Mereka menanam pohon di hutan untuk
apa tadi?”
Siswa : “Mencegah erosi.”
Guru : “Benar anak-anak. Menanam pohon bisa juga
disebut penghijauan. Kalau kita menanam pohon di hutan kita bisa menyebutnya
‘reboisasi’. Apa tadi nama lain menanam pohon, Erna?”
Erna : “Penghijauan”
Guru : “Kalau penghijauan dilakukan di hutan apa
namanya, Dewi?”
Dewi : “Reboisasi, Bu.”
Guru : “Bagus, selain penghijauan dan reboisasi,
kita juga harus melarang orang-orang untuk menebang pohon banyak-banyak. Jika
semua pohon ditebang, maka hutan akan menjadi apa anak-anak?”
Siswa : “Gundul, Bu.”
Guru : “Iya, hutan yang gundul akan menyebabkan
erosi. Mengerti anak-anak?”
Siswa : “Mengerti, Bu.”
Guru : “Nah sekarang untuk banjir, abrasi, dan
tanah longsor kalian coba cari tahu bagaimana cara mencegahnya. Coba kalian
diskusikan dengan teman sebangkumu! Kalian dapat mencari di buku paket yang
kalian miliki. Paham anak-anak?”
Siswa : “Paham, Bu.”
Guru : “Ibu akan mebagikan ini, nanti hasilnya
kalian tulis di sini. Setelah itu,nanti masing-masing dapat menceritakankannya
di depan kelas. Siap?”
Siswa : “Siap!”
Guru : (membagikan lembar kerja dan undian materi
tiap kelompok)
Siswa : (mulai mengatur tempat duduk dan
melaksanakan proses diskusi)
Guru : (membimbing jalannya diskusi dan menjaga
situasi kelas tetap kondusif)
Bagus : “Bu, di buku jawabannyaharus 3?”
Guru : “Kalian bisa menemukan sesuai yang kalian didapat.
Kalau 2 ya ditulis 2, kalau ada 5 ya lebih baik ditulis semuanya.”
Siswa : (menulis laporan diskusi)
Guru : “Nah, sekarang sudah selesai semuanya?”
Siswa : “Sudah, Bu.”
Guru : “Berarti kita siap menunjukkan hasil yang kalian
dapat. Untuk giliran yang pertama coba kelompok Abrasi maju!”
Kelompok
Abrasi : (mempresentasikan hasil
diskusi)
Guru : “Bagaimana pendapatmu, apa kamu setuju
dengan tindakan itu?”
Kelompok
Abrasi : “Setuju, Bu.”
Guru : “Sekarang kalian pilih gambar mana yang
menunjukkan cara mencegah abrasi?”
Siswa : (memilih gambar yang disediakan guru)
Guru : “Sekarang kalian tempelkan di poster ini
agar teman kalian bisa melihatnya.”
Siswa : (mennempelkan gambar di media)
Guru : “Bagus sekali hasil kerja kelompok abrasi.
Jadi, untuk memncegah abrasi kita dapat melakukan reboisasi, membuat hutan
bakau, dan pememcah ombak. Kita beri tepuk tangan untuk kelompok abrasi.”
Siswa : (bertepuk tangan)
Guru : (mengulangi kegiatan presentasi terhadap
kelompok tanah longsor dan banjir)
***
Guru : “Anak-anak, bagaimana pendapat kalian
dengan pembelajaran pagi ini?”
Dina : “Besok lihat video lagi, Bu.”
Guru : “Iya, kita akan sering melihat video. Nah,
lalu apa saja yang kita dapat hari ini?”
Siswa : “Cara mencegah lingkungan yang rusak.”
Guru : “Benar, sekarang Ibu ingin lihat sejauh
mana pemahaman kalian. Ini coba kalian kerjakan semampu kalian sendiri!”
(membagikan lembar kerja individu)
Siswa : (mengerjakan soal evaluasi secara mandiri)
Guru : “Sudah selesai, kan? Sekarang ditukar
dengan teman sebangkunya!”
Siswa : (menukarkan lembar evaluasi)
Guru : (mencocokan jawaban)
“Sekarang tulis salahnya dan kumpulkan ke Ibu!”
Siswa : (mengoreksi pekerjaan teman dan
mengumpulkan ke guru)
Guru : “Dari hasilnya Ibu lihat kalian sudah
memahami pembelajaran hari ini. Untuk selanjutnya, kalian harus lebih giat.
Selain itu, kalian harus peduli dengan lingkungan kalian agar tidak terjadi
kerusakan seperti yang kita pelajari tadi. Paham anak-anak?”
Siswa : “Paham.”
Guru : “Kita tutup pertemuan hari ini dengan
hamdallah bersama.”
Guru : “Assalamualakum wr. wb.”
Siswa : “Waalaikumsalam wr. wb.”
No comments:
Post a Comment