Monday, November 17, 2014

Contoh RPP Kelas 1 (2,2,4) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester         : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema                           : Kegemaranku
Subtema                                 : Gemar Bernyanyi dan Menari
   (Pembelajaran 4)
Waktu                         : 3 jp ( 3 x 35 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar
·         PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral pancasila
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
·         Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.2 Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud,  dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·         SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
3.3 Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil  pengamatan di lingkungan sekitar
4.9 Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar

C.    Indikator
·         PPKn
1.2.1 Menunjukkan sikap menghargai hasil karya orang lain
2.1.1 Menunjukkan perilaku santun dengan teman
3.2.1 Menyebutkan aturan mengikuti kegiatan menari
4.2.1 Melaksanakan tata tertib dalam mengikuti kegiatan menari
·         Bahasa Indonesia
1.1.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
2.2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam menggunakan bahasa Indonesia
3.1.1 Menceritakan isi teks deskriptif berkaitan dengan anggota tubuh
4.1.1 Membaca teks deskriptif berkaitan dengan anggota tubuh
·         SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa kagum terhadap suatu karya seni
2.1.1 menunjukkan rasa percaya diri dalam menari
3.1.1 Menjelaskan suatu hasil karya seni
3.3.1 Menyebutkan beberapa gerakan dalam sebuah tarian
4.1.1 Mewarnai dan melengkapi gambar tarian
4.9.1 Mempraktikkan gerakan tarian daerah setempat

D.    Materi Ajar
·         Mengenal tari daerah
·         Berbagai gerakan menari
·         Mewarnai Gambar
(Pengembangan materi terlampir)


E.     Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Helly”.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
5 menit
Inti
·          Siswa mendengarkan guru membaca teks di buku.
·          Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru.
·          Siswa bertanya jawab mengenal beberapa tarian daerah yang terdapat di buku siswa.
·          Siswa menceritakan kembali isi teks dengan bahasanya sendiri.
·          Siswa memeragakan beberapa gerakan tarian daerah yang umum dilakukan dengan bantuan guru (atau guru tamu atau melalui vcd).
·          Siswa berbagi pengalaman tentang menari. Siswa yang sudah pandai menari memeragakan tariannya di depan teman-temannya dan menjelaskan apa nama tariannya, tarian modern atau tradisional, jika tarian tradisional, tarian dari daerah manakah itu? Siswa dapat melakukannya bersama-sama.
·          Siswa bertanya jawab dengan guru tentang aturan kegiatan menari supaya siswa betul-betul bisa menari.
·          Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang aturan berlatih menari, mengamati contoh gerakan yang diperagakan guru/pelatih tari, mempraktikkan dengan sungguh-sungguh, mengulangnya terus sampai lancar dan luwes, menikmati setiap gerakan, serius dan saling membantu.
·          Siswa mengamati contoh gerakan tarian yang peragakan guru/guru tamu/vcd.
·          Gerakan diajarkan secara bertahap agar memudahkan siswa dalam melakukannya.
·          Gerakan dilakukan berulang-ulang sehingga siswa dapat melakukan gerakan-gerakan tari yang dipelajari.
·          Usai berlatih tari siswa bertanya jawab tentang gerakan. tari dan hubungannya dengan karakter individu. Dengan menari siswa bukan saja belajar tentang seni gerak, tetapi juga belajar bersabar, lembut, halus, runut, tegas, konsisten bahkan belajar bersemangat jika gerakannya cepat dan enerjik. Menari juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
·          Usai berlatih menari, siswa melihat beberapa gambar yang terdapat di buku siswa.
·          Siswa bertanya jawab dengan guru tentang sebuah gambar, bahwa gambar adalah sebuah hasil karya seni yang patut dihargai. Tidak semua orang bisa membuat gambar yang bagus. Ketika ada gambar bagus, maka siswa harus menghargainya.
·          Kemudian siswa mengamati gambar yang terdapat di dalam buku siswa.
·          Guru menyampaikan, apa yang bisa dilakukan agar gambar tersebut menjadi sebuah karya yang indah.
·          Siswa mengemukakan pendapat hal yang mungkin bisa dilakukan agar gambar menjadi indah.
·          Siswa memperindah gambar dengan mewarnai dan menambahkan hiasan sehingga menghasilkan satu karya seni yang indah.
90 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa dibimbing untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini.
·          Guru menutup pelajaran dengan mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberi semangat siswa agar berkreasi lebih bagus lagi di waktu yang akan datang.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
10 menit





F.        Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.       Krayon, pensil warna.
d.      Gambar tarian daerah (ada pada buku siswa).

G.      Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Penilaian Tes




Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 18 September 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106
Guru Kelas I


Juwariyah
NIP. 195809231977012004












Dosen Pembimbing


…………………………….
NIP. …………………

Mengetahui,


Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003



LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi
2.    Media pembelajaran
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS) + kunci
4.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal menjodohkan
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan

No comments:

Post a Comment