Sunday, November 23, 2014

Contoh RPP Kelas 5 (3,2,4) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester         : 5 (lima) / 1 (satu)
Tema                           : Kerukunan dalam Bermasyarakat
Subtema                                 : Manfaat Hidup Rukun
  (Pembelajaran 4)
Waktu                         : 1 hari ( 6 x 35 menit)
A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      Kompetensi Dasar
·         PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
·         Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.4 Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·         Matematika
2.8 Menunjukkan perilaku cermat dalam mendata jarak dan waktu yang diperlukan oleh tiap teman sekelas dari rumah masing-masing ke sekolah
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarkuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
·         IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat Indonesia

C.     Indikator
·         PPKn
1.2.1 Menunjukkan perilaku hidup rukun di lingkungan sekolah
2.2.1 Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan dalam melaksanakan kegiatan kelompok
3.4.1 Menjelaskan manfaat-manfaat dari perbuatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah.
4.4.1 Menceritakan tindakan dirinya yang telah menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di sekolah.
·         Bahasa Indonesia
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur atas anugerah bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
2.4.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan
3.3.1 Mengidentifikasi bentuk-bentuk perdagangan regional
4.3.1 Membuat contoh surat perdagangan (surat permintaan)
·         Matematika
2.8.1 Menunjukkan sikap teliti dalam melakukan pengukuran jarak
3.4.1 Melakukan operasi hitung dengan menggunakan skala
3.4.2 Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan skala
4.13.1 Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep skala
4.13.2 Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala
4.13.3 Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep skala
·         IPS
1.2.1 menunjukkan sikap taat pada aturan yang berlaku di dalam lembaga sosial yang ada di masyarakat
2.2.1 menunjukkan sikap sopan dalam melaksanakan peranannya pada suatu lembaga ekonomi
3.4.1 Mengenal bentuk, fungsi, dan peran lembaga ekonomi yang ada di masyarakat
4.4.1 Membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya.

D.     Materi Ajar
-          Lembaga ekonomi yang ada di Indonesia
-          Lembaga perdagangan internasional
-          Nilai-nilai persatuan dan kesatuan
-          Membuat surat permintaan
-          Jarak, perbandingan, dan skala
 (Pengembangan materi terlampir)

E.     Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu nasional “Hallo-Hallo Bandung”.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
·          Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa, misalnya: Apa kegunaan denah/peta?
·          Siswa mengamati denah pada buku siswa.
·          Siswa mengemukakan pendapatnya terhadap gambar denah yang diamati.
·          Siswa mengulang kembali cara menghitung menggunakan skala perbandingan.
·          Siswa bertanya jawab untuk mengulang pemahaman tentang konsep perbandingan.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal pada buku siswa.
·          Siswa mengerjakan tugas secara mandiri.
·          Siswa diminta untuk teliti dalam menghitung skala.
·          Hasil pekerjaan siswa dibahas secara klasikal.
·          Siswa yang masih salah dalam menjawab dapat bertanya kepada siswa lain atau kepada guru.
·          Siswa diarahkan untuk kegiatan selanjutnya.
·          Siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa.
·          Siswa mengemukakan pendapatnya tentang kegiatan yang ada pada gambar tersebut.
·          Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan arahan, misalnya: Apa sajakah bentuk lembaga ekonomi yang kamu ketahui? Apa manfaat lembaga ekonomi tersebut?
·          Siswa mencari informasi mengenai salah satu bentuk lembaga ekonomi di Indonesia, yaitu koperasi.
·          Siswa menuliskan informasi yang didapat tentang bentuk dan manfaat koperasi. (Kegiatan Mengamati)
·          Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulasi pengetahuan, seperti : Apa yang dimaksud dengan koperasi? Apa manfaat koperasi bagi masyarakat
·          Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk lembaga ekonomi di Indonesia selain koperasi, yaitu BUMN.
·          Siswa mencari informasi tentang lembaga ekonomi BUMN.
·          Siswa mencari informasi melalui orangtua atau guru, surat kabar, majalah atau internet. (Kegiatan Menanya)
·          Siswa menyebutkan perilaku-perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.
·          Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulasi pengetahuan siswa, seperti: Apa yang dimaksud dengan hak? Apa perbedaan hak dan kewajiban?
·          Siswa mencari informasi tentang hak dan kewajiban anggota koperasi melalui orangtua atau guru, surat kabar,majalah atau internet.
·          Siswa menulis hasil pengamatannya dalam tabel pada buku siswa.
·          Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan siswa lain dalam kelompok kecil atau klasikal.
·          Siswa mendiskusikan perilaku mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah.
·          Siswa menjelaskan pentingnya perilaku menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah.
·          Siswa menjelaskan manfaat dari perilaku tersebut.
·          Siswa menulis hasil diskusinya pada tabel yang tersedia di buku siswa.
·          Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri atas 3-4 orang siswa.
·          Siswa proaktif dalam diskusi kelompok.
·          Siswa menyebutkan bentuk-bentuk surat perdagangan.
·          Siswa menjawab pertanyaan untuk menstimulasi pengetahuan, seperti: Apa yang dimaksud dengan surat permintaan? Apa unsur-unsur dalam surat permintaan?
·          Siswa membuat surat permintaan berdasarkan petunjuk pada buku siswa.
·          Secara bergantian setiap siswa mempresentasikan surat permintaan yang telah dibuat. Siswa lain memberi tanggapan dan masukan. (Kegiatan Mencoba)
·          Siswa menyebutkan kembali bentuk-bentuk kerja sama antarnegara yang telah dipelajari.
·          Guru menyajikan beberapa bentuk gambar/lambang kerja sama antarnegara.
·          Siswa menyampaikan pendapatnya tentang peran serta lembaga-lembaga regional.
·          Siswa mencari informasi tentang lembaga tersebut dan Negara yang menjadi anggotannya.
·          Siswa diminta untuk menulis pemahamannya di lembar tugas. (Kegiatan Mengasosialisasi)
·          Siswa mempresentasikan hasil “Bentuk-bentuk Lembaga Ekonomi di Indonesia” secara mandiri dan percaya diri.
·          Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya. (Kegiatan Mengkomunikasikan)
180 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
20 menit



F.     Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013)
c.       Buku teks bacaan tentang bentuk lembaga ekonomi
d.      Teks bacaan tentang surat permintaan
e.       Konsep perbandingan

G.   Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
Uraian tertutup


Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 27 Oktober 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106
Guru Kelas V


Suwarno, A.Ma.Pd. 
NIP. 195812131994071001












Dosen Pembimbing


…………………………….
NIP. ……………………….

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003


LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi
2.    Pengembangan media
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian
c. Observasi dalam bentuk panduan penilaian

No comments:

Post a Comment