Sunday, November 23, 2014

Contoh RPP Kelas 4 (3,3,4) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N Setono No.95
Kelas / Semester         : 4 (empat) / 1 (satu)
Tema                           : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema                                 : Ayo Cintai Lingkungan
  (Pembelajaran 4)
Waktu                         : 1 hari ( 6 x 35 menit)

A. Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
·         PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.8 Memahami konsep makanan bergizi dan jajanan sehat menjaga kesehatan tubuh
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi dan memilih jajanan sehat
·         Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar
4.3 Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
·         SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai
anugerah Tuhan
2.3 Menunjukkan perilaku mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada

C.  Indikator
·         PJOK
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur atas kelengkapan fisik yang dimiliki
2.4.1 Menunjukkan sikap kerjasama dalam berbagai kegiatan fisik
3.8.1 Menjelaskan arti piramida makanan
4.8.1 Menyusun menu gizi seimbang setelah mengenal piramida makanan
·         Matematika
1.1.1 Menunjukkan sikap tekun dan pantang menyerah dalam berusaha
2.1.1 Menunjukkan sikap teliti dalam mengerjakan operasi hitung pecahan
3.1.1 Membandingkan pecahan berpenyebut tidak sama
4.3.1 Menemukan jawaban dari soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama
·         SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa kagum atas keindahan karya seni musik
2.3.1 Menunjukkan sikap disiplin dalam berkarya seni musik
3.2.1 Membedakan tinggi rendah bunyi dalam sebuah lagu
4.5.1 Menunjukkan keterampilan menyanyi lagu wajib dengan solmisasi yang tepat

D.  Tujuan Pembelajaran
Kognitif
1.1.1 Melalui tanya jawab, siswa mampu menunjukkan rasa syukur atas kelengkapan fisik yang dimiliki dengan sungguh-sungguh.
2.4.1 Melalui diskusi, siswa mampu menunjukkan sikap kerjasama dalam berbagai kegiatan fisik dengan baik.
1.1.1 Melalui penugasan, siswa mampu menunjukkan sikap tekun dan pantang menyerah dalam berusaha.
2.1.1 Melalui eksplorasi gambar, siswa mampu menunjukkan sikap teliti dalam mengerjakan operasi hitung pecahan.
1.1.1 Melalui bernyanyi, siswa mampu menunjukkan rasa kagum atas keindahan karya seni musik dengan baik.
2.3.1 Melalui penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan sikap disiplin dalam berkarya seni musik dengan baik.

Afektif
3.8.1 Setelah mendengar penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan arti piramida makanan dengan benar.
3.1.1 Melalui diskusi, siswa mampu membandingkan pecahan berpenyebut tidak sama dengan benar.
3.2.1 Setelah mendengar penjelasan guru, siswa mampu membedakan tinggi rendah bunyi dalam sebuah lagu.
Psikomotor
4.8.1 Setelah mengenal piramida makanan, siswa mampu menyusun menu gizi seimbang dengan tepat.
4.3.1 Melalui penugasan, siswa mampu menemukan jawaban dari soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama dengan baik.
4.5.1 Setelah mendengar penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan keterampilan menyanyi lagu wajib dengan solmisasi yang tepat.

E.  Materi Ajar
1.      Makna lagu
2.      Solmisasi
3.      Memecahkan masalah pecahan
4.      Piramida gizi  
(Pengembangan materi terlampir)

F.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Scientific
     Model                     : Tematik Terpadu
   Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Pengamatan gambar, Diskusi dan Ceramah


G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan memotivasi siswa dengan menyanyikan lagu “Disini Senang Disana Senang”
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
·          Siswa mengamati gambar bencana yang terjadi di Indonesia, kemudian menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. (mengamati)
·          Guru meminta siswa memahami makna yang terkandung dalam lagu “Kulihat Ibu Pertiwi” dan mengaitkannya dengan kondisi negara kita saat ini.
·          Siswa menyanyikan lagu “Kulihat Ibu Pertiwi” sesuai dengan notasi musiknya.
·          Guru mencontohkan cara menyanyikan lagu tersebut dengan solmisasi dan tinggi rendah nada yang tepat. Guru menuliskan notasi musiknya di papan tulis dan menjelaskan tanda-tanda nada dan tempo. Diulang hingga siswa mampu menyanyikan sesuai tinggi rendah nada. Selanjutnya, menyanyikan nada lagu secara sol-mi-sa-si bersama-sama. (menanya)
·          Kriteria menyanyi:
a. ketepatan menyanyikan tinggi rendah nada
b. kekompakan bernyanyi dalam kelompok
c. Tepat melafalkan syair lagu
d. Ketukan nada disesuaikan dengan tempo
·          Setelah mampu membedakan tinggi rendah nada, maka siswa menyanyikan lagu “Kulihat Ibu Pertiwi”.
·          Guru dapat membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4 orang. Tiap kelompok menyanyikan lagu dengan tempo, nada, dan teknik yang benar. (mencoba)
·          Kegiatan akan lebih baik jika ditunjang oleh alat musik.
·          Siswa memberikan pendapatnya tentang makna lagu “Kulihat Ibu Pertiwi”. (menalar)
·          Guru memberikan pertanyaan:
Bagaimana perasaanmu ketika menyanyikan lagu ini?
Sikap apa yang bisa kamu tunjukkan setelah mengetahui makna lagu ini?
·          Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menemukan jawaban dari soal Matematika tentang penghijauan di lahan tandus yang ada di buku siswa. (menyajikan)
·          Guru kembali mengarahkan siswa untuk menjawab soal pemecahan masalah dengan tahapan sebagai berikut.
1. Temukan pertanyaan nilai pecahan
2. temukan data pendukung
3. Tentukan strategi membuat denah lahan, berupa kotak persegi panjang dengan empat bagian yang berbeda.
4. Temukan berbagai kemungkinan pecahan senilai. Mencari penyebut yang dapat dijumlahkan
5. Cek apakah jawaban sudah tepat
6. Simpulkan jawaban yang paling tepat
·          Guru menjelaskan contoh soal untuk memudahkan siswa memahami soal matematika.
·          Guru menjelaskan kepada siswa agar mengerjakan soal berdasarkan pemecahan masalah seperti contoh soal.
·          Siswa mengamati gambar piramida gizi. (mengamati)
·          Guru memperkenalkan piramida gizi seimbang dan menjelaskan bagian-bagian piramida makanan, meliputi kandungan gizi disertai contoh makanannya dan takaran/porsi ideal per hari. (menanya)
·          Siswa menyusun menu gizi seimbang berdasarkan hasil wawancara terhadap teman kelas, meliputi menu sarapan, makan siang, dan makan malam. (mencoba)
·          Siswa mengelompokkan jenis makanan menu tersebut berdasarkan kandungan gizinya (contoh: nasi, sumber gizi karbohidrat).
·          Siswa diminta memberikan pendapat terkait komposisi gizi seimbang yang diperlukan tubuh. (menalar)
·          Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. (menyajikan)
180 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·          Guru menyampaikan pesan untuk makan-makanan yang bergizi.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
20 menit

H.                Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.       Lagu “Kulihat Ibu Pertiwi”
d.      Contoh piramida makanan

I.         Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Uraian tertutup



Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 30 Oktober 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106




Dosen Pembimbing


……………………………
NIP.

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003



LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi dan media pembelajaran
2.    Kisi-Kisi
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Pengamatan dalam bentuk lembar observasi

No comments:

Post a Comment