Sunday, November 23, 2014

Contoh RPP Kelas 3 Tema Tempat Umum

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  tematik

Nama Sekolah           : SD N No. 95 Setono
Kelas / Semester        : 3 (Tiga) / I (Satu)
Tema                          : Tempat Umum (Minggu ke-2 pertemuan 2)
Waktu                        : 1 hari (6 x 35 menit)

A.      Standar Kompetensi
      PKn
  • Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

IPS

·         Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

Bahasa Indonesia

Berbicara
·         Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran

Matematika

·         Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah

IPA

·         Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

B.       Kompetensi Dasar
PKn
·         Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari

IPS

·         Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa

Bahasa Indonesia

·         Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
Matematika
·         Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat
IPA
·         Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas

C.      Indikator

PKn

  • Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas bersama

IPS

·         Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan sekolah

Bahasa Indonesia

·         Menceritakan tokoh-tokoh dalam cerita anak
·         Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengungkapkan pendapat

Matematika

·         Menentukan hubungan antarsatuan waktu

IPA

·         Menyebutkan sifat benda padat
D.      Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·         Melalui tanya jawab, siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan sekolah dengan benar.
·         Melalui penugasan siswa mampu menentukan hubungan antarsatuan waktu dengan benar.
·         Melalui pengamatan, siswa mampu menyebutkan sifat benda padat dengan benar.
Afektif
·         Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu menunjukkan sikap tanggung jawab dengan baik dalam melaksanakan tugas bersama.
·         Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu menunjukkan sikap percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya.
Psikomotor
·         Melalui presentasi, siswa mampu menceritakan tokoh-tokoh dalam cerita anak dengan baik.

E.       Materi Pokok
§  Pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda
§  Kerjasama di sekolah
§  Menceritakan tokoh cerita anak
§  Hubungan antarsatuan waktu
§  Sifat benda padat
(Pengembangan materi terlampir)
F.     Metode Pembelajaran
Model pembelajaran:
§  Tematik Terpadu (Webbed)
Metode pembelajaran: Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan, Pengamatan, Diskusi, dan Presentasi
G.    Langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan Awal (5 menit)

§   Mengucap salam, mengkondisikan kelas, dan mengecek kehadiran siswa.
§   Siswa ditanya tentang aktifitas berangkat sekolah serta tempat umum yang dilalui masing-masing siswa. (apersepsi)
§   Guru menjelaskan sekilas tentang materi yang akan dipelajari. (orientasi)
§   Siswa diajak menyanyikan lagu “”. (motivasi)

Kegiatan Inti (90 menit)

·   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
F Secara berkelompok, siswa mengamati teks cerita anak yang diberikan oleh guru tentang kegiatan berangkat sekolah.
F Siswa membaca dalam hati cerita ,....
F Guru bertanya jawab dengan siswa tentang isi dari teks cerita.
F Dari naskah cerita, guru menjelaskan macam-macam tempat umum.
F Siswa mengamati gambar kerjasama di sekolah.
F Siswa mengamati benda-benda yang ada di lingkungan sekolah.
F Dari cerita yang dibaca, guru mengingatkan siswa kembali tentang hubungan antarsatuan waktu.
§  Elaborasi
F Siswa berdiskusi tentang tokoh-tokoh dalam cerita yang telah dibaca.
F Dari gambar kerjasama, siswa mendiskusikan berbagai kegiatan kerjasama yang dapat dilakukan di sekolah.
F Siswa berdiskusi kembali tentang sifat-sifat yang dimiliki benda padat melalui petunjuk guru.
F Siswa secara individu mengerjakan latihan tentang hubungan antarsatuan waktu.
§  Konfirmasi
F Guru melihat dan melakukan pengamatan kegiatan belajar siswa satu persatu.
F Siswa mengungkapkan hasil diskusi kelompok masing-masing di depan kelas melalui presentasi.
F Guru memberi masukan dan tanggapan positif terhadap hasil kerja masing-masing kelompok.
F Guru memberikan penegasan pada materi yang penting.

Kegiatan Akhir (10 menit)

@  Guru membimbing siswa merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
@  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahanpemahaman dan memberikan penguatan.
@  Guru memberikan apresiasi terhadap keseluruhan hasil kerja siswa dan memberikan nasihat untuk tidak berpangku tangan serta berani dalam mengungkapkan pendapat.
@  Siswa mengerjakan soal evaluasi individu.
@  Guru menutup pembelajaran dengan salam.

  1. Alat dan Sumber Belajar
1.      Diri anak, lingkungan sekolah, dan lingkungan tempat tinggal siswa
2.      Teks bacaan “Sahabat Istimewa”
3.      Lembar Kerja Siswa
  1. Penilaian
-      Kognitif
Jenis           : tertulis
Bentuk       : tes uraian tertutup
-      Afektif
Jenis           : pengamatan
Bentuk       : skala sikap
-      Psikomotor
Jenis           : penilaian autentik
Bentuk       : unjuk kerja
-      Alat Penilaian        : lembar soal, kunci jawaban, lembar pengamatan, lembar unjuk kerja (terlampir)





Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 4 Nopember 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106

Guru Kelas III


Muhammad Efendi, S.Pd.










Dosen Pembimbing


…………………………..
NIP.

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003

No comments:

Post a Comment