Monday, November 17, 2014

Contoh RPP Kelas 5 (2,2,2) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester         : 5 (lima) / 1 (satu)
Tema                           : Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema                                 : Peristiwa-Peristiwa Penting
  (Pembelajaran 2)
Waktu                         : 3 jp ( 3 x 35 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      Kompetensi Dasar
·         PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8 Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
·         IPA
3.5 Mendeskripsikan siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
4.5 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
·         SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.3 Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan.
·         Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  dengan memilih dan memilah kosakata baku

C.     Indikator
·         PJOK
1.1.1 Bersyukur pada Tuhan atas kesehatan dan anugrah fisik
2.2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri
3.8.1 Menjelaskan cara melakukan renang gaya dada
4.8.1 Melakukan gerak kaki renang gaya dada
4.8.2 Memperagakan gerak ayunan/tarikan lengan renang gaya dada
·         IPA
3.5.1 Menjelaskan daur air dengan menggunakan gambar atau diagram
4.5.1 Mendeskripsikan laporan percobaan tentang terjadinya siklus air.
·         SBdP
1.1.1 Bersyukur dengan kemampuan seni yang dimiliki
2.2.1 Menunjukkan sikap antusias terhadap lingkungan sebagai sumber seni
3.1.1 Menyebutkan prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.3.1 Menjelaskan makna gambar komik
·         Bahasa Indonesia
1.1.1 Bersyukur memiliki bahasa Indonesia
2.2.1 Menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan rasa ingin tahu
3.2.1 Menguraikan isi teks tentang proses daur air
4.2.1 Menjelaskan proses daur air berdasarkan bacaan

D.     Materi Ajar
-          Renang gaya dada
-          Percobaan daur air sederhana
-          Membuat laporan hasil percobaan
-          Membuat komik sederhana
(Pengembangan materi terlampir)

E.     Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Hujan”
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
5 menit
Inti
·          Guru memulai kegiatan olahraga dengan kegiatan di kelas.
·          Peserta didik berdiskusi tentang kegiatan renang gaya dada dan diperlihatkan gambar gerakan gerakan renang gaya dada yang benar.
·          Peserta didik melakukan gerakan pemanasan dengan bimbingan guru.
·          Guru memberikan contoh dan mengajak peserta didik untuk mempraktikkan gerakan renang gaya dada.
·          Peserta didik berpasangan untuk saling membantu dan mengamati secara bergantian dalam mempraktikkan renang gaya dada.
·          Guru membimbing peserta didik untuk melakukan gerakan yang baik dan benar.
·          Peserta didik dengan bimbingan guru mempraktikkan gerakan renang gaya dada di dalam kolam renang.
·          Peserta didik membaca dengan cermat langkah-langkah percobaan seperti tercantum pada buku peserta didik. (Mengamati)
·          Peserta didik mengamati percobaan sesuai dengan langkah – langkah percobaan.
·          Peserta didik mendengar pengarahan guru tentang langkah-langkah percobaan itu berlangsung.
·          Peserta didik dilatih untuk terampil menggunakan alat inderanya dalam mengamati dan mencari informasi dari apa yang diamatinya.
·          Peserta didik dilatih kesabarannya dalam mengamati dan mengikuti langkah – langkah di dalam percobaan.
·          Guru menggunakan pertanyaan-pertanyaan pancingan untuk menstimulus rasa ingin tahu peserta didik tentang hasil apa yang mereka harapkan dari percobaan tersebut (Menanya)
·          Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui di atas kartu tanya atau di buku.
·          Peserta didik mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya melalui percobaan tersebut.
·          Peserta didik membaca kembali tentang daur air.
·          Kemudian peserta didik menentukan jenis data yang akan di tulis dalam tabel hasil percobaan sederhana mereka (Mengumpulkan Informasi)
·          Peserta didik menentukan sumber data untuk melaksanakan percobaan sederhana tersebut dan menuliskannya di dalam kolom “Laporan Hasil Pengamatan”
·          Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hal - hal apa saja yang dapat memperlambat atau mempercepat terjadinya daur air di dalam plastik tersebut.
·          Peserta didik menggolongkan dengan seksama tabel hasil percobaannya (Mengasosiasi)
·          Bimbing peserta didik untuk memperhatikan setiap proses penting yang mereka dapatkan dari tabel secara cermat dan teliti.
·          Peserta didik menyimpulkan seluruh proses daur air dan menjelaskan proses tersebut dalam bentuk gambar/diagram.
·          Peserta didik menyajikan keistimewaan komik dibandingkan dengan buku bacaan yang lain (Mengkomunikasikan)
·          Peserta didik mencoba mencari tahu apa saja yang diperlukan dalam membuat komik
·          Peserta didik mencoba menentukan beberapa hal penting terlebih dahulu dalam membuat komik yang bertemakan tentang “daur air” dengan tokoh si Air.
·          Peserta didik mencoba menggambar tokoh dengan gambar yang unik dan menarik.
·          Guru membantu peserta didik dalam mempersiapkan media yang dibutuhkan peserta didik dalam menyajikan komik yang telah dibuat.
90 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
10 menit

F.     Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.       Teks bacaan tentang proses daur air
d.      Contoh-contoh komik
e.       Alat percobaan: cangkir, plastik bening, es batu
G.   Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Uraian tertutup


Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 16 September 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106
Guru Kelas V


Suwarno, A.Ma.Pd. 
NIP. 195812131994071001











Dosen Pembimbing


…………………………….
NIP. ……………………….

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi
2.    Media pembelajaran
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan.

No comments:

Post a Comment