Sunday, November 23, 2014

Contoh RPP Kelas 2 (3,3,1) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester         : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema                           : Tugasku Sehari-Hari
Subtema                                 : Tugasku Sebagai Umat Beragama
   (Pembelajaran 1)
Waktu                         : 5 jp ( 5 x 35 menit)

A.  Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.  Kompetensi Dasar
·         Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan  secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·         PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
·         Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
·         SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat

C.  Indikator
·         Bahasa Indonesia
1.1.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
2.3.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam menggunakan bahasa Indonesia
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.2 Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topik tertentu.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
·         PPKn
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur terhadap keberadaan anggota keluarga masing-masing
2.1.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam berinteraksi dengan teman
3.1.1 Mengidentifikasi symbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Berperilaku di sekitar rumah sesuai makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
·         Matematika
1.1.1 Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran dilaksanakan
2.1.1 Menunjukkan sikap teliti dalam mengerjakan tugas
3.5.2 Menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan hari
4.5.4 Mengomunikasikan cara menentukan waktu (hari) jika waktu mulai kegiatan dan lama kegiatan sudah diketahui
·         SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa kagum dengan salah satu karya seni musik
2.2.1 Menunjukkan sikap cermat dalam memperhatikan suatu sajian karya musik
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis
4.6.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi

D.  Materi Ajar
-          Lambang Garuda Pancasila
-          Simbol Pancasila
-          Lagu Garuda Pancasila
-          Penerapan nilai-nilai Pancasila
-          Membuat Narasi
(Pengembangan materi terlampir)

E.  Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru memotivasi siswa dengan menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
·          Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar tentang Edo dan kawan-kawan mengerjakan tugas kelompok di rumah Edo dengan cermat.
·          Siswa mengamati gambar tentang Edo dan kawan-kawan mengerjakan tugas kelompok di rumah Edo (mengamati).
·          Siswa mengamati teks “Mengerjakan Tugas Kelompok” (mengamati)
·          Siswa menanya tentang teks “Mengerjakan Tugas Kelompok” (menanya).
·          Siswa mencatat hal-hal pokok kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu (mengumpulkan informasi).
·          Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu (mengasosiasi).
·          Siswa memperhatikan gambar lambang negara Garuda Pancasila (memahami).
·          Siswa menunjukkan simbol masing-masing sila Pancasila (mengasosiasi).
·          Siswa ditugaskan mengisi tabel tentang bunyi sila Pancasila sesuai simbol ( mengasosiasi).
·          Siswa mencobakan perilaku di sekitar rumah sesuai makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila berdasarkan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu (mengumpulkan informasi).
·          Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” dengan percaya diri.
·          Siswa menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” (mengumpulkan informasi).
·          Siswa mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis (mengumpulkan informasi).
·          Siswa membaca teks perubahan waktu (mengamati).
·          Siswa memperhatikan jam analog (mengamati).
·          Siswa menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan jam (mengasosiasi).
·          Siswa melengkapi tabel berdasarkan keterangan gambar jam (mengasosiasi).
·          Siswa menemukan cara mengubah tanda waktu pada periode pukul 24 ke periode pukul 12 (mengasosiasi).
·          Siswa mengomunikasikan cara menentukan waktu (hari) (mengomunikasikan).
·          Guru membimbing siswa untuk menulis cerita narasi sederhana tentang kerja kelompok yang dilakukan di rumah Dayu dengan EYD yang benar dengan disiplin (mengumpulkan informasi).
·          Siswa menulis cerita narasi sederhana tentang kerja kelompok yang dilakukan di rumah Dayu dengan EYD yang benar (mengumpulkan informasi).
145 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
20 menit

F.                 Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.       Teks bacaan tentang berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
d.      Gambar lambang negara Garuda Pancasila.
e.       Gambar simbol masing-masing sila Pancasila.
f.       Gambar jam analog.

G.      Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Uraian tertutup



Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 29 September 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106
Guru Kelas II


Afida Setiati, S.P.











Dosen Pembimbing


…………………………….
NIP. ……………………….

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003





LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi dan media
2.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan

No comments:

Post a Comment