Sunday, November 23, 2014

Contoh RPP Kelas 5 (3,1,6) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester         : 5 (lima) / 1 (satu)
Tema                           : Kerukunan dalam Bermasyarakat
Subtema                                 : Hidup Rukun
  (Pembelajaran 6)
Waktu                         : 1 hari ( 6 x 35 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      Kompetensi Dasar
·         IPS
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan  politik
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat
Indonesia
4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia
·         Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia
yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·         PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara
adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial,
ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari
sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
·         SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
4.6 Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok dengan iringan vokal lagu anak-anak dua suara.

C.     Indikator
·         IPS
1.3.1 Menunjukkan rasa bangga terhadap budaya daerah yang ada di Indonesia
2.2.1 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu dan antusias dalam memahami budaya daerah yang ada di Indonesia
3.4.1 Mengenal bentuk, fungsi, dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat
4.4.1 Membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial,ekonomi, dan budaya.
·         Bahasa Indonesia
1.1.1 Menunjukkan rasa bangga menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
2.2.1 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menunjukkan sikap peduli dan rasa ingin tahu terhadap rangkaian listrik dan perubahannya
3.3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur dalam iklan
4.3.1 Menyajikan iklan ekspor impor yang telah dibuat

·         PPKn
1.1.1 Menunjukkan rasa kagum terhadap budaya daerah lain di Indonesia
2.2.1 Menunjukkan sikap tangung jawab dan kerjasama dalam kegiatan berkelompok
3.4.1 Mengelompokkan contoh dan bukan contoh tentang perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di masyarakat.
4.4.1 Memeragakan aktivitas warga masyarakat yang mencerminkan penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
·         SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur atas keanekaragaman lagu daerah yang dimilikinya
2.1.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam menampilkan hasil karyanya
3.2.1 Memahami harmoni musik
4.6.1 Bermain alat musik ritmis secara berkelompok
4.6.2 Menyanyikan lagu anak-anak dua suara secara kelompok

D.     Materi Ajar
-          Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
-          Mengidentifikasi artikel
-          Pelestarian budaya
-          Menyanyikan lagu dengan 2 notasi
-          Alat musik ritmis
(Pengembangan materi terlampir)

E.     Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu nasional “Satu Nusa Satu Bangsa”.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
·          Di awal pembelajaran, siswa mengumpulkan iklan-iklan dari berbagai sumber: majalah, surat kabar, atau internet. Alternatif: guru menyediakan contoh-contoh iklan.
·          Siswa memperhatikan iklan-iklan yang telah terkumpul atau disajikan oleh guru.
·          Siswa menjelaskan kembali pemahamannnya tentang iklan. Untuk kegiatan ini guru dapat menunjuk beberapa siswa secara acak. Selanjutnya, siswa lain yang tidak ditunjuk dapat melengkapi.
·          Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pancingan untuk menstimulus pengetahuan siswa. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukanmisalnya: Apa yang dimaksud dengan iklan? Unsur-unsur apa saja yang terdapat di dalam iklan? Mengapa iklan harus dibuat menarik?
·          Siswa menceritakan pendapatnya tentang iklan-iklan yang disajikan.
·          Siswa bertanya jawab mengenai kekayaan budaya Indonesia, misalnya tarian, adat istiadat, dan musik tradisional.
·          Siswa mengingat kembali berita yang termuat dalam pembelajaran 4 tentang pertunjukan Tari Saman. Dalam berita tersebut dijelaskan mengenai kekompakan para penari saat mempertunjukkan Tari Saman.
·          Siswa menulis pendapatnya tersebut dalam lembar tugas yang disediakan pada buku siswa.
·          Siswa diingatkan untuk menulis menggunakan kalimat yang benar dan bahasa baku. (Kegiatan Mengamati)
·          Siswa menuliskan informasi yang didapat dengan cermat.
·          Siswa membuat artikel tentang hasil pengamatan yang telah dilakukan.
·          Siswa menyiapkan hasil karya berupa iklan yang telah dibuat secara berkelompok pada pembelajaran 5.
·          Secara bergantian setiap kelompok menyajikan iklan yang telah dibuat.
·          Saat menyajikan hasil karya, siswa menjelaskan unsur-unsur yang terdapat pada iklan yang dibuat dan daya tarik iklan tersebut.
·          Secara bergantian siswa lain diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat, bertanya, atau memberi masukan tentang iklan yang sedang disajikan.
·          Saat bertanya dan memberikan masukan, siswa menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. (Kegiatan Menanya)
·          Ketika suatu kelompok selesai menyajikan hasil karyanya, seluruh siswa memberi tepuk tangan.
·          Siswa menyanyikan bersama-sama lagu “Bermain Bola” yang telah dipelajari pada pembelajaran 5.
·          Siswa memperhatikan notasi lagu “Bermain Bola” pada buku siswa yang ditulis untuk dua suara.
·          Siswa belajar menyanyikan dengan benar lagu “Bermain Bola” untuk notasi suara satu. Guru dapat memberikan contoh sebelumnya, kemudian siswa menirukan.
·          Siswa belajar menyanyikan dengan benar lagu “Bermain Bola” untuk notasi suara dua. Guru dapat memberikan contoh sebelumnya, kemudian siswa menirukan.
·          Siswa dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok bertugas menyanyikan notasi suara satu. Kelompok lain bertugas menyanyikan notasi suara dua.
·          Secara bergantian setiap kelompok menyanyikan hingga benar lagu “Bermain Bola”.
·          Dua kelompok siswa bersama-sama menyanyikan dengan benar lagu “Bermain Bola” dalam dua suara. (Kegiatan Mencoba)
180 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
20 menit

F.     Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.       Buku, teks bacaan tentang pelesatrian budaya
d.      Teori tinggi rendah dan panjang pendek nada
e.       Alat musik ritmis sederhana yang ada di lingkungan sekitar

G.   Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Uraian tertutup


Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 20 Oktober 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106
Guru Kelas V


Suwarno, A.Ma.Pd. 
NIP. 195812131994071001












Dosen Pembimbing


…………………………….
NIP. ……………………….

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003


LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi dan media
2.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian
c. Observasi dalam bentuk panduan penilaian

No comments:

Post a Comment