Sunday, November 23, 2014

Contoh RPP Kelas 4 (3,1,3) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester         : 4 (empat) / 1 (satu)
Tema                           : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema                                 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan
   Rumahku (Pembelajaran 3)
Waktu                         : 1 hari ( 6 x 35 menit)

A.  Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
·         IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
4.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
·         IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
·         PPKn
1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keberagaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
·         Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

C.  Indikator
·         IPA
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur terhadap keanekaragaman tumbuhan ciptaan Tuhan YME
2.1.1 Menunjukkan sikap rasa ingin tahu terhadap berbagai tumbuhan yang ada di sekitarnya
3.1.1 Menyebutkan ciri-ciri bagian tumbuhan yang ada di sekitarnya
4.1.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya
·         IPS
1.2.1 Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan yang telah menciptakan lingkungan alam yang beranekaragam
2.3.1 Menunjukkan sikap peduli dengan teman satu kelompok
3.5.1 Menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan
4.5.1 Menuliskan hubungan antara manusia dengan tumbuhan
·         PPKn
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur atas keberadaan tumbuhan sebagai lingkungan ciptaan Tuhan
2.3.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
3.2.1 Memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan dan hewan
4.2.1 Menceritakan pengamalan pribadi menjaga lingkungan
·         Bahasa Indonesia
1.2.1 Mengakui bahasa Indonesia sebagai anugerah dari Tuhan YME
2.4.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan
3.1.1 Menggali informasi laporan hasil pengamatan
4.1.1 Menggunakan kosakata baku dalam membuat laporan hasil pengamatan

D.  Tujuan Pembelajaran
Kognitif
3.1.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri bagian tumbuhan yang ada di sekitarnya
3.5.1 Melalui pengamatan gambar, siswa mampu menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan dengan baik.
3.2.1 Melalui Tanya jawab, siswa mampu memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan dan hewan dengan baik.
3.1.1 Melalui diskusi, siswa mampu menggali informasi laporan hasil pengamatan dengan baik.
Afektiif
1.1.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap keanekaragaman tumbuhan ciptaan Tuhan YME dengan baik.
2.1.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan sikap rasa ingin tahu terhadap berbagai tumbuhan yang ada di sekitarnya dengan baik.
1.2.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan yang telah menciptakan lingkungan alam yang beranekaragam dengan baik.
2.3.1 Melalui diskusi, siswa mampu menunjukkan sikap peduli dengan teman satu kelompok dengan baik.
1.1.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan rasa syukur atas keberadaan tumbuhan sebagai lingkungan ciptaan Tuhan dengan baik.
2.3.1 Melalui diskusi, siswa mampu menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dengan baik.
1.2.1 Melalui Tanya jawab, siswa mampu mengakui bahasa Indonesia sebagai anugerah dari Tuhan YME dengan baik.
Psikomotor
4.1.1 Melalui diskusi, siswa menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya dengan benar.
4.5.1 Melalui penugasan, siswa mampu menuliskan hubungan antara manusia dengan tumbuhan dengan benar.
4.2.1 Melalui tugas tertulis, siswa mampu menceritakan pengamalan pribadi menjaga lingkungan dengan baik.
2.4.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan baik.
4.1.1 Melalui penugasan, siswa mampu menggunakan kosakata baku dalam membuat laporan hasil pengamatan.

E.  Materi Ajar
1.      Keanekaragaman tumbuhan
2.      Bagian-bagian tumbuhan
3.      Membuat kalimat
4.      Hubungan manusia dan hewan dengan tumbuhan
(Pengembangan materi terlampir)

F.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Scientific
     Model                     : Tematik Terpadu
     Strategi                   : Cooperative Learning
     Teknik                    : STAD
   Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Presentasi, dan
                                      Ceramah

Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu bertema tumbuhan.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
·          Pelajaran dibuka dengan memberi penekanan bahwa Tuhan Yang Maha Esa menciptakan tumbuhan beraneka ragam dan mempunyai bagian-bagian penting.
·          Siswa dibagi menjadi 5 kelompok dengan fokus pengamatan sesuai di buku siswa.
·          Siswa mengamati tumbuhan yang telah dibawa masing-masing kelompok. Siswa diingatkan untuk melakukan pengamatan secara rinci dan mencatat fakta apa saja yang mereka temukan, mulai dari bentuk, warna, tekstur, ukuran, dan fungsi. Siswa menuliskan hasil pengamatan mereka dalam bentuk gambar dan teks. (mengamati dan menanya)
·          Siswa melengkapi tabel dengan format seperti di buku siswa. (mencoba dan menalar)
·          Selesai melakukan pengamatan, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatan. Mereka dapat mengajukan pertanyaan, melakukan klarifikasi, serta menggali informasi lebih jauh. (menyajikan)
·          Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa secara individu. (mengamati)
·          Siswa membaca senyap selama 5 menit. Mereka membuat daftar kata-kata baru yang mereka belum pahami artinya. Kemudian mereka mendiskusikan kata-kata tersebut dalam kelompok dan menduga artinya. (menanyadan mencoba)
·          Untuk memastikan arti yang sebenarnya, siswa dipersilahkan melihat kamus atau bertanya pada guru. Kemudian, siswa membuat kalimat menggunakan kata-kata tersebut. (menalar)
·          Siswa mengamati dua gambar yang terdapat dalam buku siswa. (mengamati)
·          Siswa dipandu mengamati gambar dan membaca teks di sampingnya.
·          Siswa mencari kata kunci yang menunjukkan interaksi yang terjadi antara hewan dan bunga, dan antara manusia dan tumbuhan. (menanya)
·          Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (mencoba)
·          Setelah siswa menjawab pertanyaan secara indvidu, mereka kemudian saling mempertanyakan jawaban yang ditulis di buku siswa dengan cara bertukar buku searah jarum jam dalam kelompok. Setiap siswa bisa menambahkan atau memberi saran tentang jawaban yang terdapat pada buku temannya. (menalar)
·          Ketika siswa saling memberikan komentar, guru berkeliling mengamati proses diskusi dan mencatat hal-hal penting yang terjadi selama diskusi, yang kemudian akan dijadikan pokok pembahasan dalam diskusi kelas.
·          Siswa menuliskan contoh kewajiban terhadap lingkungan. (menalar)
180 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
20 menit


G.                Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.       Berbagai macam daun, bunga, dan akar tanaman
d.      Lembar pengamatan dan alat tulis

H.      Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Uraian tertutup



Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 25 September 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106




Dosen Pembimbing


……………………………
NIP.

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003


LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi
2.    Media pembelajaran
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan

No comments:

Post a Comment