Sunday, November 23, 2014

Contoh Kelas 1 (4,1,1) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N Setono No.95
Kelas / Semester         : 1 (satu) / 1 (satu)
Tema                           : Keluargaku
Subtema                                 : Anggota Keluargaku
   (Pembelajaran 1)
Waktu                         : 6 jp ( 6 x 35 menit)
                                  
A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar
·         Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·         SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.
4.13 Membuat karya kerajinan bahan alam lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel.

C.    Indikator
·         Bahasa Indonesia
1.1.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
2.3.1 Menunjukkan perilaku antusias ketika menceritakan anggota keluarga dengan bahasa Indonesia
3.4.1 Mengidentifikasi anggota keluarga berdasarkan teks deskriptif yang dibaca
3.4.2 Menyebutkan anggota keluarga sesuai dengan teks deskriptif yang dibaca
4.4.1 Membaca teks deskriptif tentang anggota keluarga
4.4.2 Menceritakan identitas anggota keluarga
·         SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa kagum terhadap karya seni rupa tiga dimensi
2.1.1 menunjukkan rasa percaya diri dalam bernyanyi
3.2.1 Bertepuk tangan sesuai irama lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu
3.4.1 Menyebutkan alat dan bahan yang digunakan untuk menghias foto keluarga
4.7.1 Menyanyikan lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu
4.13.1 Membingkai foto keluarga dengan kegiatan menempel

D.    Materi Ajar
·         Anggota keluargaku
·         Menyanyikan lagu “Satu Satu Aku Sayang Ibu”
·         Membuat bingkai foto
(Pengembangan materi terlampir)

E.     Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·   Guru menyapa siswa dengan salam.
·   Siswa menjawab salam dan berdoa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa.
·   Guru membuka pelajaran dengan menanyakan tentang kegiatan berpamitan sebelum berangkat sekolah. (apersepsi)
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. (orientasi)
·   Guru mengajak siswa bernyanyi “Pergi Sekolah”. (motivasi)
10 menit
Inti
·   Guru mengingatkan siswa mengenai anggota keluarga.
·   Siswa diminta membaca teks yang ada pada buku tentang Keluarga Udin. (mengamati)
·   Siswa memperhatikan informasi guru, bahwa kasih sayang antarkeluarga sangatlah indah dan Tuhan selalu sayang kepada hambanya. (menanya)
·   Siswa mendengarkan guru membaca dan menyanyikan “Satu Satu Aku Sayang Ibu”. (mengamati)
·   Siswa diminta menyanyikan lagu “Satu Satu Aku Sayang Ibu”. (mencoba)
·   Siswa diminta menjawab pertanyaan, siapakah yang dimaksud dengan ibu, ayah, adik, dan kakak? (menalar)
·   Siswa memperhatikan cerita dari buku dengan tema “Sayang Keluarga”. (mengamati)
·   Siswa diminta menjawab, apakah mereka tahu siapa saja anggota keluarga mereka? (menalar)
·   Siswa diminta menyebutkan anggota keluarga dengan cara menjawab pertanyaan yang ada pada buku. (menyajikan)
·   Minta beberapa siswa untuk menceritakan mengenai anggota keluarga mereka, yaitu nama dan pekerjaannya/sekolahnya. (menyajikan)
·   Sambil bercerita siswa dapat menggunakan foto keluarga yang telah dibawa dari rumah (hari sebelumnya siswa diminta untuk membawa foto keluarga).
·   Ajak siswa untuk menyebutkan banyak anggota keluarga mereka. (menalar)
·   Minta siswa untuk bertukar cerita dengan teman sebangku mengenai siapa saja anggota keluarga mereka. (mengkomunikasikan)
·   Selesai bertukar cerita dengan teman, minta siswa untuk menempelkan foto keluarga mereka di buku siswa. (mencoba)
·   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai alat, bahan, dan cara menghias foto keluarga menggunakan media yang telah disediakan guru. (mengamati)
·   Siswa menghias foto keluarga sesuai instruksi guru. (mencoba)
180 menit
Penutup
·   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·   Siswa dibimbing untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini.
·   Guru menutup pelajaran dengan mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberi semangat siswa agar berkreasi lebih bagus lagi di waktu yang akan datang.
·   Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·   Siswa mengucap doa dan salam.
20 menit

F.        Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
c.       Foto keluarga
d.      Media untuk menghias seperti biji-bijian kering
G.      Penilaian
  1. Bentuk Penilaian
a.       Sikap                     : pengamatan sikap percaya diri, disiplin, dan kerjasama
b.      Pengetahuan          : tes tertulis di akhir sub tema 1
c.       Keterampilan         : unjuk kerja bercerita, membuat bingkai foto, dan menyanyi
  1. Instrumen Penilaian
a.       Sikap                    : Pedoman Penilaian Afektif
b.      Pengetahuan         : lembar evaluasi,  kunci, dan pedoman penskoran di akhir sub tema 1
c.       Keterampilan        : Rubrik Unjuk Kerja


Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 3 Nopember 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106
Guru Kelas I


Juwariyah
NIP. 195809231977012004












Dosen Pembimbing


…………………………….
NIP. …………………

Mengetahui,


Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan media pembelajaran
2.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian
b. Observasi dalam bentuk panduan penilaian

No comments:

Post a Comment