Sunday, November 23, 2014

Contoh RPP Kelas 2 (4,1,3) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N Setono No.95
Kelas / Semester         : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema                           : Aku dan Sekolahku
Subtema                                 : Tugas-Tugas Sekolahku
   (Pembelajaran 3)
Waktu                         : 1 hari ( 6 x 35 menit)

A.  Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
·         Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
      1.1.1 Menghormati guru dalam menjelaskan nilai tukar mata uang
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
      2.1.1 Menunjukkan sikap teliti dalam mengenali pecahan mata uang
3.4 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang
      3.4.1 Menyebutkan berbagai nilai pecahan uang
4.4 Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban
      4.4.1 Menunjukkan berbagai nilai pecahan uang
·         Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
       1.1.1 Menunjukkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2.1 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
      4.2.1 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis
·         SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
      1.1.1 Menunjukkan rasa gembira dalam memperagakan gerak sederhana
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
      2.1.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam menirukan gerakan bermain
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
3.3.1 mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempat gerak
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak
4.12.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat
C. Tujuan Pembelajaran
Afektif
1.1.1 Melalui ceramah, siswa mampu menghormati guru dalam menjelaskan nilai tukar mata uang dengan baik.
2.1.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menunjukkan sikap teliti dalam mengenali pecahan mata uang.
1.1.1 Melalui tanya jawab, siswa mampu menunjukkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia.
2.5.1 Melalui membaca, siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
1.1.1 Melalui bernyanyi, siswa mampu menunjukkan rasa gembira dalam memperagakan gerak sederhana.
2.1.1 Melalui bernyanyi, siswa mampu menunjukkan sikap percaya diri dalam menirukan gerakan bermain.
Kognitif
3.3.1 Melalui bernyanyi, siswa mampu mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempat gerak dengan benar.
3.4.1 Melalui latihan soal, siswa mampu menyebutkan berbagai nilai pecahan uang kemungkinan jawaban dengan benar.
3.2.1 Melaui penugasan, siswa mampu menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar dengan baik.
Psikomotor
4.4.1 Melalui tanya jawab, siswa mampu menunjukkan berbagai nilai pecahan uang dengan benar.
4.2.1 Melalui penugasan, siswa mampu membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan baik.
4.12.1 Melalui bernyanyi, siswa mampu menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat.

D.  Materi Ajar
-          Mengenal nilai pecahan mata uang
-          Mengenal cerita narasi
-          Gerak bertempo (Pengembangan materi terlampir)

E.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Scientific
     Model                     : Tematik Terpadu
   Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Pengamatan gambar, dan Ceramah
F.  Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Siswa berdoa dan mengucap salam.
·           Guru menjawab salam dan mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pembelajaran dengan menanyakan tentang uang saku siswa. (apersepsi)
·           Berdasarkan tanggapan siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran. (orientasi)
·           Guru memotivasi siswa dengan mengajak bernyanyi lagu “Disini Senang Disana Senang”. (motivasi)
10 menit
Inti
·          Siswa mengamati gambar tentang kegiatan Dayu dan temannya dalam bernyanyi sambil bermain dengan teliti. (mengamati)
·          Siswa menyebutkan hal-hal pokok dari gambar yang diamati. (mengasosiasikan)
·          Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan tentang gambar dengan percaya diri. (menanya)
·          Siswa diberikan kesempatan untuk saling menukarkan jawaban yang telah dibuat dengan teman di sampingnya. (mengkomunikasikan)
·          Siswa mengamati gambar berbagai kegiatan tentang gerak anggota tubuh (memegang kepala, pundak, lutut, dan kaki). (mengamati)
·          Siswa menirukan gerakan bermain sambil bernyanyi sesuai gambar. (mengumpulkan informasi)
·          Siswa membaca lancar teks tentang “Tugasku Hari Ini” dengan percaya diri. (mengamati)
·          Siswa menceritakan kembali sesuai dengan isi teks yang telah dibaca. (mengkomunikasikan)
·          Siswa diajak untuk mengenal berbagai pecahan uang sampai Rp5.000. (mengasosiasikan)
·          Siswa mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan pecahan uang sampai Rp5.000. (mengasosiasikan)
·          Siswa memeriksa kebenaran jawaban yang telah dibuat dan saling melengkapi dengan siswa yang lain. (mengasosiasikan)
·          Guru memberikan bimbingan dan pengarahan terhadap siswa yang mengalami kesulitan.
180 menit
Penutup
·          Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri melalui bimbingan guru. (mengkomunikasikan)
·          Siswa menyampaikan kesan terhadap pembelajaran yang telah diikuti.
·          Guru memberikan penghargaan dan penguatan terhadap prestasi belajar yang dicapai siswa.
·          Guru memberikan nasihat bijak untuk bersikap hemat dalam menggunakan uang.
·          Guru menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa.
20 menit

G.                Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
c.       Gambar siswa menyanyi sambil menggerakkan anggota tubuh
d.      Berbagai pecahan uang
e.       Berbagai gambar pecahan uang
f.       Teks narasi tentang “Tugasku Hari Ini”

H.      Penilaian
  1. Teknik Penilaian
a.       Penilain Sikap                   : Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian Pengetahuan      : Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja                       : Kemampuan bercerita, membaca lancar, dan menirukan gerakan bermain
  1. Instrumen Penilaian
a.       Sikap                    : Panduan penilaian afektif
b.      Pengetahuan        
Tes tertulis            : Daftar periksa dan pedoman penskoran
1) Penilaian mengajukan pertanyaan
2) Penilaian menentukan berbagai pecahan uang
     Banyak soal     : 5
c.       Keterampilan
Unjuk kerja          : rubrik unjuk kerja
1) Penilaian kemampuan membaca teks “Tugasku Hari Ini”

2) Penilaian menirukan gerakan bermain

1 comment:

  1. Did you know there's a 12 word sentence you can speak to your partner... that will trigger deep feelings of love and impulsive attraction to you buried inside his chest?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, please and look after you with his entire heart...

    12 Words Who Fuel A Man's Love Instinct

    This instinct is so hardwired into a man's brain that it will make him work harder than before to make your relationship the best part of both of your lives.

    Matter-of-fact, triggering this all-powerful instinct is absolutely mandatory to getting the best possible relationship with your man that as soon as you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will immediately find him open his heart and soul to you in such a way he haven't experienced before and he will identify you as the only woman in the galaxy who has ever truly tempted him.

    ReplyDelete