RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema
: Kegemaranku
Subtema : Gemar
Bernyanyi dan Menari
(Pembelajaran 4)
(Pembelajaran 4)
Waktu :
3 jp ( 3 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar,
melihat,
membaca] serta menanya berdasarkan rasa
ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
·
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan
sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru sebagai perwujudan
nilai dan moral pancasila
3.2 Mengenal tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib
di rumah dan sekolah
·
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa
Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.2
Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa
daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan
malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·
SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan
Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam
mengolah karya seni
3.1 Mengenal cara dan hasil
karya seni ekspresi
3.3 Mengenal unsur-unsur
gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari
4.1 Menggambar ekspresi
dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.9 Melakukan
gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan
sekitar
C. Indikator
·
PPKn
1.2.1 Menunjukkan sikap
menghargai hasil karya orang lain
2.1.1 Menunjukkan perilaku santun dengan teman
2.1.1 Menunjukkan perilaku santun dengan teman
3.2.1 Menyebutkan aturan mengikuti kegiatan
menari
4.2.1 Melaksanakan tata tertib dalam
mengikuti kegiatan menari
·
Bahasa
Indonesia
1.1.1 Menggunakan bahasa
Indonesia dalam berkomunikasi
2.2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam menggunakan bahasa
Indonesia
3.1.1 Menceritakan isi teks deskriptif berkaitan
dengan anggota tubuh
4.1.1 Membaca teks deskriptif berkaitan dengan anggota
tubuh
·
SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa kagum
terhadap suatu karya seni
2.1.1 menunjukkan rasa percaya diri dalam menari
3.1.1 Menjelaskan suatu hasil karya seni
3.3.1 Menyebutkan beberapa gerakan dalam sebuah
tarian
4.1.1 Mewarnai dan melengkapi gambar tarian
4.9.1 Mempraktikkan gerakan tarian daerah setempat
D. Materi Ajar
·
Mengenal tari
daerah
·
Berbagai
gerakan menari
·
Mewarnai
Gambar
(Pengembangan materi terlampir)
E. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan
lagu “Helly”.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
5 menit
|
Inti
|
·
Siswa mendengarkan guru membaca teks di buku.
·
Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan
guru.
·
Siswa bertanya jawab mengenal beberapa tarian
daerah yang terdapat di buku siswa.
·
Siswa menceritakan kembali isi teks dengan
bahasanya sendiri.
·
Siswa memeragakan beberapa gerakan tarian
daerah yang umum dilakukan dengan bantuan guru (atau guru tamu atau melalui
vcd).
·
Siswa berbagi pengalaman tentang menari. Siswa
yang sudah pandai menari memeragakan tariannya di depan teman-temannya dan
menjelaskan apa nama tariannya, tarian modern atau tradisional, jika tarian
tradisional, tarian dari daerah manakah itu? Siswa dapat melakukannya bersama-sama.
·
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang
aturan kegiatan menari supaya siswa betul-betul bisa menari.
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
aturan berlatih menari, mengamati contoh gerakan yang diperagakan
guru/pelatih tari, mempraktikkan dengan sungguh-sungguh, mengulangnya terus
sampai lancar dan luwes, menikmati setiap gerakan, serius dan saling
membantu.
·
Siswa mengamati contoh gerakan tarian yang
peragakan guru/guru tamu/vcd.
·
Gerakan diajarkan secara bertahap agar
memudahkan siswa dalam melakukannya.
·
Gerakan dilakukan berulang-ulang sehingga
siswa dapat melakukan gerakan-gerakan tari yang dipelajari.
·
Usai berlatih tari siswa bertanya jawab
tentang gerakan.
tari dan hubungannya dengan karakter individu. Dengan menari siswa
bukan saja belajar tentang seni gerak, tetapi juga belajar bersabar, lembut,
halus, runut, tegas, konsisten bahkan belajar bersemangat jika gerakannya
cepat dan enerjik. Menari juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
·
Usai berlatih menari, siswa melihat beberapa gambar
yang terdapat di buku siswa.
·
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang
sebuah gambar, bahwa gambar adalah sebuah hasil karya seni yang patut
dihargai. Tidak semua orang bisa membuat gambar yang bagus. Ketika ada gambar
bagus, maka siswa harus menghargainya.
·
Kemudian siswa mengamati gambar yang terdapat
di dalam buku siswa.
·
Guru menyampaikan, apa yang bisa dilakukan
agar gambar tersebut menjadi sebuah karya yang indah.
·
Siswa mengemukakan pendapat hal yang mungkin
bisa dilakukan agar gambar menjadi indah.
·
Siswa memperindah gambar dengan mewarnai dan
menambahkan hiasan sehingga menghasilkan satu karya seni yang indah.
|
90 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa dibimbing untuk menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Guru menutup pelajaran dengan mengapresiasi hasil kerja
siswa dan memberi semangat siswa agar berkreasi lebih
bagus lagi di waktu yang akan datang.
·
Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan
kerjasama dari orang tua.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
10 menit
|
F.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa
Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Krayon, pensil warna.
d.
Gambar tarian daerah
(ada pada buku siswa).
G.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian Tes
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
18 September 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
…………………………….
NIP. …………………
|
Mengetahui,
|
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi
2.
Media pembelajaran
3.
Lembar Kerja Siswa (LKS) + kunci
4.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
menjodohkan
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan
No comments:
Post a Comment