Thursday, July 3, 2014

Fungsi Keluarga Menurut BKKBN

Fungsi keluarga menurut BKKBN yaitu:
a.       Fungsi keagamaan
Maksudnya, keluarga merupakan tempat pertama dan utama dalam menanamkan dan membina kehidupan beragama yang bertaqwa kepada Tuhan YME.
b.      Fungsi sosial budaya
Maksudnya, keluarga merupakan tempat mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai luhur budaya yang beraneka ragam agar dapat dikembangkan dan dilestarikan.
c.       Fungsi cinta kasih
Maksudnya, keluarga menjadi tempat pemenuhan kebutuhan akan kasih sayang dari orang terdekat sehingga dapat menjadi landasan yang kuat dalam menjalin hubungan dan menentukan arah kebijaksanaan antaranggota keluarga.
d.      Fungsi melindungi
Maksudnya, keluarga menjadi tempat untuk memperoleh rasa aman dan ketenangan baik dari gangguan fisik maupun psikologis.
e.       Fungsi reproduksi
Maksudnya, keluarga menjadi sarana untuk melanjutkan keturunan secara terencana yang diharapkan dapat mempertahankan kelestarian dan kesejahteraan umat manusia.
f.       Fungsi sosialisasi dan pendidikan
Maksudnya, keluarga memiliki peran dalam membentuk dan membina hubungan serta memberikan pendidikan kepada keturunanya agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kehidupan yang lebih luas.
g.      Fungsi ekonomi
Maksudnya, keluarga memiliki kewajiban menciptakan alat pertahanan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan secara mandiri sebagai unsur pendukung dalam pelaksanaan fungsi lainnya.
h.      Fungsi pembinaan lingkungan
Maksudnya, keluarga memiliki peran untuk terlibat secara aktif dengan lingkungan sekitarnya agar tercipta keserasian dan keselarasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Refleksi Diri
            Dari 8 fungsi keluarga menurut BKKBN tersebut, semuanya sudah dilaksanakan oleh keluarga saya dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaannya. Fungsi-fungsi yang dilaksanakan keluarga saya dapat dicontohkan sebagai berikut.
a.       Fungsi keagamaan     : sejak kecil saya diajari oleh orang tua tentang cara menjalankan ibadah, seperti shalat, membaca Al-Quran, dan doa sehari-hari.
b.      Fungsi sosial budaya : sejak kecil saya diperkenalkan dengan tradisi Jawa, seperti Nyadran/Ruwahan dan Suran yang bersamaan dengan itu diadakan pertunjukan wayang.
c.       Fungsi cinta kasih      : orang tua saya memberikan kasih sayang yang sering ditunjukan dengan perhatian dan motivasi dalam melaksanakan berbagai kegiatan.
d.      Fungsi melindungi     : ayah sering mengecek kondisi kendaraan yang digunakan ibu dan saya, agar tetap aman ketika digunakan.
e.       Fungsi reproduksi      : orang tua menjalankan fungsi reproduksi dengan melahirkan saya dan adik saya.
f.       Fungsi sosialisasi dan pendidikan  : orang tua menyekolahkan saya dari SD – SMA dan memberikan berbagai nasihat tentang cara bertingkah laku yang sopan di masyarakat.
g.      Fungsi ekonomi         : orang tua menjalankan fungsi ekonomi dengan bekerja sebagai buruh.

h.      Fungsi pembinaan lingkungan        : ibu mengikuti kegiatan PKK dan ayah mengikuti kegiatan perkumpulan RT.

No comments:

Post a Comment