RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 4 (empat) / 1 (satu)
Tema
: Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema : Hewan dan
Tumbuhan di Lingkungan
Rumahku (Pembelajaran 3)
Waktu :
1 hari ( 6 x 35 menit)
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
·
IPA
1.1 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.1 Menjelaskan bentuk luar
tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
4.1 Menuliskan hasil
pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta
fungsinya
·
IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku
santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
·
PPKn
1.1
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keberagaman agama, suku bangsa, pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan
ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3
Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah
dan masyarakat
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat
·
Bahasa Indonesia
1.2
Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan
dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan
teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4
Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia
lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
C.
Indikator
·
IPA
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur
terhadap keanekaragaman tumbuhan ciptaan Tuhan YME
2.1.1 Menunjukkan sikap rasa
ingin tahu terhadap berbagai tumbuhan yang ada di sekitarnya
3.1.1 Menyebutkan ciri-ciri
bagian tumbuhan yang ada di sekitarnya
4.1.1 Menuliskan hasil
pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya
·
IPS
1.2.1 Menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan yang telah menciptakan lingkungan alam yang beranekaragam
2.3.1 Menunjukkan sikap
peduli dengan teman satu kelompok
3.5.1 Menjelaskan hubungan
antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan
4.5.1 Menuliskan hubungan
antara manusia dengan tumbuhan
·
PPKn
1.1.1
Menunjukkan rasa syukur atas keberadaan tumbuhan sebagai lingkungan ciptaan
Tuhan
2.3.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
3.2.1
Memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan dan hewan
4.2.1
Menceritakan pengamalan pribadi menjaga lingkungan
·
Bahasa Indonesia
1.2.1
Mengakui bahasa Indonesia sebagai anugerah dari Tuhan YME
2.4.1
Menggunakan bahasa Indonesia dalam menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan
3.1.1
Menggali informasi laporan hasil pengamatan
4.1.1
Menggunakan kosakata baku dalam membuat laporan hasil pengamatan
D. Tujuan Pembelajaran
Kognitif
3.1.1 Melalui pengamatan,
siswa mampu menyebutkan ciri-ciri bagian tumbuhan yang ada di sekitarnya
3.5.1 Melalui pengamatan
gambar, siswa mampu menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan
manusia dengan tumbuhan dengan baik.
3.2.1
Melalui Tanya jawab, siswa mampu memberikan contoh kewajiban sebagai warga
terhadap tumbuhan dan hewan dengan baik.
3.1.1
Melalui diskusi, siswa mampu menggali informasi laporan hasil pengamatan dengan
baik.
Afektiif
1.1.1 Melalui pengamatan,
siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap keanekaragaman tumbuhan ciptaan
Tuhan YME dengan baik.
2.1.1 Melalui pengamatan,
siswa mampu menunjukkan sikap rasa ingin tahu terhadap berbagai tumbuhan yang
ada di sekitarnya dengan baik.
1.2.1 Melalui pengamatan,
siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan yang telah menciptakan
lingkungan alam yang beranekaragam dengan baik.
2.3.1 Melalui diskusi, siswa
mampu menunjukkan sikap peduli dengan teman satu kelompok dengan baik.
1.1.1
Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan rasa syukur atas keberadaan
tumbuhan sebagai lingkungan ciptaan Tuhan dengan baik.
2.3.1 Melalui diskusi, siswa mampu menunjukkan sikap
tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dengan baik.
1.2.1
Melalui Tanya jawab, siswa mampu mengakui bahasa Indonesia sebagai anugerah
dari Tuhan YME dengan baik.
Psikomotor
4.1.1 Melalui diskusi, siswa
menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya dengan
benar.
4.5.1 Melalui penugasan,
siswa mampu menuliskan hubungan antara manusia dengan tumbuhan dengan benar.
4.2.1
Melalui tugas tertulis, siswa mampu menceritakan pengamalan pribadi menjaga
lingkungan dengan baik.
2.4.1
Melalui pengamatan, siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam menunjukkan
kepedulian terhadap lingkungan dengan baik.
4.1.1
Melalui penugasan, siswa mampu menggunakan kosakata baku dalam membuat laporan
hasil pengamatan.
E. Materi Ajar
1.
Keanekaragaman tumbuhan
2.
Bagian-bagian tumbuhan
3.
Membuat kalimat
4.
Hubungan manusia dan hewan dengan tumbuhan
(Pengembangan materi terlampir)
F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific
Model :
Tematik Terpadu
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik : STAD
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Presentasi, dan
Ceramah
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan
lagu bertema tumbuhan.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Pelajaran dibuka dengan memberi penekanan
bahwa Tuhan Yang Maha Esa menciptakan tumbuhan beraneka ragam dan mempunyai
bagian-bagian penting.
·
Siswa dibagi menjadi 5 kelompok dengan fokus
pengamatan sesuai di buku siswa.
·
Siswa mengamati tumbuhan yang telah dibawa
masing-masing kelompok. Siswa diingatkan untuk melakukan pengamatan secara
rinci dan mencatat fakta apa saja yang mereka temukan, mulai dari bentuk,
warna, tekstur, ukuran, dan fungsi. Siswa menuliskan hasil pengamatan mereka
dalam bentuk gambar dan teks. (mengamati dan menanya)
·
Siswa melengkapi tabel dengan format seperti
di buku siswa.
(mencoba dan menalar)
·
Selesai melakukan pengamatan, masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil pengamatan. Mereka dapat mengajukan
pertanyaan, melakukan klarifikasi, serta menggali informasi lebih jauh. (menyajikan)
·
Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku
siswa secara individu.
(mengamati)
·
Siswa membaca senyap selama 5 menit. Mereka
membuat daftar kata-kata baru yang mereka belum pahami artinya. Kemudian
mereka mendiskusikan kata-kata tersebut dalam kelompok dan menduga artinya. (menanyadan mencoba)
·
Untuk memastikan arti yang sebenarnya, siswa
dipersilahkan melihat kamus atau bertanya pada guru. Kemudian, siswa membuat
kalimat menggunakan kata-kata tersebut. (menalar)
·
Siswa mengamati dua gambar yang terdapat dalam
buku siswa. (mengamati)
·
Siswa dipandu mengamati gambar dan membaca
teks di sampingnya.
·
Siswa mencari kata kunci yang menunjukkan
interaksi yang terjadi antara hewan dan bunga, dan antara manusia dan
tumbuhan. (menanya)
·
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam
buku siswa. (mencoba)
·
Setelah siswa menjawab pertanyaan secara
indvidu, mereka kemudian saling mempertanyakan jawaban yang ditulis di buku
siswa dengan cara bertukar buku searah jarum jam dalam kelompok. Setiap siswa
bisa menambahkan atau memberi saran tentang jawaban yang terdapat pada buku
temannya. (menalar)
·
Ketika siswa saling memberikan komentar, guru
berkeliling mengamati proses diskusi dan mencatat hal-hal penting yang
terjadi selama diskusi, yang kemudian akan dijadikan pokok pembahasan dalam
diskusi kelas.
·
Siswa menuliskan contoh kewajiban terhadap
lingkungan. (menalar)
|
180 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan
pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·
Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·
Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan
melibatkan kerjasama dari orang tua.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
20 menit
|
G.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa
Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Berbagai macam daun, bunga, dan akar tanaman
d.
Lembar pengamatan dan alat tulis
H.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Uraian tertutup
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
25 September 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
……………………………
NIP.
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi
2.
Media pembelajaran
3.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan
No comments:
Post a Comment