RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N Setono No.95
Kelas / Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema
: Aku dan Sekolahku
Subtema : Tugas-Tugas
Sekolahku
(Pembelajaran 3)
(Pembelajaran 3)
Waktu :
1 hari ( 6 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati
dan mencoba [mendengar, melihat,
membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara
kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
·
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
1.1.1 Menghormati guru dalam menjelaskan nilai tukar mata uang
2.1 Menunjukkan sikap cermat
dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.1.1 Menunjukkan sikap teliti dalam mengenali pecahan mata
uang
3.4 Mengenal nilai tukar
antar pecahan uang
3.4.1 Menyebutkan berbagai nilai pecahan uang
4.4 Mendemostrasikan berbagai
penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.4.1 Menunjukkan berbagai nilai pecahan uang
·
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.1.1 Menunjukkan rasa
bangga terhadap bahasa Indonesia
2.5 Memiliki perilaku santun
dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5.1 Menggunakan bahasa
Indonesia dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
3.2 Mengenal teks cerita
narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2.1 Menceritakan berbagai
jenis kegiatan di lingkungan sekitar
4.2 Memperagakan teks cerita
narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Membacakan cerita narasi yang telah
ditulis
·
SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam
dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
1.1.1 Menunjukkan rasa gembira dalam memperagakan gerak
sederhana
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
2.1.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam menirukan gerakan
bermain
3.3 Memahami gerak
sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
3.3.1 mengelompokkan berbagai
gerak dengan memperhatikan tempat gerak
4.12 Menirukan gerak bermain,
berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan
tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak
4.12.1 Menirukan gerakan bermain
melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat
C. Tujuan Pembelajaran
Afektif
1.1.1 Melalui ceramah, siswa
mampu menghormati guru dalam menjelaskan nilai tukar mata uang dengan baik.
2.1.1 Melalui pengamatan,
siswa mampu menunjukkan sikap teliti dalam mengenali pecahan mata uang.
1.1.1 Melalui tanya jawab,
siswa mampu menunjukkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia.
2.5.1 Melalui membaca, siswa
mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
1.1.1 Melalui bernyanyi, siswa
mampu menunjukkan rasa gembira dalam memperagakan gerak sederhana.
2.1.1 Melalui bernyanyi, siswa
mampu menunjukkan sikap percaya diri dalam menirukan gerakan bermain.
Kognitif
3.3.1 Melalui bernyanyi, siswa
mampu mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempat gerak dengan
benar.
3.4.1 Melalui latihan soal,
siswa mampu menyebutkan berbagai nilai pecahan uang kemungkinan jawaban dengan
benar.
3.2.1 Melaui penugasan, siswa
mampu menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar dengan baik.
Psikomotor
4.4.1 Melalui tanya jawab,
siswa mampu menunjukkan berbagai nilai pecahan uang dengan benar.
4.2.1
Melalui
penugasan, siswa mampu membacakan
cerita narasi yang telah ditulis dengan baik.
4.12.1 Melalui bernyanyi,
siswa mampu menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan
menggunakan tempo lambat.
D. Materi Ajar
-
Mengenal nilai pecahan mata uang
-
Mengenal cerita narasi
-
Gerak bertempo (Pengembangan materi terlampir)
E. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific
Model :
Tematik Terpadu
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Pengamatan gambar, dan Ceramah
F. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Siswa berdoa dan mengucap salam.
·
Guru menjawab salam dan mengecek
kehadiran siswa.
·
Guru membuka pembelajaran dengan
menanyakan tentang uang saku siswa. (apersepsi)
·
Berdasarkan tanggapan siswa, guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. (orientasi)
·
Guru memotivasi siswa dengan
mengajak bernyanyi lagu “Disini Senang Disana Senang”. (motivasi)
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa
mengamati gambar tentang kegiatan Dayu dan temannya dalam bernyanyi sambil
bermain dengan teliti. (mengamati)
·
Siswa
menyebutkan hal-hal pokok dari gambar yang diamati. (mengasosiasikan)
·
Siswa
diarahkan mengajukan pertanyaan tentang gambar dengan percaya diri. (menanya)
·
Siswa
diberikan kesempatan untuk saling menukarkan jawaban yang telah dibuat dengan
teman di sampingnya. (mengkomunikasikan)
·
Siswa
mengamati gambar berbagai kegiatan tentang gerak anggota tubuh (memegang
kepala, pundak, lutut, dan kaki). (mengamati)
·
Siswa
menirukan gerakan bermain sambil bernyanyi sesuai gambar. (mengumpulkan informasi)
·
Siswa
membaca lancar teks tentang “Tugasku Hari Ini” dengan percaya diri.
(mengamati)
·
Siswa
menceritakan kembali sesuai dengan isi teks yang telah dibaca.
(mengkomunikasikan)
·
Siswa
diajak untuk mengenal berbagai pecahan uang sampai Rp5.000. (mengasosiasikan)
·
Siswa
mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan pecahan uang sampai Rp5.000.
(mengasosiasikan)
·
Siswa
memeriksa kebenaran jawaban yang telah dibuat dan saling melengkapi dengan
siswa yang lain. (mengasosiasikan)
·
Guru
memberikan bimbingan dan pengarahan terhadap siswa yang mengalami
kesulitan.
|
180 menit
|
Penutup
|
·
Siswa menyimpulkan pembelajaran
dengan bahasa sendiri melalui bimbingan guru. (mengkomunikasikan)
·
Siswa menyampaikan kesan terhadap
pembelajaran yang telah diikuti.
·
Guru memberikan penghargaan dan
penguatan terhadap prestasi belajar yang dicapai siswa.
·
Guru memberikan nasihat bijak untuk
bersikap hemat dalam menggunakan uang.
·
Guru menutup pembelajaran dengan
salam dan berdoa.
|
20 menit
|
G.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 2 dan Buku Siswa
Tema 4 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
c.
Gambar siswa menyanyi sambil menggerakkan
anggota tubuh
d.
Berbagai pecahan uang
e.
Berbagai gambar pecahan uang
f.
Teks narasi tentang “Tugasku Hari Ini”
H.
Penilaian
- Teknik Penilaian
a. Penilain Sikap : Percaya
diri dan teliti
b. Penilaian Pengetahuan : Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja : Kemampuan bercerita, membaca lancar, dan
menirukan gerakan bermain
- Instrumen Penilaian
a.
Sikap :
Panduan penilaian afektif
b.
Pengetahuan
Tes tertulis : Daftar periksa dan pedoman
penskoran
1) Penilaian
mengajukan pertanyaan
2) Penilaian
menentukan berbagai pecahan uang
Banyak soal :
5
c.
Keterampilan
Unjuk kerja : rubrik unjuk kerja
1) Penilaian
kemampuan membaca teks “Tugasku Hari Ini”
2) Penilaian
menirukan gerakan bermain
Did you know there's a 12 word sentence you can speak to your partner... that will trigger deep feelings of love and impulsive attraction to you buried inside his chest?
ReplyDeleteThat's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, please and look after you with his entire heart...
12 Words Who Fuel A Man's Love Instinct
This instinct is so hardwired into a man's brain that it will make him work harder than before to make your relationship the best part of both of your lives.
Matter-of-fact, triggering this all-powerful instinct is absolutely mandatory to getting the best possible relationship with your man that as soon as you send your man a "Secret Signal"...
...You will immediately find him open his heart and soul to you in such a way he haven't experienced before and he will identify you as the only woman in the galaxy who has ever truly tempted him.