Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) tematik
Nama Sekolah :
SD N No. 95 Setono
Kelas / Semester :
3 (Tiga) / I (Satu)
Tema :
Lingkungan (Minggu ke-2 pertemuan 6)
Waktu
: 3 JP (3 x 35 menit)
A.
Standar Kompetensi
PKn
- Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
IPS
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak
yang dilisankan
Matematika
·
Melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka
IPA
·
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan,
dan upaya
menjaga kesehatan lingkungan
B.
Kompetensi Dasar
PKn
·
Mengenal makna Satu Nusa, Satu
Bangsa, dan Satu Bahasa
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
IPS
·
Melakukan
kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
Bahasa
Indonesia
·
Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
Matematika
·
Melakukan operasi
hitungan campuran
IPA
·
Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
C.
Indikator
PKn
- Menyebutkan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda
- Menunjukkan perilaku yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda
IPS
·
Menyebutkan
contoh kegiatan kerja sama di lingkungan desa
Bahasa Indonesia
·
Melakukan
kegiatan sesuai petunjuk yang dilisankan
Matematika
·
Menggunakan
operasi hitung campuran untuk menyelesaikan masalah
IPA
·
Menyebutkan
cara menjaga kebersihan lingkungan rumah
D.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·
Melalui diskusi, siswa mampu menyebutkan
pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
·
Melalui
diskusi, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama di lingkungan desa
dengan benar.
·
Melalui
tanya jawab, siswa mampu menyebutkan
cara menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan benar.
·
Melalui
penugasan, siswa mampu menggunakan
operasi hitung campuran untuk menyelesaikan masalah dengan benar.
Afektif
·
Siswa
menunjukkan perilaku yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda
dengan baik melalui penilaian diri.
·
Siswa
menunjukkan sikap tekun dalam menyelesaikan masalah dengan baik melalui tugas yang diberikan
guru.
·
Melalui
soal cerita, siswa mampu menggunakan operasi hitung campuran untuk
menyelesaikan masalah dengan benar.
·
Siswa
menunjukkan perhatian terhadap orang lain dengan baik melalui mendengarkan penjelasan
guru.
·
Siswa
menunjukkan rasa percaya diri di depan orang lain dengan baik melalui mengungkapkan pendapat.
Psikomotor
·
Melalui
penugasan, siswa mampu melakukan kegiatan sesuai petunjuk yang dilisankan
dengan baik.
E.
Materi Pokok
§ Pengamalan nilai-nilai
Sumpah Pemuda
§ Kerjasama di Lingkungan desa
§ Operasi hitung campuran
§ Menjaga kebersihan lingkungan
(Pengembangan
materi terlampir)
v Karakter siswa yang diharapkan :
tekun (diligence), perhatian (respect), dan percaya diri (confidence).
F.
Metode Pembelajaran
Model pembelajaran:
§ Terpadu (Webbed)
Metode pembelajaran: Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan, dan Diskusi
G.
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan Awal (5 menit)
§ Mengucap salam, berdoa, dan mengecek
kehadiran siswa.
§
Apersepsi
Guru mengajak siswa
untuk mengingat hafalan Sumpah Pemuda.
§
Orientasi
Guru menjelaskan sekilas tentang materi yang akan dipelajari.
§ Motivasi
Siswa menyanyikan
lagu “Garuda Pancasila”.
Kegiatan Inti (90 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F Siswa mengamati gambar peristiwa
Proklamasi yang ada di buku paket.
F Guru bertanya pada siswa tentang hubungan
Sumpah Pemuda dengan Proklamasi.
F Siswa mengungkapkan pendapatnya secara
lisan.
F Siswa mendengarkan kembali penjelasan guru
tentang makna Sumpah Pemuda bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.
F Guru menjelaskan bahwa ada banyak hal yang
bisa dilakukan siswa untuk menghargai peristiwa Sumpah Pemuda.
§
Elaborasi
F Siswa membaca bacaan tentang “Pengamalan Nilai-Nilai Sumpah Pemuda” pada
buku paket.
F
Melalui
diskusi berpasangan, siswa menemukan cara-cara yang dapat dilakukan siswa untuk
memaknai Sumpah Pemuda.
F
Siswa
menuliskan contoh-contoh kegiatan kerjasama yang ada di lingkungannya sesuai
dengan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda.
F
Dari
contoh yang diperoleh, guru memfokuskan siswa pada kegiatan menjaga kebersihan.
F
Siswa
menuliskan cara-cara yang dapat dilakukan diri sendiri untuk menjaga kebersihan
lingkungan sekitarnya.
F
Melalui
cerita kegiatan lingkungan, guru memberikan permasalahan berakaitan dengan
operasi hitung campuran.
F
Siswa
secara individu menyelesaikan permasalahan hitung campuran.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F Melihat dan melakukan pengamatan hasil kerja siswa satu persatu.
F Mengecek pemahaman siswa tentang pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda, cara menjaga kebersihan lingkungan,
dan penggunaan operasi hitung campuran.
F Guru bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru memberikan penegasan materi.
Kegiatan Akhir (10 menit)
@ Guru membimbing siswa merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
@ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan
memberikan penguatan.
@ Guru memberikan apresiasi
terhadap hasil kerja siswa.
@ Siswa mengerjakan tes evaluasi individu.
@ Siswa diberi tugas rumah berkaitan dengan kegiatan kepemudaan di lingkungan sekitarnya.
@ Guru menutup pembelajaran dengan salam.
- Alat dan Sumber Belajar
1.
Diri anak,
lingkungan sekolah, dan lingkungan tempat tinggal siswa
2.
Prayoga Bestari,
Ati Sumiati. Pendidikan kewarganegaraan: menjadi warga negara yang baik 3. Jakarta
: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
3.
Bacaan
tentang Sumpah Pemuda
- Penilaian
- Kognitif
Jenis :
tertulis
Bentuk : tes uraian tertutup
- Afektif
Jenis : pengamatan dan tertulis
Bentuk : skala sikap dan penilaian diri
- Psikomotor
Jenis :
penilaian autentik
Bentuk :
unjuk kerja
- Alat Penilaian : lembar
soal, kunci jawaban, lembar pengamatan, lembar penilaian diri, lembar unjuk kerja (terlampir)
Guru Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta, 20 September 2014
Praktikan
Estri
Murwani
NIM.
K711106
|
|
|
|
|
|
Dosen Pembimbing
Dr.
Peduk Rintayati, M.Pd.
NIP. 195402241982032001
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
mbak boleh lihat lampirannya seperti apa?
ReplyDelete