Thursday, December 5, 2013

CONTOH RPP kurikulum 2013 (kelas 1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah            : SD N 2 Gunting
Kelas / Semester         : I (satu) / 1 (satu)
Tema                           : Keluargaku
Subtema                     : Keluarga Besarku (Pembelajaran 1)
Waktu                         :  1 hari ( 6 x 35 menit)

A.  Kompetensi Inti
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
·         Bahasa Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa  Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·         Matematika
4.3. Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
·         PPKn
4.4. Mengamati dan menceritakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

C.  Indikator
·         Bahasa Indonesia
-          Menyebutkan anggota keluarga besar
-          Membaca kosakata anggota keluarga besar
·         Matematika
-          Menentukan nilai tempat
·         PPKn
-          Menyebutkan keberagaman karakteristik dan kegiatan kebersamaan di rumah

D.  Tujuan Pembelajaran
1.  Mengamati Keluarga Besarku
Tujuan Pembelajaran:
·         Setelah membaca teks bacaan dan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan anggota  keluarga besar dengan baik.
·         Setelah mendengarkan contoh yang disampaikan guru, siswa dapat membaca kosakata  anggota keluarga besar dengan benar.
·          Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan keberagaman karakteristik  dan kegiatan kebersamaan di rumah dengan baik.
2.  Mengenal Nilai Tempat
Tujuan Pembelajaran:
·         Setelah mengamati contoh yang diberikan guru, siswa dapat menentukan nilai tempat dengan benar.


E.  Materi Ajar
·         Mengamati Keluarga Besarku
·         Mengenal Nilai Tempat
(Pengembangan materi terlampir)

F.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Tematik
     Prosedur                : Scientific
     Model                     : Cooperative tipe Example Non Example
     Metode                   : Ceramah, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Bercerita

G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa tepuk kompak menyanyikan lagu “Satu-Satu” bersama-sama.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
15 menit
Inti
·           Mengamati Keluarga Besarku
1.        Siswa diingatkan kembali mengenai anggota keluarga selain ayah, ibu, kakak, dan adik.
2.        Siswa diminta mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa. (mengamati)
3.        Siswa diajak berdiskusi mengenai isi gambar. (menanya)
4.        Siswa diminta memberikan tanggapan mengenai isi gambar secara bergiliran. (menalar dan mencoba)
5.        Guru merangkum jawaban siswa dan mengaajak siswa untuk membuat kesimpulan dari gambar yang telah diamati. (membuat jejaring)
6.        Jika siswa sudah memperoleh kesimpulan bahwa topik diskusi adalah mengenai keluarga besar, maka guru menanyakan pada siswa siapa saja keluarga yang dikenal selain ayah, ibu, kakak, atau adik.
7.        Siswa mengamati kartu kosakata dan kartu gambar anggota keluarga besar yang ada di buku siswa. (mengamati)
8.        Siswa diajak berdiskusi tentang kartu kosakata dan kartu gambar anggota keluarga tersebut. (menanya dan menalar)
9.        Siswa membaca nyaring kata-kata pada kartu yang diperlihatkan guru. (mencoba)
10.    Siswa memasangkan kartu kosakata dengan kartu gambar secara berkelompok. (mencoba)
11.    Siswa diajak membuat kesimpulan tentang anggota keluarga besar yang telah diamati. (membuat jejaring)
12.    Siswa melihat foto keluarga yang ditunjukkan oleh guru. (mengamati)
13.    Siswa diajak bertanya jawab tentang foto yang ditunjukkan oleh guru. (menanya)
14.    Siswa mendengarkan cerita guru tentang anggota keluarga yang ada dalam foto tersebut. (menalar)
15.    Siswa diminta menceritakan anggota keluarga besar masing-masing seperti yang dicontohkan oleh guru secara bergantian. (mencoba dan membuat jejaring)
16.    Guru menyampaikan bahwa dengan semakin banyak keluarga yang dimiliki merupakan suatu hal yang patut disyukuri.
·           Mengenal Nilai Tempat
17.    Siswa mengamati berbagai benda sebagai alat bantu berhitung. (mengamati)
18.    Siswa diajak berdiskusi tentang penggunaan benda tersebut sebagai alat bantu hitung. (menanya dan menalar)
19.    Siswa diajak menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru dengan bantuan benda, contohnya 11 + 5. (mencoba)
20.    Siswa diminta menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan guru di papan tulis secara bergantian. (membuat jejaring)
21.    Guru memposisikan tempat duduk siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan sejumlah kartu tabel nilai tempat.
22.    Siswa diperkenalkan tabel nilai tempat sebagai alat bantu yang dapat digunakan dalam melakukan operasi hitung. (mengamati)
23.    Guru dan siswa berdiskusi tentang cara menggunakan tabel nilai tempat untuk melakukan operasi hitung. (menanya)
24.    Siswa diperkenalkan arti dari kata satuan dan puluhan. (menalar)
25.    Siswa bersama guru mengaplikasikan penggunaan tabel nilai tempat untuk menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru. (mencoba)
26.    Siswa secara berkelompok menghitung jumlah dua bilangan menggunakan tabel nilai tempat. (membuat jejaring)
27.    Siswa berlatih penjumlahan di buku siswa.
180 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Guru mengapresiasi kegiatan dan hasil kerja siswa serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
Kegiatan bersama orang tua:
Mengunjungi rumah nenek dan kakek atau anggota keluarga besar untuk bersilaturahmi.
15 menit



A.      Media dan Sumber Belajar
·           Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah
·           Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·           Video lagu “Satu-Satu” dan foto keluarga besar
·           Kartu kosakata dan kartu bergambar anggota keluarga besar
·           Benda-benda untuk berhitung (misal: lidi)
·           Tabel nilai tempat

B.       Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Menjodohkan
·       Isian singkat

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N 2 Gunting


(..............................)
NIP. .......................

Surakarta,   November 2013
Wali kelas I


(..............................)
 NIP.  ......................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi
2.    Media pembelajaran
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian

c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan.

1 comment:

  1. tema keluarga besarku pembelajaran 3 tolong dishare dong bu

    ReplyDelete