RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Tema
: Kerukunan dalam Bermasyarakat
Subtema : Hidup Rukun
(Pembelajaran 6)
(Pembelajaran 6)
Waktu :
1 hari ( 6 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
·
IPS
1.3 Menghargai karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan
lembaga sosial, budaya, ekonomi dan
politik
3.4 Memahami manusia
Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan
sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat
Indonesia
4.4 Menceritakan secara
tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait
dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam
masyarakat Indonesia
·
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia
yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kepedulian dan
rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan
perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks
paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan teks paparan
iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·
PPKn
1.1 Menghargai semangat
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara
adat, sosial, dan ekonomi
dalam kehidupan bermasyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku
sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial,
ekonomi, budaya, hukum
sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari
sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di
rumah, sekolah dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di
rumah, sekolah dan masyarakat
·
SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal harmoni musik
dan lagu daerah.
4.6 Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok
dengan iringan vokal lagu anak-anak dua suara.
C. Indikator
·
IPS
1.3.1 Menunjukkan rasa bangga
terhadap budaya daerah yang ada di Indonesia
2.2.1 Menunjukkan perilaku
rasa ingin tahu dan antusias dalam memahami budaya daerah yang ada di Indonesia
3.4.1 Mengenal bentuk,
fungsi, dan peran lembaga budaya yang ada di masyarakat
4.4.1 Membuat artikel sederhana
mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan
perannya di lembaga sosial,ekonomi, dan budaya.
·
Bahasa
Indonesia
1.1.1 Menunjukkan rasa bangga
menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
2.2.1 Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar dalam menunjukkan sikap peduli dan rasa ingin
tahu terhadap rangkaian listrik dan perubahannya
3.3.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur dalam iklan
4.3.1 Menyajikan iklan ekspor
impor yang telah dibuat
·
PPKn
1.1.1 Menunjukkan rasa kagum terhadap budaya daerah
lain di Indonesia
2.2.1 Menunjukkan sikap tangung jawab dan kerjasama
dalam kegiatan berkelompok
3.4.1 Mengelompokkan contoh dan bukan contoh tentang
perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di masyarakat.
4.4.1 Memeragakan aktivitas warga masyarakat yang
mencerminkan penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
·
SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur
atas keanekaragaman lagu daerah yang dimilikinya
2.1.1 Menunjukkan sikap percaya
diri dalam menampilkan hasil karyanya
3.2.1 Memahami harmoni musik
4.6.1 Bermain alat musik ritmis
secara berkelompok
4.6.2 Menyanyikan lagu
anak-anak dua suara secara kelompok
D. Materi Ajar
-
Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
-
Mengidentifikasi artikel
-
Pelestarian budaya
-
Menyanyikan lagu dengan 2 notasi
-
Alat musik ritmis
(Pengembangan materi terlampir)
E.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan
lagu nasional “Satu Nusa Satu Bangsa”.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Di
awal pembelajaran, siswa mengumpulkan iklan-iklan dari berbagai sumber: majalah,
surat kabar, atau internet. Alternatif: guru menyediakan contoh-contoh iklan.
·
Siswa
memperhatikan iklan-iklan yang telah terkumpul atau disajikan oleh guru.
·
Siswa
menjelaskan kembali pemahamannnya tentang iklan. Untuk kegiatan ini guru
dapat menunjuk beberapa siswa secara acak. Selanjutnya, siswa lain yang tidak
ditunjuk dapat melengkapi.
·
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan pancingan untuk menstimulus pengetahuan siswa.
Pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukanmisalnya: Apa yang dimaksud dengan
iklan? Unsur-unsur apa saja yang terdapat di dalam iklan? Mengapa iklan harus
dibuat menarik?
·
Siswa
menceritakan pendapatnya tentang iklan-iklan yang disajikan.
·
Siswa
bertanya jawab mengenai kekayaan budaya Indonesia, misalnya tarian, adat
istiadat, dan musik tradisional.
·
Siswa
mengingat kembali berita yang termuat dalam pembelajaran 4 tentang
pertunjukan Tari Saman. Dalam berita tersebut dijelaskan mengenai kekompakan
para penari saat mempertunjukkan Tari Saman.
·
Siswa
menulis pendapatnya tersebut dalam lembar tugas yang disediakan pada buku
siswa.
·
Siswa
diingatkan untuk menulis menggunakan kalimat yang benar dan bahasa baku.
(Kegiatan Mengamati)
·
Siswa
menuliskan informasi yang didapat dengan cermat.
·
Siswa
membuat artikel tentang hasil pengamatan yang telah dilakukan.
·
Siswa
menyiapkan hasil karya berupa iklan yang telah dibuat secara berkelompok pada
pembelajaran 5.
·
Secara
bergantian setiap kelompok menyajikan iklan yang telah dibuat.
·
Saat
menyajikan hasil karya, siswa menjelaskan unsur-unsur yang terdapat pada
iklan yang dibuat dan daya tarik iklan tersebut.
·
Secara
bergantian siswa lain diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat,
bertanya, atau memberi masukan tentang iklan yang sedang disajikan.
·
Saat
bertanya dan memberikan masukan, siswa menggunakan kalimat yang runtut dan
pilihan kata yang tepat. (Kegiatan Menanya)
·
Ketika
suatu kelompok selesai menyajikan hasil karyanya, seluruh siswa memberi tepuk
tangan.
·
Siswa
menyanyikan bersama-sama lagu “Bermain Bola” yang telah dipelajari pada
pembelajaran 5.
·
Siswa
memperhatikan notasi lagu “Bermain Bola” pada buku siswa yang ditulis untuk
dua suara.
·
Siswa
belajar menyanyikan dengan benar lagu “Bermain Bola” untuk notasi suara satu.
Guru dapat memberikan contoh sebelumnya, kemudian siswa menirukan.
·
Siswa
belajar menyanyikan dengan benar lagu “Bermain Bola” untuk notasi suara dua.
Guru dapat memberikan contoh sebelumnya, kemudian siswa menirukan.
·
Siswa
dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok bertugas menyanyikan notasi suara
satu. Kelompok lain bertugas menyanyikan notasi suara dua.
·
Secara
bergantian setiap kelompok menyanyikan hingga benar lagu “Bermain Bola”.
·
Dua
kelompok siswa bersama-sama menyanyikan dengan benar lagu “Bermain Bola”
dalam dua suara. (Kegiatan Mencoba)
|
180 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan
pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·
Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
20 menit
|
F.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa
Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Buku, teks bacaan tentang pelesatrian budaya
d.
Teori tinggi rendah dan panjang pendek nada
e.
Alat musik ritmis sederhana yang ada di
lingkungan sekitar
G.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Uraian tertutup
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
20 Oktober 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
…………………………….
NIP. ……………………….
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi dan media
2.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
3.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
c. Observasi dalam bentuk panduan penilaian
No comments:
Post a Comment