RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N Setono No.95
Kelas / Semester : 1 (satu) / 1 (satu)
Tema
: Keluargaku
Subtema : Anggota
Keluargaku
(Pembelajaran 1)
(Pembelajaran 1)
Waktu :
6 jp ( 6 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar,
melihat,
membaca] serta menanya berdasarkan rasa
ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
·
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun
dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa
daerah
3.4 Mengenal teks cerita
diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·
SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam
sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.2 Mengenal pola irama lagu
bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
3.4 Mengamati berbagai bahan,
alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.7 Menyanyikan lagu
anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.
4.13 Membuat karya kerajinan
bahan alam lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel.
C. Indikator
·
Bahasa
Indonesia
1.1.1 Menggunakan bahasa
Indonesia dalam berkomunikasi
2.3.1
Menunjukkan perilaku antusias ketika menceritakan anggota keluarga dengan
bahasa Indonesia
3.4.1 Mengidentifikasi
anggota keluarga berdasarkan teks deskriptif yang dibaca
3.4.2 Menyebutkan anggota
keluarga sesuai dengan teks deskriptif yang dibaca
4.4.1 Membaca teks deskriptif
tentang anggota keluarga
4.4.2 Menceritakan identitas
anggota keluarga
·
SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa kagum
terhadap karya seni rupa tiga dimensi
2.1.1 menunjukkan rasa percaya diri dalam bernyanyi
3.2.1 Bertepuk tangan sesuai
irama lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu
3.4.1 Menyebutkan alat dan
bahan yang digunakan untuk menghias foto keluarga
4.7.1 Menyanyikan lagu
Satu-Satu Aku Sayang Ibu
4.13.1 Membingkai foto keluarga dengan kegiatan menempel
D. Materi Ajar
·
Anggota
keluargaku
·
Menyanyikan
lagu “Satu Satu Aku Sayang Ibu”
·
Membuat
bingkai foto
(Pengembangan materi terlampir)
E. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Guru menyapa siswa dengan salam.
· Siswa menjawab salam dan berdoa.
· Guru mengecek kehadiran siswa.
· Guru membuka pelajaran dengan menanyakan tentang
kegiatan berpamitan sebelum berangkat sekolah. (apersepsi)
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. (orientasi)
· Guru mengajak siswa
bernyanyi “Pergi Sekolah”. (motivasi)
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengingatkan siswa mengenai anggota
keluarga.
·
Siswa diminta membaca teks yang ada pada buku
tentang Keluarga Udin. (mengamati)
·
Siswa memperhatikan informasi guru, bahwa
kasih sayang antarkeluarga sangatlah indah dan Tuhan selalu sayang kepada
hambanya. (menanya)
·
Siswa mendengarkan guru membaca dan
menyanyikan “Satu Satu Aku Sayang Ibu”. (mengamati)
·
Siswa diminta menyanyikan lagu “Satu Satu Aku
Sayang Ibu”. (mencoba)
·
Siswa diminta menjawab pertanyaan, siapakah
yang dimaksud dengan ibu, ayah, adik, dan kakak? (menalar)
·
Siswa memperhatikan cerita dari buku dengan
tema “Sayang Keluarga”. (mengamati)
·
Siswa diminta menjawab, apakah mereka tahu
siapa saja anggota keluarga mereka? (menalar)
·
Siswa diminta menyebutkan anggota keluarga
dengan cara menjawab pertanyaan yang ada pada buku. (menyajikan)
·
Minta beberapa siswa untuk menceritakan
mengenai anggota keluarga mereka, yaitu nama dan pekerjaannya/sekolahnya.
(menyajikan)
·
Sambil bercerita siswa dapat menggunakan foto
keluarga yang telah dibawa dari rumah (hari sebelumnya siswa diminta untuk
membawa foto keluarga).
·
Ajak siswa untuk menyebutkan banyak anggota
keluarga mereka. (menalar)
·
Minta siswa untuk bertukar cerita dengan teman
sebangku mengenai siapa saja anggota keluarga mereka. (mengkomunikasikan)
·
Selesai bertukar cerita dengan teman, minta
siswa untuk menempelkan foto keluarga mereka di buku siswa. (mencoba)
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
alat, bahan, dan cara menghias foto keluarga menggunakan media yang telah
disediakan guru. (mengamati)
·
Siswa menghias foto keluarga sesuai instruksi
guru. (mencoba)
|
180 menit
|
Penutup
|
· Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah diikuti.
· Siswa dibimbing untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini.
· Guru menutup pelajaran
dengan mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberi semangat
siswa agar berkreasi lebih bagus lagi di waktu yang akan datang.
· Guru memberikan tugas
rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
· Siswa mengucap doa dan salam.
|
20 menit
|
F.
Media dan Sumber Belajar
a. Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b. Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
c. Foto
keluarga
d. Media
untuk menghias seperti biji-bijian kering
G.
Penilaian
- Bentuk Penilaian
a. Sikap :
pengamatan sikap percaya diri, disiplin, dan kerjasama
b. Pengetahuan : tes tertulis di akhir sub tema 1
c. Keterampilan : unjuk kerja bercerita, membuat bingkai foto, dan menyanyi
- Instrumen Penilaian
a. Sikap :
Pedoman Penilaian Afektif
b. Pengetahuan : lembar evaluasi, kunci, dan pedoman penskoran di akhir sub tema
1
c.
Keterampilan :
Rubrik Unjuk Kerja
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
3 Nopember 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
…………………………….
NIP. …………………
|
Mengetahui,
|
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan media pembelajaran
2.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
b. Observasi dalam bentuk panduan penilaian
No comments:
Post a Comment