RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 4 (empat) / 1 (satu)
Tema
: Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema : Hewan dan
Tumbuhan di Lingkungan
Rumahku (Pembelajaran 6)
Waktu :
1 hari ( 6 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
·
SBdP
1.1 Mengagumi
ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif
masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan
sekitar untuk mendapatkan ide dalam
berkarya seni
3.1
Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan
4.2 Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan di
lingkungan sekitar
·
Bahasa Indonesia
1.2
Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan
dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan
teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4
Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
C.
Indikator
·
SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur
terhadap keanekaragaman pemandangan alam ciptaan Tuhan YME
2.1.1 Menunjukkan minat
positif terhadap berbagai gambar pemandangan alam di sekitarnya
3.1.1 Menggali
informasi tentang hasil pengamatan karya seni dua dimensi berupa gambar
pemandangan alam
4.2.1 Menggambar pemandangan alam
di sekitar rumah
·
Bahasa Indonesia
1.2.1
Mengakui bahasa Indonesia sebagai anugerah dari Tuhan YME
2.4.1
Menggunakan bahasa Indonesia dalam menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan
3.1.1
Menggali informasi tentang laporan hasil pengamatan tentang alam yang didukung
dengan media gambar hasil karya siswa
4.1.1
Menggunakan kosakata baku dalam mengungkapkan informasi tentang laporan hasil
pengamatan secara lisan
D. Tujuan Pembelajaran
Kognitif
3.1.1
Melalui pengamatan gambar, siswa mampu menggali informasi tentang hasil
pengamatan karya seni dua dimensi berupa gambar pemandangan alam dengan baik.
3.1.1 Melalui pengamatan, siswa mampu menggali informasi
tentang laporan hasil pengamatan tentang alam dengan didukung media gambar
hasil karya siswa.
Afektif
1.1.1 Melalui pengamatan
gambar, siswa mampu menunjukkan rasa syukur terhadap keanekaragaman pemandangan
alam ciptaan Tuhan YME dengan baik.
2.1.1 Melalui pengamatan
gambar, siswa mampu menunjukkan minat positif terhadap berbagai gambar
pemandangan alam di sekitarnya dengan baik.
1.2.1 Melalui tanya jawab,
siswa mampu mengakui bahasa Indonesia sebagai anugerah dari Tuhan YME dengan
baik.
2.4.1 Melalui bercerita, siswa mampu menggunakan bahasa
Indonesia dalam menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan baik.
Psikomotor
4.2.1 Melalui penugasan, siswa
mampu menggambar pemandangan alam di sekitar rumah dengan baik.
4.1.1 Melalui bercerita, siswa mampu menggunakan kosakata
baku dalam mengungkapkan informasi tentang laporan hasil pengamatan secara
lisan dengan baik.
E. Materi Ajar
1.
Gambar Pemandangan Alam
2.
Evaluasi (Pengembangan
materi terlampir)
F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific
Model :
Tematik Terpadu
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Pengamatan, Presentasi, dan
Ceramah
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka pelajaran dengan memotivasi
siswa untuk rajin belajar menghadapi mid semester I.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa memperlihatkan gambar pemandangan yang
telah digambar mereka di rumah di hari sebelumnya dan kemudian menceritakan
tentang gambar tersebut kepada teman-teman dalam satu kelompok.
·
Siswa dimotivasi untuk saling bertanya tentang
gambar yang sudah dipresentasikan oleh teman-teman mereka.
·
Siswa mengamati pohon pecahan dan mewarnai
sesuai instruksi. Siswa diminta memilih sepuluh pecahan dari pohon tersebut
secara acak dan mengurutkannya dari yang terbesar hingga terkecil.
·
Siswa diminta membuat peta pikiran tentang
bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
·
Siswa menggambar diagram venn tentang persamaan dan perbedaan antara hewan dan tumbuhan.
·
Siswa diminta menjelaskan secara tertulis
kewajiban yang dilakukan di rumah terhadap hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar rumah.
·
Siswa menjawab pertanyaan renungan yang
terdapat di buku siswa.
|
180 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
·
Guru menyampaikan pesan moral
untuk selalu menjaga lingkungan sekitar.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
20 menit
|
G.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa
Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Gambar hasil karya siswa
H.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Uraian tertutup
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
8 Oktober 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
……………………………
NIP.
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi dan media
pembelajaran
2.
Kisi-Kisi
3.
Lembar Kerja Siswa (LKS) dan soal
evaluasi
4.
Kunci soal evaluasi
5.
Pedoman Penskoran
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Unjuk kerja dalam
bentuk rubrik penilaian
No comments:
Post a Comment