Wednesday, July 4, 2012

CONTOH RPP


  PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                                 KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAAN (KTSP)





Oleh :
Estri Murwani           (K7111060/2A)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ...........................................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   IV / 1
Materi Pokok               :   Alat Indra
Waktu                          :   2 x 35 menit (1 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Siswa mampu memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.4. Menerapkan cara  memelihara kesehatan panca indra

C.    Indikator                         
·         Kognitif:
Menjelaskan kegunaan alat indra
·         Afektif:
Memiliki rasa disiplin, hormat, perhatian, tekun, tanggung jawab, teliti, toleransi, serta percaya diri
·         Psikomotor:
-       Mendemontrasikan cara merawat alat indra
-       Mencari informasi tentang kelainan alat indra yang disebabkan oleh kebiasaan buruk

D.    Tujuan Pembelajaran
·         Kognitif:
Siswa mampu menjelaskan kegunaan alat indra
·         Afektif:
Siswa mampu memiliki rasa disiplin, hormat, perhatian, tekun, tanggung jawab, teliti, toleransi, serta percaya diri
·         Psikomotor:
-       Siswa mampu mendemontrasikan cara merawat alat indra
-       Siswa mampu mencari informasi tentang kelainan alat indra yang disebabkan oleh kebiasaan buruk

E.     Materi Essensial
·         Indra penglihat
·         Indra pendengar
·         Indra pencium
·         Indra pengecap
·         Indra peraba

F.     Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Kooperatif
Group Investigation (GI)
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Penugasan

G.    Media Belajar
·         Heri Sulistyanto, Edi Widodo. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
·         Gambar lima alat indra
·         Lembar kerja siswa

H.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, dan alat peraga
F Guru mengajak siswa tanya jawab
F Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan


(10 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang alat indra
F Mengetahui tujuan pembelajaran
F Membagi siswa menjadi 5 kelompok dan memberi tugas untuk menentukan ketua kelompok masing-masing
F Memanggil masing-masing ketua kelompok untuk diberikan sebuah gambar alat indra
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi tugas masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing
F Memberi tugas masing-masing kelompok untuk mendiskusikan gambar yang diperoleh tentang:
1.      Kegunaan alat indra tersebut
2.      Cara merawat alat indra tersebut
3.      Penyakit yang dapat merusak alat indra tersebut dan penyebabnya
F Memberi tugas masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas lewat ketua atau juru bicara
F Memberikan penjelasan singkat tentang materi diskusi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


(50 menit)
  1. Penutup
F Guru memberikan kesimpulan tentang kegunaan alat indra, cara merawat dan penyakit yang berkaitan dengan alat indra
F Memberi kesempatan siswa menulis kesimpulan
F Siswa mengerjakan lembar kerja siswa yang disediakan guru

(10 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Menggambar dua alat indra yaitu kulit dan mata pada buku catatan


I.       Penilaian:
  1. Tertulis :
Tes tertulis dalam bentuk lembar kerja siswa
  1. Kinerja / Perbuatan
Aktivitas siswa dalam rangka tanya jawab dan diskusi
  1. Produksi / Hasil :
Hasil resume pada buku catatan siswa
  1. Penugasan / Proyek :
Gambar alat indra

Kriteria Penilaian      
&  Pengetahuan
No.
Jenis
Skor
Keterangan
1






2
3
Tes lisan






Produksi/Hasil
Penugasan

0-100






0-10
0-10
* Skor 20 bila semua jawaban siswa tiap butir soal benar
* Skor 5 bila salah satu jawaban
siswa  tiap butir soal dijawab salah
*Skor 0 bila soal tidak dijawab
*Nilai x 5
*Nilai x 5

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1



2
Praktek



Sikap
* aktif  praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang sikap
* tidak sikap
30
20
5

30
20
5





&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Aspek
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.






  

CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                            Surakarta, 30 Mei 2012
          Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                              Guru Mapel IPA



          ..........................                                                                ..........................
NIP :                                                                                 NIP :


  

Lampiran
LEMBAR KERJA SISWA
1.        Sebutkan lima alat indra manusia beserta kegunaannya!
Jawab:
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
2.        Jelaskan cara merawat indra pendengar dan indra peraba!
Jawab:
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
3.        Sebutkan penyakit yang dapat merusak indra penglihatan! Apa penyebabnya?
Jawab:
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
4.        Sebutkan penyakit yang dapat merusak indra pemcium! Apa penyebabnya?
Jawab:
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
5.        Sebutkan penyakit yang dapat merusak indra pengecap! Apa penyebabnya?
Jawab:
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
( RPP TEMATIK)

Sekolah                         :   ...........................................
Tema                            :   Keperluan Sehari-hari
Kelas/Semester            :   III (Tiga)/ 2 (Dua)
Waktu                          :   6 x 35 menit (1 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
       I.            PKn
Memiliki harga diri sebagai individu
    II.            IPA
Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
 III.            Matematika
Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
 IV.            Bahasa Indonesia
Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
    V.            Seni Budaya dan Keterampilan
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana

B.     Kompetensi Dasar
       I.            PKn                                        
Mengenal pentingnya harga diri
    II.            IPA                                        
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
 III.            Matematika                
Mengenal pecahan sederhana
 IV.            Bahasa Indonesia                               
Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif
    V.            Seni Budaya dan Keterampilan
·         Menampakkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
·         Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas

C.    Indikator                         
PKn                      
·         Mengidentifikasi harga diri
·         Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
·         Memberikan alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
IPA                      
·         Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
Matematika          
·         Membilang pecahan dengan kata-kata
Bahasa Indonesia
·         Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
·         Mengajukan pertanyaan dari bacaan
Seni Budaya dan Keterampilan
·         Membedakan benda yang dapat digerakkan dan tidak dapat digerakkan oleh angin
·         Mengelompokkan benda yang dapat digerakkan oleh angin berdasarkan proses kerjanya
·         Mengidentifikasi bahan dan alat benda yang dapat digerakkan oleh angin

D.    Tujuan Pembelajaran
PKn                      
·         Siswa dapat mengidentifikasi harga diri
·         Siswa dapat menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
·         Siswa dapat memberikan alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
IPA                      
·         Siswa dapat mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
Matematika          
·         Siswa dapat membilang pecahan dengan kata-kata
Bahasa Indonesia
·         Siswa dapat menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
·         Siswa dapat mengajukan pertanyaan dari bacaan
Seni Budaya dan Keterampilan
·         Siswa dapat membedakan benda yang dapat digerakkan dan tidak dapat digerakkan oleh angin
·         Siswa dapat mengelompokkan benda yang dapat digerakkan oleh angin berdasarkan proses kerjanya
·         Siswa dapat mengidentifikasi bahan dan alat benda yang dapat digerakkan oleh angin

& Karakter siswa yang diharapkan
-       Disiplin (Discipline)
-       Rasa hormat dan perhatian (respect)
-       Tekun (diligence)
-       Tanggung jawab (responsibility)
-       Ketelitian (carefulness)
-       Toleransi (tolerance)
-       Percaya diri (confidence)

E.     Materi Essensial
1.      PKn                                               : Harga diri
2.      IPA                                               : Gerak benda
3.      Matematika                                   : Pecahan
  Bangun datar
4.      Bahasa Indonesia                          : Menjawab pertanyaan
5.      Seni Budaya dan Keterampilan    : Benda yang digerakkan angin

F.     Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                       : Kooperatif
Model                                : Tematik
  Eksplicit Intruction
Metode                              : Ceramah
  Diskusi
  Tanya jawab
  Demonstrasi
  Penugasan

G.    Media Belajar
a.    Sumber Belajar:
·         Prayoga Bestari, Ati Sumiati. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan 3 (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
·         Priyono, Titik Sayekti. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 3 (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
·         Nur Fajariyah, Defi Triratnawati. 2008. Cerdas Berhitung Matematika 3 (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Alat peraga:
·         Kompas
·         Kincir angin
·         Kertas
·         Plastik
·         Globe
·         Bangun datar
·         Busur derajat

H.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1.        Pendahuluan
       Apersepsi  dan Motivasi :
F  Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, dan alat peraga
F  Guru mengajak siswa tanya jawab
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

2.        Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
IPA
F Guru memahami peta konsep tentang gerak benda
F Guru bersama siswa melakukan percobaan berbagai gerak benda
F Siswa mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
F Siswa mencatat hasil percobaan
PKn
F Guru memahami peta konsep tentang harga diri
F Guru menjelaskan pentingnya memiliki harga diri
F Guru menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
F Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri
Matematika
F Guru memahami peta konsep tentang pecahan
F Guru menyajikan gambar yang dibagi beberapa bagian
F Guru melukiskan lambang pecahan berdasarkan gambar
F Siswa membilang dengan kata-kata
Bahasa Indonesia
F Guru memahami peta konsep tentang membaca dan menulis
F Siswa memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata)
F Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
Seni Budaya dan Keterampilan
F Guru memahami peta konsep tentang benda yang digerakkan angin
F Siswa membedakan benda yang dapat digerakkan dan tidak dapat digerakkan oleh angin
F Siswa mengelompokkan benda yang dapat digerakkan oleh angin berdasarkan proses kerjanya
F Siswa mengidentifikasi bahan dan alat benda yang dapat digerakkan oleh angin

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


3.        Penutup
F Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
F Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
F Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
F Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang diajarkan
F Memberi kesempatan siswa menulis kesimpulan

4.        Pekerjaan Rumah
Menulis dengan huruf tegak bersambung di buku tugas bagaimana cara untuk meningkatkan harga dirimu

I.       Penilaian:
  1. Tertulis :
Tes tertulis dalam bentuk menjawab pertanyaan pada bacaan
  1. Kinerja / Perbuatan
Aktivitas siswa dalam rangka tanya jawab dan diskusi
  1. Produksi / Hasil :
Hasil resume pada buku catatan siswa
  1. Penugasan / Proyek :
Hasil pekerjaan rumah

Kriteria Penilaian      
&  Pengetahuan
No.
Jenis
Skor
Keterangan
1




2
3
Tes tertulis




Produksi/Hasil
Penugasan
0-100




0-10
0-10
* Skor 5 bila semua jawaban siswa tiap butir soal benar
* Skor 0 bila salah satu jawaban
siswa  tiap butir soal dijawab salah
*Nilai x 5
*Nilai x 5





&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1



2
Praktek



Sikap
* aktif  praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang sikap
* tidak sikap
30
20
5

30
20
5

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Aspek
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.






  
CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                            Surakarta, 30 Mei 2012
          Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                              Guru Mapel IPA



          ..........................                                                                ..........................
NIP :                                                                                 NIP :


No comments:

Post a Comment