RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Tema
: Kerukunan dalam Bermasyarakat
Subtema : Manfaat Hidup
Rukun
(Pembelajaran 4)
(Pembelajaran 4)
Waktu : 1 hari ( 6 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
·
PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan
bermasyarakat dan berbangsa
2.2 Menunjukkan perilaku
sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai
warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.4 Memahami nilai-nilai
persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
·
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang
lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.4 Memiliki kesetiaan, dan
kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks
paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan teks paparan
iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·
Matematika
2.8 Menunjukkan perilaku
cermat dalam mendata jarak dan waktu yang diperlukan oleh tiap teman sekelas
dari rumah masing-masing ke sekolah
3.4 Mengenal konsep
perbandingan dan skala
4.13 Merumuskan dengan
kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif
dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep
perbandingan, skala, dan hubungan antarkuantitas, serta memeriksa kebenaran
jawabnya
·
IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama
dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan
lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.4 Memahami manusia
Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan
sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
4.4 Menceritakan secara
tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait
dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi, dan budaya dalam
masyarakat Indonesia
C. Indikator
·
PPKn
1.2.1 Menunjukkan perilaku
hidup rukun di lingkungan sekolah
2.2.1 Menunjukkan sikap
toleransi terhadap perbedaan dalam melaksanakan kegiatan kelompok
3.4.1 Menjelaskan manfaat-manfaat
dari perbuatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah.
4.4.1 Menceritakan tindakan
dirinya yang telah menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di sekolah.
·
Bahasa
Indonesia
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur
atas anugerah bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
2.4.1 Menggunakan bahasa
Indonesia dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan
3.3.1 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk perdagangan regional
4.3.1 Membuat contoh surat
perdagangan (surat permintaan)
·
Matematika
2.8.1 Menunjukkan sikap
teliti dalam melakukan pengukuran jarak
3.4.1 Melakukan operasi
hitung dengan menggunakan skala
3.4.2 Memecahkan masalah
sederhana yang melibatkan skala
4.13.1 Menuliskan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep skala
4.13.2 Menerapkan strategi
yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala
4.13.3 Memeriksa kebenaran
jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala
·
IPS
1.2.1 menunjukkan sikap taat
pada aturan yang berlaku di dalam lembaga sosial yang ada di masyarakat
2.2.1 menunjukkan sikap sopan
dalam melaksanakan peranannya pada suatu lembaga ekonomi
3.4.1 Mengenal bentuk, fungsi,
dan peran lembaga ekonomi yang ada di masyarakat
4.4.1 Membuat artikel sederhana
mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan
perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya.
D. Materi Ajar
-
Lembaga ekonomi yang ada di Indonesia
-
Lembaga perdagangan internasional
-
Nilai-nilai persatuan dan kesatuan
-
Membuat surat permintaan
-
Jarak, perbandingan, dan skala
(Pengembangan materi terlampir)
E.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan
lagu nasional “Hallo-Hallo Bandung”.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa,
misalnya: Apa kegunaan denah/peta?
·
Siswa
mengamati denah pada buku siswa.
·
Siswa
mengemukakan pendapatnya terhadap gambar denah yang diamati.
·
Siswa
mengulang kembali cara menghitung menggunakan skala perbandingan.
·
Siswa
bertanya jawab untuk mengulang pemahaman tentang konsep perbandingan.
·
Siswa
berlatih mengerjakan soal pada buku siswa.
·
Siswa
mengerjakan tugas secara mandiri.
·
Siswa
diminta untuk teliti dalam menghitung skala.
·
Hasil
pekerjaan siswa dibahas secara klasikal.
·
Siswa
yang masih salah dalam menjawab dapat bertanya kepada siswa lain atau kepada
guru.
·
Siswa
diarahkan untuk kegiatan selanjutnya.
·
Siswa
mengamati gambar yang ada di buku siswa.
·
Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang kegiatan yang ada pada gambar tersebut.
·
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan arahan, misalnya: Apa sajakah bentuk lembaga
ekonomi yang kamu ketahui? Apa manfaat lembaga ekonomi tersebut?
·
Siswa
mencari informasi mengenai salah satu bentuk lembaga ekonomi di Indonesia,
yaitu koperasi.
·
Siswa
menuliskan informasi yang didapat tentang bentuk dan manfaat koperasi.
(Kegiatan Mengamati)
·
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulasi pengetahuan, seperti : Apa yang dimaksud
dengan koperasi? Apa manfaat koperasi bagi masyarakat
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk lembaga ekonomi di Indonesia
selain koperasi, yaitu BUMN.
·
Siswa
mencari informasi tentang lembaga ekonomi BUMN.
·
Siswa
mencari informasi melalui orangtua atau guru, surat kabar, majalah atau
internet. (Kegiatan Menanya)
·
Siswa
menyebutkan perilaku-perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.
·
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulasi pengetahuan siswa, seperti:
Apa yang dimaksud dengan hak? Apa perbedaan hak dan kewajiban?
·
Siswa
mencari informasi tentang hak dan kewajiban anggota koperasi melalui orangtua
atau guru, surat kabar,majalah atau internet.
·
Siswa
menulis hasil pengamatannya dalam tabel pada buku siswa.
·
Siswa
mendiskusikan hasil pengamatannya dengan siswa lain dalam kelompok kecil atau
klasikal.
·
Siswa
mendiskusikan perilaku mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah.
·
Siswa
menjelaskan pentingnya perilaku menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah.
·
Siswa
menjelaskan manfaat dari perilaku tersebut.
·
Siswa
menulis hasil diskusinya pada tabel yang tersedia di buku siswa.
·
Siswa
dibagi dalam kelompok yang terdiri atas 3-4 orang siswa.
·
Siswa
proaktif dalam diskusi kelompok.
·
Siswa
menyebutkan bentuk-bentuk surat perdagangan.
·
Siswa
menjawab pertanyaan untuk menstimulasi pengetahuan, seperti: Apa yang
dimaksud dengan surat permintaan? Apa unsur-unsur dalam surat permintaan?
·
Siswa
membuat surat permintaan berdasarkan petunjuk pada buku siswa.
·
Secara
bergantian setiap siswa mempresentasikan surat permintaan yang telah dibuat.
Siswa lain memberi tanggapan dan masukan. (Kegiatan Mencoba)
·
Siswa
menyebutkan kembali bentuk-bentuk kerja sama antarnegara yang telah
dipelajari.
·
Guru
menyajikan beberapa bentuk gambar/lambang kerja sama antarnegara.
·
Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang peran serta lembaga-lembaga regional.
·
Siswa
mencari informasi tentang lembaga tersebut dan Negara yang menjadi
anggotannya.
·
Siswa
diminta untuk menulis pemahamannya di lembar tugas. (Kegiatan
Mengasosialisasi)
·
Siswa
mempresentasikan hasil “Bentuk-bentuk Lembaga Ekonomi di Indonesia” secara
mandiri dan percaya diri.
·
Siswa
diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun
keterampilan komunikasinya. (Kegiatan Mengkomunikasikan)
|
180 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan
pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·
Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
20 menit
|
F.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa
Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013)
c.
Buku teks bacaan
tentang bentuk lembaga ekonomi
d.
Teks bacaan tentang
surat permintaan
e.
Konsep perbandingan
G.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
2)
Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar
Uraian
tertutup
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
27 Oktober 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
…………………………….
NIP. ……………………….
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi
2.
Pengembangan media
3.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
c. Observasi dalam bentuk panduan penilaian
No comments:
Post a Comment