Tuesday, November 18, 2014

Contoh RPP Kelas 4 (3,1,6) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester         : 4 (empat) / 1 (satu)
Tema                           : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema                                 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan
   Rumahku (Pembelajaran 6)
Waktu                         : 1 hari ( 6 x 35 menit)

A. Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
·         SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan
4.2 Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan di lingkungan sekitar
·         Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

C.  Indikator
·         SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur terhadap keanekaragaman pemandangan alam ciptaan Tuhan YME
2.1.1 Menunjukkan minat positif terhadap berbagai gambar pemandangan alam di sekitarnya
3.1.1 Menggali informasi tentang hasil pengamatan karya seni dua dimensi berupa gambar pemandangan alam
4.2.1 Menggambar pemandangan alam di sekitar rumah
·         Bahasa Indonesia
1.2.1 Mengakui bahasa Indonesia sebagai anugerah dari Tuhan YME
2.4.1 Menggunakan bahasa Indonesia dalam menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan
3.1.1 Menggali informasi tentang laporan hasil pengamatan tentang alam yang didukung dengan media gambar hasil karya siswa
4.1.1 Menggunakan kosakata baku dalam mengungkapkan informasi tentang laporan hasil pengamatan secara lisan

D.  Tujuan Pembelajaran
Kognitif
3.1.1 Melalui pengamatan gambar, siswa mampu menggali informasi tentang hasil pengamatan karya seni dua dimensi berupa gambar pemandangan alam dengan baik.
3.1.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menggali informasi tentang laporan hasil pengamatan tentang alam dengan didukung media gambar hasil karya siswa.
Afektif
1.1.1 Melalui pengamatan gambar, siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap keanekaragaman pemandangan alam ciptaan Tuhan YME dengan baik.
2.1.1 Melalui pengamatan gambar, siswa mampu menunjukkan minat positif terhadap berbagai gambar pemandangan alam di sekitarnya dengan baik.
1.2.1 Melalui tanya jawab, siswa mampu mengakui bahasa Indonesia sebagai anugerah dari Tuhan YME dengan baik.
2.4.1 Melalui bercerita, siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan baik.
Psikomotor
4.2.1 Melalui penugasan, siswa mampu menggambar pemandangan alam di sekitar rumah dengan baik.
4.1.1 Melalui bercerita, siswa mampu menggunakan kosakata baku dalam mengungkapkan informasi tentang laporan hasil pengamatan secara lisan dengan baik.

E.  Materi Ajar
1.      Gambar Pemandangan Alam
2.      Evaluasi  (Pengembangan materi terlampir)
F.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Scientific
     Model                     : Tematik Terpadu
   Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Pengamatan, Presentasi, dan
                                      Ceramah

Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan memotivasi siswa untuk rajin belajar menghadapi mid semester I.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
·          Siswa memperlihatkan gambar pemandangan yang telah digambar mereka di rumah di hari sebelumnya dan kemudian menceritakan tentang gambar tersebut kepada teman-teman dalam satu kelompok.
·          Siswa dimotivasi untuk saling bertanya tentang gambar yang sudah dipresentasikan oleh teman-teman mereka.
·          Siswa mengamati pohon pecahan dan mewarnai sesuai instruksi. Siswa diminta memilih sepuluh pecahan dari pohon tersebut secara acak dan mengurutkannya dari yang terbesar hingga terkecil.
·          Siswa diminta membuat peta pikiran tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
·          Siswa menggambar diagram venn tentang persamaan dan perbedaan antara hewan dan tumbuhan.
·          Siswa diminta menjelaskan secara tertulis kewajiban yang dilakukan di rumah terhadap hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar rumah.
·          Siswa menjawab pertanyaan renungan yang terdapat di buku siswa.
180 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·          Guru menyampaikan pesan moral untuk selalu menjaga lingkungan sekitar.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
20 menit

G.                Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.       Gambar hasil karya siswa


H.      Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Uraian tertutup



Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 8 Oktober 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106




Dosen Pembimbing


……………………………
NIP.

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003



LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi dan media pembelajaran
2.    Kisi-Kisi
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS) dan soal evaluasi
4.    Kunci soal evaluasi
5.    Pedoman Penskoran
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian

No comments:

Post a Comment