Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) tematik
Nama Sekolah :
SD N No. 95 Setono
Kelas / Semester :
3 (Tiga) / I (Satu)
Tema :
Kegiatan (Minggu ke-3 pertemuan 5)
Waktu
: 5 JP (5 x 35 menit)
A.
Standar Kompetensi
PKn
- Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
IPS
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
Bahasa
Indonesia
Menulis
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi
Matematika
·
Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
IPA
·
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi Dasar
PKn
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
IPS
·
Melakukan
kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
Bahasa
Indonesia
·
Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Matematika
·
Mengenal
hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat
IPA
·
Mengidentifikasi sifat-sifat benda
berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
C.
Indikator
PKn
- Menunjukkan sikap toleransi dalam berkomunikasi dan memecahkan masalah bersama
IPS
·
Menunjukkan
kerjasama dalam memecahkan masalah kelompok di sekolah
Bahasa Indonesia
·
Membuat
paragraf berdasarkan ciri-ciri suatu benda
Matematika
·
Menentukan
hubungan antarsatuan berat
IPA
·
Menyebutkan
contoh benda padat
D.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·
Melalui
penugasan, siswa mampu menentukan hubungan antarsatuan berat dengan benar.
·
Melalui
tanya jawab, siswa mampu menyebutkan contoh benda padat di lingkungan sekolah
dengan benar.
Afektif
- Melalui diskusi, siswa mampu menunjukkan sikap toleransi dalam berkomunikasi dan memecahkan masalah bersama dengan baik.
·
Melalui
diskusi, siswa mampu menunjukkan kerjasama dalam memecahkan masalah kelompok di
sekolah dengan baik.
Psikomotor
·
Melalui
pengamatan, siswa mampu membuat paragraf berdasarkan ciri-ciri suatu benda
dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital.
E.
Materi Pokok
§ Pengamalan nilai-nilai
Sumpah Pemuda
§ Pengamalan sikap kerjasama
§ Menyusun paragraf
§ Hubungan antarsatuan berat
§ Macam benda padat
(Pengembangan materi
terlampir)
F.
Metode Pembelajaran
Model pembelajaran:
§ Tematik Terpadu (Webbed)
Metode pembelajaran: Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan, dan Diskusi
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
Kegiatan Awal (5 menit)
§ Mengucap salam, mengkondisikan kelas, dan mengecek
kehadiran siswa.
§
Siswa
ditanya tentang pengalaman menimbang berat badan masing-masing. (apersepsi)
§
Guru menjelaskan sekilas tentang materi yang akan
dipelajari. (orientasi)
§
Siswa diajak mengingat lagu
tentang satuan berat. (motivasi)
Kegiatan Inti (90 menit)
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F Siswa mengamati teks bacaan yang diberikan
oleh guru.
F Siswa membaca dalam hati teks bacaan ”Bermain
dengan Timbangan”.
F Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
isi dari teks bacaan.
F Melalui teks tersebut, guru mengajak siswa
mengingat kembali tentang satuan berat.
F Guru menjelaskan hubungan antarsatuan
berat melalui contoh dari bacaan.
§
Elaborasi
F Siswa mengamati kembali lembar kerja siswa
yang diberikan guru.
F
Secara
berpasangan, siswa diminta untuk mencari hubungan antarsatuan berat berdasarkan
bacaan.
F
Siswa
secara individu mengerjakan latihan tambahan yang diberikan guru.
F
Siswa
menuliskan jawaban pada buku tugas masing-masing.
F
Selanjutnya
melalui bacaan yang diberikan, siswa secara berpasangan mencari benda-benda
yang termasuk benda padat.
F
Dari
benda padat yang ditemukan, siswa memilih sebuah benda untuk diidentifikasi.
F
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di lembar kerja siswa berkaitan dengan
benda yang diamati.
F
Melalui
bimbingan guru, jawaban yang sudah ditulis kemudian disusun menjadi sebuah
paragraf yang padu.
Konfirmasi
F Guru melihat dan melakukan
pengamatan kegiatan belajar siswa satu persatu.
F Siswa mengungkapkan hasil kerjanya di depan
kelas.
F Guru memberi tanggapan terhadap hasil kerja
masing-masing siswa.
F Guru memberikan penegasan materi.
Kegiatan Akhir (10 menit)
@ Guru membimbing siswa merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
@ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan
memberikan penguatan.
@ Guru memberikan apresiasi
terhadap keseluruhan hasil kerja siswa.
@ Siswa mengerjakan soal evaluasi individu.
@ Guru menutup pembelajaran dengan salam.
- Alat dan Sumber Belajar
1.
Diri anak,
lingkungan sekolah, dan lingkungan tempat tinggal siswa
2.
Teks
bacaan “Bermain dengan Timbangan”
3.
Lembar
Kerja Siswa
- Penilaian
- Kognitif
Jenis :
tertulis
Bentuk : tes uraian tertutup
- Afektif
Jenis : pengamatan
Bentuk : skala sikap
- Psikomotor
Jenis :
penilaian autentik
Bentuk : unjuk
kerja
- Alat Penilaian : lembar
soal, kunci jawaban, lembar pengamatan, lembar unjuk kerja (terlampir)
Guru Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta, 24 Oktober 2014
Praktikan
Estri
Murwani
NIM.
K711106
|
|
|
|
|
|
Dosen Pembimbing
…………………………..
NIP.
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
No comments:
Post a Comment