RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Tema
: Kerukunan dalam Bermasyarakat
Subtema : Hidup Rukun
(Pembelajaran 5)
(Pembelajaran 5)
Waktu :
1 hari ( 5 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
·
IPA
1.1 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.4 Mengenal rangkaian
listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
4.3. Merancang dan membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan
sumber arus searah
·
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia
yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kepedulian dan
rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan
perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks
paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan teks paparan
iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·
PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan. yang tidak ternilai
2.1 Menunjukkan disiplin,
kerja sama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan
tanggung jawab, menghargai perbedaan
3.2 Memahami konsep variasi
dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil.
4.2 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional bola kecil.
·
SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal harmoni musik
dan lagu daerah.
4.6 Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok
dengan iringan vokal lagu anak-anak dua suara
C. Indikator
·
IPA
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta dengan segala keteraturannya
2.1.1 Menunjukkan sikap ilmiah
selama proses pembelajaran
3.4.1 Menjelaskan rangkaian listrik sederhana dengan
berbagai variasi.
4.3.1 Membuat rangkaian seri sumber arus searah
4.3.2 Membuat rangkaian parallel sumber arus searah
·
Bahasa
Indonesia
1.1.1 Menunjukkan rasa bangga
menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
2.2.1 Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar dalam menunjukkan sikap peduli dan rasa ingin tahu
terhadap rangkaian listrik dan perubahannya
3.3.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur dalam iklan.
4.3.1 Membuat iklan suatu
produk
·
PJOK
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur
atas kelengkapan fisik yang dimilikinya
2.1.1 Menunjukkan kerja sama
dan sportif dalam melakukan permainan kelompok
3.2.1 Menjelaskan pola-pola
gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2.1 Melakukan berbagai
keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap,lari dan memukul)
permainan kasti dengan kontrol yang baik
4.2.2 Memukul bola yang
dilambungkan/ dilemparkan dengan tepat
4.2.3 Memperkirakan kemampuan
berlari untuk mencetak angka
·
SBdP
1.1.1
Menunjukkan rasa syukur atas keanekaragaman lagu daerah yang dimilikinya
2.1.1 Menunjukkan sikap percaya
diri dalam membuat iklan suatu produk
3.2.1 Menjelaskan harmoni
musik
4.6.1 Menyanyikan lagu anak-anak dua suara secara
kelompok.
D. Materi Ajar
-
Permainan Boi-Boian
-
Lagu Bermain Bola
-
Unsur-Unsur iklan
-
Rangkaian listrik
(Pengembangan materi terlampir)
E.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan
salah satu lagu daerah.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Di
awal pembelajaran, siswa membaca cerita mengenai Edo dan kawan-kawan yang akan bermain
“boi-boian”.
·
Siswa
memperhatikan notasi lagu Bermain Bola.
·
Siswa
mencoba menyanyikan lagu Bermain Bola berdasarkan not. Jika dirasa perlu, guru
dapat menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi
rendah nada.
·
Siswa
menyanyikan lagu bersama-sama.
·
Siswa
membentuk kelompok bernyanyi bersama 4-5 orang temannya.
·
Dalam
kelompok siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Bermain Bola” dalam kelompoknya.
·
Siswa
menyampaikan hasil diskusi kelompoknya di hadapan guru dan kelompok lain.
·
Setelah
kegiatan bernyanyi siswa membaca teks dan memperhatikan gambar tentang
permainan tradisional “Boi-boian”.
·
Siswa
bertanya jawab mengenai cara bermain dan aturan permainan boi-boian.
·
Siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
·
Secara
acak (ditunjuk guru), beberapa siswa maju ke depan kelas untuk menyebutkan
jawabannya.
·
Siswa-siswa
lain menanggapi dan memberi masukan sehingga seluruh kelas mendapat jawaban yang
lengkap.
·
Siswa
bersiap melakukan permainan boi-boian. Sebelum mulai bermain, siswa membuat kelompok 6-7
orang. Setiap kelompok berdiri melingkar dengan salah satu anggota kelompok berdiri
di tengah.
·
Lakukan
lempar tangkap bola dari setiap siswa pada lingkaran dengan siswa di tengah lingkaran.
·
Lakukan
lemparan dari bawah, lemparan dari atas, lemparan dari samping, dan lemparan menelusur
tanah (menggelindingkan bola).
Alternatif lain:
·
Siswa membentuk lingkaran besar dengan guru berdiri di tengah lingkaran.
·
Siswa
mendengarkan guru menjelaskan langkah-langkah dan aturan bermain boi-boian.
·
Siswa
bermain dengan tertib dan mematuhi aturan.
·
Siswa
memainkan permainan sambil menyanyikan lagu “Bermain Bola”.
·
Permainan
dilanjutkan sampai semua siswa mendapat giliran.
·
Siswa
mengakhiri kegiatan olahraga dengan saling bersalam-salaman untuk menunjukkan sikap
sportif.
·
Siswa
mengamati gambar iklan pementasan tarian.
·
Siswa
mencatat semua informasi yang diperoleh dari kegiatan pengamatan tersebut di atas.
(Kegiatan
Mengamati)
·
Sebelum
memulai kegiatan, siswa mengingat kembali tentang unsur-unsur iklan.
·
Siswa
dibagi kedalam kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa.
·
Selanjutnya,
setiap kelompok membuat iklan suatu produk. Iklan dapat dibuat pada selembar kertas atau
pada halaman buku gambar. Iklan dibuat semenarik mungkin dan diwarnai menggunakan spidol,
cat air, cat poster, atau bahan pewrna lain yang mudah ditemukan di lingkungan
sekitar.
·
Siswa
diminta untuk mengungkapkan ide-idenya untuk membuat iklan yang menarik.
(Kegiatan
Menanya dan Mencoba)
·
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan pancingan untuk menstimulus rasa ingin tahu. Pertanyaan-pertanyaan tersebut misalnya: Apa yang dimaksud dengan barang
elektronik? Bagaimana cara kerja barang elektronik?
·
Siswa
bertanya jawab mengenai rangkaian listrik seri dan paralel. Apabila pemahaman
siswa kurang cukup, siswa dapat mencari informasi dari berbagai sumber.
·
Siswa
dibagi dalam kelompok 5-6 orang untuk melakukan percobaan.
·
Siswa
melakukan kegiatan membuat rangkaian seri dan paralel seperti dalam buku
siswa.
·
Setiap
kelompok melakukan percobaan dengan mengikuti petunjuk percobaan pada buku
siswa.
·
Siswa
mengemukakan pendapatnya tentang percobaan yang telah dilakukan.
·
Siswa
diminta untuk menulis hasil laporan dalam format laporan.
·
Siswa
dibimbing untuk menggunakan pemahamannya tentang manfaat listrik dalam kehidupan dan
menggambar ilustrasi dalam menyelesaikan percobaan ini.
·
Setelah
melakukan percobaan, siswa menulis hasil laporannya.
(Kegiatan
Menalar)
·
Secara
bergantian, setiap kelompok siswa mempresentasikan hasil “Percobaan Rangkaian Listrik” secara
mandiri dan percaya diri.
·
Kelompok
lain memberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun
keterampilan komunikasinya.
(Kegiatan
Mengkomunikasikan)
|
145 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan
pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·
Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
20 menit
|
F.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa
Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Teks bacaan tentang bermain Boi-Boian
d.
Teks lagu “Bermain Bola”
e.
Contoh iklan produk
f.
Kit IPA “rangkaian listrik”
G.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Uraian tertutup
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
10 Oktober 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
…………………………….
NIP. ……………………….
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi
2.
Media pembelajaran
3.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
c. Observasi dalam bentuk panduan penilaian
No comments:
Post a Comment