RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Tema
: Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema : Peristiwa-Peristiwa
Penting
(Pembelajaran 2)
(Pembelajaran 2)
Waktu :
3 jp ( 3 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
·
PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.2 Bertanggung jawab
terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8 Memahami konsep salah
satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
4.8 Mempraktikkan salah satu
gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
·
IPA
3.5 Mendeskripsikan siklus air dan dampaknya pada peristiwa
di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
4.5 Menyajikan hasil
laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah
manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak
diatasi.
·
SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman
karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan
2.2 Menghargai alam dan
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal prinsip seni
dalam berkarya seni rupa
4.3 Menggambar komik dengan
menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan hasil
pengamatan.
·
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang
lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kepedulian dan
rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan
perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks
penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.2 Menyampaikan teks
penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
C. Indikator
·
PJOK
1.1.1 Bersyukur pada Tuhan atas kesehatan dan
anugrah fisik
2.2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab
terhadap keselamatan diri sendiri
3.8.1 Menjelaskan cara melakukan renang gaya dada
4.8.1 Melakukan gerak kaki renang gaya dada
4.8.2 Memperagakan gerak ayunan/tarikan lengan renang gaya dada
·
IPA
3.5.1 Menjelaskan
daur air dengan menggunakan gambar atau diagram
4.5.1 Mendeskripsikan
laporan percobaan tentang terjadinya siklus air.
·
SBdP
1.1.1 Bersyukur dengan kemampuan seni yang
dimiliki
2.2.1 Menunjukkan sikap antusias terhadap
lingkungan sebagai sumber seni
3.1.1 Menyebutkan prinsip-prinsip seni dalam
berkarya seni rupa
4.3.1 Menjelaskan makna gambar komik
·
Bahasa
Indonesia
1.1.1 Bersyukur memiliki bahasa Indonesia
2.2.1 Menggunakan bahasa Indonesia untuk
menunjukkan rasa ingin tahu
3.2.1 Menguraikan isi teks tentang proses
daur air
4.2.1 Menjelaskan proses daur air berdasarkan
bacaan
D. Materi Ajar
-
Renang gaya dada
-
Percobaan daur air sederhana
-
Membuat laporan hasil percobaan
-
Membuat komik sederhana
(Pengembangan materi terlampir)
E.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan
lagu “Hujan”
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
5 menit
|
Inti
|
·
Guru memulai kegiatan olahraga
dengan kegiatan di kelas.
·
Peserta
didik berdiskusi tentang kegiatan renang gaya dada dan diperlihatkan gambar gerakan gerakan
renang gaya dada yang benar.
·
Peserta
didik melakukan gerakan pemanasan dengan bimbingan guru.
·
Guru
memberikan contoh dan mengajak peserta didik untuk mempraktikkan gerakan
renang gaya dada.
·
Peserta
didik berpasangan untuk saling membantu dan mengamati secara bergantian dalam
mempraktikkan renang gaya dada.
·
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan gerakan yang baik dan benar.
·
Peserta
didik dengan bimbingan guru mempraktikkan gerakan renang gaya dada di dalam
kolam renang.
·
Peserta
didik membaca dengan cermat langkah-langkah percobaan seperti tercantum pada
buku peserta
didik. (Mengamati)
·
Peserta
didik mengamati percobaan sesuai dengan langkah – langkah percobaan.
·
Peserta
didik mendengar pengarahan guru tentang langkah-langkah percobaan itu
berlangsung.
·
Peserta
didik dilatih untuk terampil menggunakan alat inderanya dalam mengamati dan
mencari informasi dari apa yang diamatinya.
·
Peserta
didik dilatih kesabarannya dalam mengamati dan mengikuti langkah – langkah di
dalam percobaan.
·
Guru
menggunakan pertanyaan-pertanyaan
pancingan untuk menstimulus rasa ingin tahu peserta didik tentang hasil apa
yang mereka harapkan dari percobaan tersebut (Menanya)
·
Peserta
didik mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka
ketahui di atas kartu tanya atau di buku.
·
Peserta
didik mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya melalui percobaan tersebut.
·
Peserta
didik membaca kembali tentang daur air.
·
Kemudian
peserta didik menentukan jenis data yang akan di tulis dalam tabel hasil
percobaan sederhana mereka (Mengumpulkan Informasi)
·
Peserta
didik menentukan sumber data untuk melaksanakan percobaan sederhana tersebut
dan menuliskannya di dalam kolom “Laporan Hasil Pengamatan”
·
Guru
membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hal - hal apa saja yang dapat
memperlambat atau mempercepat terjadinya daur air di dalam plastik tersebut.
·
Peserta
didik menggolongkan dengan seksama tabel hasil percobaannya (Mengasosiasi)
·
Bimbing
peserta didik untuk memperhatikan setiap proses penting yang mereka dapatkan
dari tabel secara cermat dan teliti.
·
Peserta
didik menyimpulkan seluruh proses daur air dan menjelaskan proses tersebut
dalam bentuk gambar/diagram.
·
Peserta
didik menyajikan keistimewaan komik dibandingkan dengan buku bacaan yang lain
(Mengkomunikasikan)
·
Peserta
didik mencoba mencari tahu apa saja yang diperlukan dalam membuat komik
·
Peserta
didik mencoba menentukan beberapa hal penting terlebih dahulu dalam membuat
komik yang bertemakan tentang “daur air” dengan tokoh si Air.
·
Peserta
didik mencoba menggambar tokoh dengan gambar yang unik dan menarik.
·
Guru
membantu peserta didik dalam mempersiapkan media yang dibutuhkan peserta
didik dalam menyajikan komik yang telah dibuat.
|
90 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan
pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·
Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·
Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan
melibatkan kerjasama dari orang tua.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
10 menit
|
F.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 5 dan Buku Siswa
Tema 2 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Teks bacaan tentang proses daur air
d.
Contoh-contoh komik
e.
Alat percobaan: cangkir, plastik bening, es batu
G.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Uraian tertutup
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
16 September 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
…………………………….
NIP. ……………………….
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi
2.
Media pembelajaran
3.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan.
No comments:
Post a Comment