RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 5 (lima) / 1 (satu)
Tema
: Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema : Manusia dan
Peristiwa Alam
(Pembelajaran 2)
(Pembelajaran 2)
Waktu :
1 hari ( 6 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
·
IPA
1.1 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.6. Mendeskripsikan siklus
air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup.
4.7 Menyajikan hasil laporan
tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia,
serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak
diatasi.
·
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang
lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.1 Memiliki kepedulian dan
tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks
penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyampaikan teks
penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
·
PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa
tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.2 Bertanggung jawab
terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.2 Memahami manfaat
pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
4.9 Menceritakan cara
pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
·
SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal harmoni musik
dan lagu daerah.
4.8 Menampilkan musik
nusantara dengan alat musik sederhana
C. Indikator
·
IPA
1.1.1 Menunjukkan sikap
peduli terhadap perilaku manusia yang merusak ciptaan Tuhan
2.1.1 Menunjukkan sikap rasa
ingin tahu, cermat, dan teliti selama proses pembelajaran
3.6.1 Membuat hasil laporan
tentang dampak terganggunya siklus air karena kegiatan manusia
4.7.1 Menjelaskan dampak daur air terhadap peristiwa alam
di bumi dan kehidupan manusia
·
Bahasa
Indonesia
1.1.1 Menunjukkan rasa bangga
menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
2.1.1 Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar dalam menceritakan alat musik daerahnya
3.2.1
Menguraikan penjelasan pengaruh pencemaran terhadap daur air secara tertulis
4.2.1 Menjelaskan pengaruh
pencemaran terhadap daur air
·
PJOK
1.2.1 Menunjukkan rasa syukur
atas kesehatan yang dimilikinya
2.2.1 Menunjukkan rasa
tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara kesehatan diri sendiri
3.2.1 Mempresentasikan cara-
cara pemeliharaan alat reproduksi
4.9.1 Menjelaskan manfaat
pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
·
SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur atas
keanekaragaman alat musik yang dimiliki daerahnya
2.1.1 Menunjukkan sikap percaya
diri dalam menampilkan permainan musik ritmis
3.2.1 Menciptakan harmonisasi
bunyi dengan alat musik yang sesuai dengan lagu yang dipilih
4.8.1 Menjelaskan manfaat
harmoni musik
D. Materi Ajar
-
Menjaga kesehatan diri sendiri
-
Hujan asam
-
Alat musik tradisional
-
Permainan musik ritmis
(Pengembangan materi terlampir)
E.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan
salah satu lagu daerah.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Peserta didik memperhatikan dialog percakapan
antara ibu guru dan muridnya. (mengamati)
·
Peserta didik kemudian membaca teks bacaan
secara cermat “Tips Menjaga Kesehatan Diri Sendiri”.
·
Peserta didik berdiskusi tentang informasi
penting dalam bacaan.
·
Peserta didik kemudian mengamati dan meringkas
dengan teliti tentang “Tips menjaga kesehatan diri sendiri”.
·
Peserta didik membaca teks bacaan dan
mengamati diagram dengan seksama.
·
Guru membimbing peserta didik untuk menemukan
informasi penting dari bacaan.
·
Peserta didik mengurutkan tahapan proses
terjadinya hujan asam berdasarkan diagram.
·
Peserta didik kemudian menyimpulkan
pemahamanan mereka melalui kegiatan membuat peta pikiran dengan judul Sumber
dan Akibat Limbah bagi Manusia dan Lingkungan.
·
Peserta didik diperbolehkan mencari informasi
tambahan melalui sumber bacaan lain. (Menanya)
·
Guru membimbing peserta didik dalam merumuskan
dan mencatat informasi-informasi penting dalam diagram dan peta pikiran
mereka.
·
Peserta didik menguraikan dan menjelaskan peta
pikiran mereka.
·
Peserta didik mengidentifikasikan permasalahan
dalam dialog percakapan tentang pentingnya air dalam kehidupan. (mencoba)
·
Kemudian peserta didik diminta membaca dengan
seksama teks bacaan tentang ritual adat memanggil hujan di suatu daerah.
·
Peserta didik mengidentifikasi alat musik dan
lagu tradisional yang digunakan dalam sebuah upacara adat.
·
Peserta didik berdiskusi dan mencari tahu
tentang alat musik tradisional dan lagu tradisional dari daerah mereka
masing-masing. (Mencari Informasi)
·
Peserta didik mencari dan menggunakan sumber
bacaan lain untuk membantu proses pengerjaan tugas mereka.
·
Peserta didik menuliskan hasil diskusi dan
penemuan mereka di kertas selembar disertai penjelasan dan potongan gambar
alat musik tradisional yang mereka pilih. (Menalar)
·
Peserta didik mengingat kembali teknik mempresentasikan
sebuah kreasi seni atau pertunjukan.
·
Peserta didik secara berkelompok, menentukan
satu lagu daerah (Bimbing peserta didik untuk memilih lagu daerah yang
berbeda-beda).
·
Peserta didik memilih alat musik ritmis
tradisional yang dapat mereka gunakan.
·
Peserta didik berlatih secara berkelompok
untuk menciptakan sebuah harmonisasi bunyi dan suara mengiringi irama sesuai
dengan lagu daerah yang mereka pilih.
·
Peserta didik secara berkelompok menampilkan
kreasi mereka di depan kelas. (menyajikan)
|
180 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan
pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·
Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·
Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan
melibatkan kerjasama dari orang tua.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
20 menit
|
F.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 5 dan Buku Siswa
Tema 2 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Teks bacaan tentang tips menjaga kesehatan diri sendiri
d.
Teks bacaan tentang hujan asam
e.
Teks bacaan tentang ritual memanggil hujan
f.
Gambar alat musik tradisional
g.
Contoh peta pikiran
h.
Alat musik ritmis (kendang, rebana, atau
maracas)
G.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Uraian tertutup
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
16 September 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
…………………………….
NIP. ……………………….
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi
2.
Media pembelajaran
3.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
c. Observasi dalam bentuk panduan penilaian
lks nya man?
ReplyDelete