RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema
: Bermain di Lingkunganku
Subtema : Bermain di
Rumah Teman
(Pembelajaran 5)
(Pembelajaran 5)
Waktu :
3 jp ( 3 x 35 menit)
1.3
Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati
dan mencoba [mendengar, melihat,
membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara
kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
2.3
Kompetensi Dasar
·
PJOK
3.3 Mengetahui
konsep variasi pola gerak dasar manipulatif dalam bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional.
4.3
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif
yang dilandasi konsep gerak,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional.
·
Bahasa Indonesia
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi
sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
·
PPKn
3.4
Memahami arti bersatu dalam
keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4
Bermain peran tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
3.3
Indikator
·
PJOK
-
Mengidentifikasi gerak manipulasi berdasarkan permainan yang dilakukan.
-
Melakukan berbagai gerakan manipulatif berdasarkan permainan yang dilakukan.
-
Melakukan permainan dengan topik
tertentu
·
Bahasa
Indonesia
-
Menyebutkan
urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu.
-
Membacakan
cerita narasi yang telah ditulis dengann lafal dan intonasi yang jelas.
-
Melengkapi cerita rumpang berkaitan dengan
permainan tertentu
-
menuliskan kembali cara bermain
permainan tertentu
·
PPKn
-
Menyebutkan
bentuk–bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi.
-
Bekerjasama
dalam melaksanakan kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran
dan sifat (karakter).
4.3
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·
Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
urutan permainan benteng-bentengan dengan cermat.
·
Dengan mengamati gambar Tiur beserta
teman-temannya, siswa dapat mengidentifikasi gerak manipulasi berdasarkan permainan
yang dilakukan dengan percaya diri.
·
Dengan mengisi tabel tentang permainan kegemaran
saudara dan teman, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman
dalam keragaman kegemaran/ hobi.
Afektiif
·
Dengan melakukan permainan, siswa dapat bekerja
sama dalam melaksanakan kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin,
kegemaran dan sifat (karakter) secara bertanggung jawab.
·
Dengan berdiskusi dengan teman sebangku, siswa
dapat melengkapi cerita rumpang berkaitan dengan permainan benteng-bentengan
dengan cermat.
Psikomotor
·
Dengan penugasan guru, siswa dapat
menuliskan kembali cara bermain benteng-bentengan dengan cermat.
·
Dengan menulis cerita, siswa dapat membacakan
cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan
percaya diri.
·
Dengan melakukan permainan, siswa dapat
melakukan berbagai gerakan manipulatif berdasarkan permainan yang dilakukan
dengan percaya diri.
·
Dengan mempelajari peraturan permainan
benteng-bentengan, siswa dapat melakukan permainan benteng-bentengan dengan
bertanggung jawab.
5.3
Materi Ajar
Permainan Benteng-Bentengan
(Pengembangan materi terlampir)
6.3
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific
Model :
Tematik Terpadu
Strategi :
Ekspositoris
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan Ceramah
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka pelajaran dengan mengkondisikan
fisik dan psikis siswa yang lelah setelah senam.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
5 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Guru memberi arahan kepada siswa untuk
melakukan kegiatan dengan cermat.
·
Siswa mengamati gambar Tiur beserta
teman-temannya melakukan berbagai gerakan (mengamati).
·
Siswa mengidentifikasi berbagai gerak manipulative
berdasarkan gerakan dalam permainan yang dilakukan Tiur beserta
teman-temannya (mengumpulkan informasi).
·
Siswa melakukan berbagai gerakan manipulative berdasarkan
gerakan dalam permainan yang dilakukan oleh Tiur beserta teman-temannya (mengomunikasikan).
Menulis
·
Guru mendorong siswa untuk melakukan kegiatan
dengan cermat.
·
Siswa mengamati kembali gambar permainan
benteng-bentengan pada pembelajaran 4 (mengamati).
·
Siswa bertanya tentang permainan
benteng-bentengan dengan percaya diri (menanya).
·
Siswa menjawab pertanyaan tentang urutan
permainan benteng-bentengan dengan cermat (mengasosiasi).
·
Siswa menyebutkan urutan permainan
benteng-bentengan (mengasosiasi)
·
Siswa ditugaskan guru menuliskan kembali cara
bermain benteng-bentengan (mengomunikasikan).
Membaca
·
Guru mendorong siswa untuk melakukan kegiatan
dengan percaya diri.
·
Siswa membacakan cerita narasi yang telah
ditulisnya di depan kelas dengan lafal dan intonasi yang jelas (mengomunikasikan).
Beraktivitas
·
Guru memberi arahan kepada siswa untuk dapat
bermain benteng-bentengan dengan bertanggung jawab.
·
Siswa mendengarkan guru menyampaikan cara
bermain permainan benteng-bentengan (mengamati).
·
Siswa melakukan permainan benteng-bentengan
sesuai peraturan permainan (mengasosiasi).
·
Siswa melengkapi cerita rumpang berkaitan
dengan permainan benteng-bentengan (mengasosiasi).
·
Siswa menyampaikan jawaban dari cerita rumpang
yang telah dilengkapi (mengomunikasikan).
·
Siswa bertanya tentang permainan kegemaran
temannya (menanya).
·
Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan
temannya (mengasosiasi).
·
Siswa mengisi tabel tentang permainan
kegemaran saudara dan teman (mengumpulkan informasi).
·
Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi (mengomunikasikan).
|
90 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan
pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·
Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·
Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan
melibatkan kerjasama dari orang tua.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
10 menit
|
7.3
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 2 dan Buku Siswa
Tema 2 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Gambar berbagai gerakan manipulatif.
d.
Lembaran menulis siswa
8.3
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Uraian tertutup
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
14 September 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
…………………………….
NIP. ……………………….
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi
2.
Media pembelajaran
3.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal,
melengkapi kalimat, dan mengisi tabel
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan.
T-Shirt | T-Shirt - Titanium Arts
ReplyDeleteT-Shirt by T-Shirt T-Shirt. titanium mig 170 T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. titanium mug T-Shirt. nano titanium by babyliss pro 2016 ford fusion energi titanium T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. titanium flashlight T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt.