Sunday, November 23, 2014

Contoh RPP Kelas 5 (4,1,4) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N Setono No.95
Kelas / Semester         : 5 (lima) / 1 (satu)
Tema                           : Sehat Itu Penting
Subtema                      : Pentingnya Kesehatan Diri dan
  Lingkungan (Pembelajaran 4)
Waktu                         : 1 hari ( 7 x 35 menit)
A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
·         PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
1.2.1 Menunjukkan rasa syukur terhadap keberagaman wilayah di Indonesia
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
2.4.1 Menunjukkan sikap kritis terhadap berbagai bencana di Indonesia
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah
3.2.1 Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2 Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap orang tua dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
·         Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan dan lingkungan alam terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
1.2.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam mensyukuri nikmat Tuhan berupa wilayah yang aman dari bencana
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.1.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap lingkungan rumah
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Menceritakan kembali isi teks bacaan.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menulis cara mengatasi bencana alam berupa air demi kesehatan diri dan lingkungan
·         Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam melakukan pengamatan peta
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
2.2.1 Menunjukkan sikap kritis dalam menanggapi perbedaan hasil pengamatan peta
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
3.5.1 Menentukan letak benda atau tempat dari denah atau peta.
4.8 Menggambarkan denah sederhana menggunakan skala,mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
4.8.1 Menggambar denah
·         IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
1.1.1 Mengucap syukur atas nikmat waktu yang diberikan Tuhan YME
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotong royong, tanggung jawab dalam berpartisipasi penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup.
2.3.1 Menunjukkan kepedulian terhadap bencana alam di Indonesia
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
3.3.1 Mengidentifikasi gejala alam yang sering terjadi yang berkaitan dengan kondisi geografis setempat.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3.1 Menyimpulkan cara mengatasi gejala alam yang berkaitan dengan kondisi geografis setempat.
4.3.2 Mengidentifikasi perilaku-perilaku dalam menjaga lingkungan geografis setempat.
C.       Tujuan Pembelajaran
Afektif
1.2.1 Melalaui tanya jawab, siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap keberagaman wilayah di Indonesia dengan baik.
2.4.1 Melalui diskusi, siswa mampu menunjukkan sikap kritis terhadap berbagai bencana di Indonesia dengan baik.
1.2.1 Melalui bercerita, siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam mensyukuri nikmat Tuhan berupa wilayah yang aman dari bencana dengan baik.
2.1.1 Melalui menulis, siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap lingkungan rumah dengan baik.
1.1.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan sikap jujur dalam melakukan pengamatan peta dengan baik
2.2.1 Melalui diskusi, siswa mampu menunjukkan sikap kritis dalam menanggapi perbedaan hasil pengamatan peta dengan baik.
1.1.1 Melalui tanya jawab, siswa mampu mengucap syukur atas nikmat waktu yang diberikan Tuhan YME.
2.3.1 Melalui studi pustaka, siswa mampu menunjukkan kepedulian terhadap bencana alam di Indonesia.
Kognitif
3.2.1 Melalui tanya jawab, siswa mampu menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
3.2.2 Melalui tanya jawab, siswa mampu menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
3.2.1 Melalui studi pustaka, siswa mampu menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lancar.
3.5.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menentukan letak benda atau tempat dari denah atau peta dengan benar.
3.3.1 Melalui studi pustaka, siswa mampu mengidentifikasi gejala alam yang sering terjadi yang berkaitan dengan kondisi geografis setempat dengan tepat.
Psikomotor
4.2.1 Melalui penilaian diri, siswa mampu berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap orang tua dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan baik.
4.2.1 Melalui diskusi, siswa mampu menulis cara mengatasi bencana alam berupa air demi kesehatan diri dan lingkungan dengan benar.
4.8.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menggambar denah dengan benar.
4.3.1 Melalui tanya jawab, siswa mampu menyimpulkan cara mengatasi gejala alam yang berkaitan dengan kondisi geografis setempat dengan baik.
4.3.2 Melalui diskusi, siswa mampu mengidentifikasi perilaku-perilaku dalam menjaga lingkungan geografis setempat dengan cermat.

D.     Materi Ajar
-          Hak dan kewajiban di rumah
-          Menceritakan kembali dan menulis eksposisi
-          Membaca dan menggambar peta
-          Mengenal gejala alam dan menjaga lingkungan
(Pengembangan materi terlampir)

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Scientific
     Model                     : Tematik Terpadu
   Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Pengamatan, Diskusi,  Presentasi, dan Ceramah



F.     Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Siswa berdoa dan mengucap salam.
·           Guru menjawab salam dan mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pembelajaran dengan mengajak siswa mensyukuri nikmat Tuhan. (apersepsi)
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. (orientasi)
·           Guru memotivasi siswa dengan mengajak menyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”. (motivasi)
10 menit
Inti
·          Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan pancingan. Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
·          Siswa kemudian mengamati peta Provinsi Jawa Tengah. Siswa mengamati tempat/daerah-daerah yang ada dipeta Jawa Tengah berdasarkan titik koordinatnya. (mengamati)
·          Setelah pengamatan, siswa menentukan 10 kabupaten pada peta Jawa Tengah dengan menentukan garis bujur dan garis lintangnya. (mencoba)
·          Siswa mengerjakan latihan secara mandiri. (menanya)
·          Guru memfasilitasi kegiatan dengan menjelaskan garis bujur dan  garis lintang.
·          Guru selanjutnya mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi dengan membentuk kelompok diskusi. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 anak.
·          Siswa mengeksplorasi berbagai sumber mengenai bencana yang disebabkan perilaku manusia. (mengamati)
·          Siswa membuat laporan hasil pengamatan. (menalar)
·          Siswa mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok. (mengkomunikasikan)
·          Sswa kembali secara mandiri mengamati gambar secara cermat dan mengidentifikasi peristiwa yang tampak pada gambar di buku siswa. (mengamati)
·          Sebagai kegiatan alternatif, guru membimbing siswa melakukan kegiatan studi pustaka dengan mencari gambar dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai bencana banjir. (mencoba)
·          Siswa kemudian menandai pernyataan-pernyataan yang ada di buku siswa sesuai dengan sikap dan perilakunya masing-masing. (menalar)
·          Guru membangun suasana akrab dan mengapresiasi semua jawaban siswa sehingga muncul kejujuran dan rasa percaya diri pada siswa.
215 menit
Penutup
·          Guru membimbing siswa mengungkapkan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah diperoleh dari kegiatan pembelajaran. (mengkomunikasikan)
·          Siswa bersama dengan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·          Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi untuk selalu peduli terhadap lingkungan di sekitarnya.
·          Guru memberikan pekerjaan rumah sebagai bentuk kerjasama dengan orang tua.
·          Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
20 menit

G.    Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014)
c.       Peta Jawa Tengah
d.      Gambar bencana alam
e.       Buku, majalah, koran, dan artikel tentang banjir

H.   Penilaian
  1. Teknik Penilaian
a.       Sikap                     : Pengamatan sikap tanggung jawab, kritis,
  dan percaya diri
b.      Pengetahuan          : Tes tertulis dalam bentuk uraian tertutup
c.       Keterampilan         : Unjuk kerja selama proses pembelajaran
  1. Instrumen Penilaian
a.       Sikap                    : Panduan penilaian afektif
b.      Pengetahuan         : Lembar evaluasi, kunci jawaban, dan
  pedoman penskoran
c.       Keterampilan        : Rubrik unjuk kerja menentukan letak suatu tempat
  Rubrik diskusi tentang bencana






Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 11 Nopember 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106
Guru Kelas V


Suwarno, A.Ma.Pd. 
NIP. 195812131994071001












Dosen Pembimbing


…………………………….
NIP. ……………………….

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003




LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Media dan Lembar Kerja Siswa (LKS)
2.    Kisi-Kisi
3.    Instrumen Penilaian:
a. Soal evaluasi, kunci jawaban, dan pedoman penskoran
b. Lembar penilaian keterampilan
c. Lembar penilaian afektif

No comments:

Post a Comment