Monday, November 17, 2014

Contoh RPP Kelas 2 (2,2,5) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester         : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema                           : Bermain di Lingkunganku
Subtema                                 : Bermain di Rumah Teman
   (Pembelajaran 5)
Waktu                         : 3 jp ( 3 x 35 menit)

1.3         Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

2.3         Kompetensi Dasar
·         PJOK
3.3      Mengetahui konsep variasi pola gerak dasar manipulatif dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3  Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
·         Bahasa Indonesia
3.2           Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2           Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
·         PPKn
3.4      Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4           Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

3.3         Indikator
·         PJOK
-          Mengidentifikasi gerak manipulasi berdasarkan permainan yang dilakukan.
-          Melakukan berbagai gerakan manipulatif berdasarkan permainan yang dilakukan.
-          Melakukan permainan dengan topik tertentu
·         Bahasa Indonesia
-          Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu.
-          Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengann lafal dan intonasi yang jelas.
-          Melengkapi cerita rumpang berkaitan dengan permainan tertentu
-          menuliskan kembali cara bermain permainan tertentu

·         PPKn
-          Menyebutkan bentuk–bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi.
-          Bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter).

4.3         Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·         Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan urutan permainan benteng-bentengan dengan cermat.
·         Dengan mengamati gambar Tiur beserta teman-temannya, siswa dapat mengidentifikasi gerak manipulasi berdasarkan permainan yang dilakukan dengan percaya diri.
·         Dengan mengisi tabel tentang permainan kegemaran saudara dan teman, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi.
Afektiif
·         Dengan melakukan permainan, siswa dapat bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan bersama teman yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) secara bertanggung jawab.
·         Dengan berdiskusi dengan teman sebangku, siswa dapat melengkapi cerita rumpang berkaitan dengan permainan benteng-bentengan dengan cermat.
Psikomotor
·        Dengan penugasan guru, siswa dapat menuliskan kembali cara bermain benteng-bentengan dengan cermat.
·         Dengan menulis cerita, siswa dapat membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan percaya diri.
·           Dengan melakukan permainan, siswa dapat melakukan berbagai gerakan manipulatif berdasarkan permainan yang dilakukan dengan percaya diri.
·           Dengan mempelajari peraturan permainan benteng-bentengan, siswa dapat melakukan permainan benteng-bentengan dengan bertanggung jawab.

5.3         Materi Ajar
Permainan Benteng-Bentengan
(Pengembangan materi terlampir)

6.3         Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Scientific
     Model                     : Tematik Terpadu
     Strategi                   : Ekspositoris
   Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan Ceramah

Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan mengkondisikan fisik dan psikis siswa yang lelah setelah senam.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
5 menit
Inti
Mengamati
·          Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
·          Siswa mengamati gambar Tiur beserta teman-temannya melakukan berbagai gerakan (mengamati).
·          Siswa mengidentifikasi berbagai gerak manipulative berdasarkan gerakan dalam permainan yang dilakukan Tiur beserta teman-temannya (mengumpulkan informasi).
·          Siswa melakukan berbagai gerakan manipulative berdasarkan gerakan dalam permainan yang dilakukan oleh Tiur beserta teman-temannya (mengomunikasikan).
Menulis
·          Guru mendorong siswa untuk melakukan kegiatan dengan cermat.
·          Siswa mengamati kembali gambar permainan benteng-bentengan pada pembelajaran 4 (mengamati).
·          Siswa bertanya tentang permainan benteng-bentengan dengan percaya diri (menanya).
·          Siswa menjawab pertanyaan tentang urutan permainan benteng-bentengan dengan cermat (mengasosiasi).
·          Siswa menyebutkan urutan permainan benteng-bentengan (mengasosiasi)
·          Siswa ditugaskan guru menuliskan kembali cara bermain benteng-bentengan (mengomunikasikan).
Membaca
·          Guru mendorong siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri.
·          Siswa membacakan cerita narasi yang telah ditulisnya di depan kelas dengan lafal dan intonasi yang jelas (mengomunikasikan).
Beraktivitas
·          Guru memberi arahan kepada siswa untuk dapat bermain benteng-bentengan dengan bertanggung jawab.
·          Siswa mendengarkan guru menyampaikan cara bermain permainan benteng-bentengan (mengamati).
·          Siswa melakukan permainan benteng-bentengan sesuai peraturan permainan (mengasosiasi).
·          Siswa melengkapi cerita rumpang berkaitan dengan permainan benteng-bentengan (mengasosiasi).
·          Siswa menyampaikan jawaban dari cerita rumpang yang telah dilengkapi (mengomunikasikan).
·          Siswa bertanya tentang permainan kegemaran temannya (menanya).
·          Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan temannya (mengasosiasi).
·          Siswa mengisi tabel tentang permainan kegemaran saudara dan teman (mengumpulkan informasi).
·          Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan bersama teman dalam keragaman kegemaran/ hobi (mengomunikasikan).
90 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
10 menit

7.3              Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.       Gambar berbagai gerakan manipulatif.
d.      Lembaran menulis siswa

8.3    Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir).


  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Uraian tertutup



Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 14 September 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106
Guru Kelas III


Afida Setiati, S.P.











Dosen Pembimbing


…………………………….
NIP. ……………………….

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003







LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi
2.    Media pembelajaran
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal, melengkapi kalimat, dan  mengisi tabel
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan.

1 comment:

  1. T-Shirt | T-Shirt - Titanium Arts
    T-Shirt by T-Shirt T-Shirt. titanium mig 170 T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. titanium mug T-Shirt. nano titanium by babyliss pro 2016 ford fusion energi titanium T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. titanium flashlight T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt.

    ReplyDelete