RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema
: Tugasku Sehari-Hari
Subtema : Tugasku
Sebagai Umat Beragama
(Pembelajaran 1)
(Pembelajaran 1)
Waktu :
5 jp ( 5 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati
dan mencoba [mendengar, melihat,
membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara
kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar
·
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3 Memiliki rasa percaya
diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita
narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita
narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
·
PPKn
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik,
psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku
toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai
perwujudan moral Pancasila
3.1 Mengenal simbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah
dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol
sila Pancasila.
·
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat
dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.5 Mengenal satuan waktu dan
menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan
dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
·
SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam
dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin
tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam
berkarya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik
ritmis
4.6 Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda birama empat
C.
Indikator
·
Bahasa Indonesia
1.1.1 Menggunakan bahasa
Indonesia dalam berkomunikasi
2.3.1 Menunjukkan sikap
percaya diri dalam menggunakan bahasa Indonesia
3.2.1 Mengidentifikasi
berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.2 Mencatat hal-hal pokok
kegiatan dengan topik tertentu.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di
lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
·
PPKn
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur
terhadap keberadaan anggota keluarga masing-masing
2.1.1 Menunjukkan sikap
percaya diri dalam berinteraksi dengan teman
3.1.1 Mengidentifikasi
symbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1 Berperilaku di sekitar
rumah sesuai makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila
·
Matematika
1.1.1 Berdoa sebelum dan
sesudah pembelajaran dilaksanakan
2.1.1 Menunjukkan sikap
teliti dalam mengerjakan tugas
3.5.2 Menentukan lama suatu
kegiatan menggunakan satuan hari
4.5.4
Mengomunikasikan cara menentukan waktu (hari) jika waktu mulai kegiatan dan
lama kegiatan sudah diketahui
·
SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa kagum
dengan salah satu karya seni musik
2.2.1 Menunjukkan sikap
cermat dalam memperhatikan suatu sajian karya musik
3.2.1 Mengidentifikasi
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis
4.6.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang
bervariasi
D. Materi Ajar
-
Lambang Garuda Pancasila
-
Simbol Pancasila
-
Lagu Garuda Pancasila
-
Penerapan nilai-nilai Pancasila
-
Membuat Narasi
(Pengembangan materi terlampir)
E. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru memotivasi siswa dengan menyanyikan lagu
“Garuda Pancasila”.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru
membimbing siswa untuk mengamati gambar tentang Edo dan kawan-kawan
mengerjakan tugas kelompok di rumah Edo dengan cermat.
·
Siswa
mengamati gambar tentang Edo dan kawan-kawan mengerjakan tugas kelompok di
rumah Edo (mengamati).
·
Siswa
mengamati teks “Mengerjakan Tugas Kelompok” (mengamati)
·
Siswa
menanya tentang teks “Mengerjakan Tugas Kelompok” (menanya).
·
Siswa
mencatat hal-hal pokok kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu
(mengumpulkan informasi).
·
Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan tentang kegiatan mengerjakan
tugas kelompok di rumah Dayu (mengasosiasi).
·
Siswa
memperhatikan gambar lambang negara Garuda Pancasila (memahami).
·
Siswa
menunjukkan simbol masing-masing sila Pancasila (mengasosiasi).
·
Siswa
ditugaskan mengisi tabel tentang bunyi sila Pancasila sesuai simbol (
mengasosiasi).
·
Siswa
mencobakan perilaku di sekitar rumah sesuai makna simbol dari sila Pancasila
dalam lambang negara Garuda Pancasila berdasarkan teks bacaan tentang
kegiatan mengerjakan tugas kelompok di rumah Dayu (mengumpulkan informasi).
·
Guru
membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” dengan percaya
diri.
·
Siswa
menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” (mengumpulkan informasi).
·
Siswa
mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik
ritmis (mengumpulkan informasi).
·
Siswa
membaca teks perubahan waktu (mengamati).
·
Siswa
memperhatikan jam analog (mengamati).
·
Siswa
menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan jam (mengasosiasi).
·
Siswa
melengkapi tabel berdasarkan keterangan gambar jam (mengasosiasi).
·
Siswa
menemukan cara mengubah tanda waktu pada periode pukul 24 ke periode pukul 12
(mengasosiasi).
·
Siswa
mengomunikasikan cara menentukan waktu (hari) (mengomunikasikan).
·
Guru
membimbing siswa untuk menulis cerita narasi sederhana tentang kerja kelompok
yang dilakukan di rumah Dayu dengan EYD yang benar dengan disiplin
(mengumpulkan informasi).
·
Siswa
menulis cerita narasi sederhana tentang kerja kelompok yang dilakukan di rumah
Dayu dengan EYD yang benar (mengumpulkan informasi).
|
145 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan
pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·
Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·
Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan
melibatkan kerjasama dari orang tua.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
20 menit
|
F.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 2 dan Buku Siswa
Tema 3 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Teks bacaan tentang berbagai kegiatan di
lingkungan sekitar.
d.
Gambar lambang negara Garuda Pancasila.
e.
Gambar simbol masing-masing sila Pancasila.
f.
Gambar jam analog.
G.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Uraian tertutup
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
29 September 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
…………………………….
NIP. ……………………….
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi dan media
2.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan
No comments:
Post a Comment