Monday, November 17, 2014

Contoh RPP kelas 5 (2,3,2) kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester         : 5 (lima) / 1 (satu)
Tema                           : Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema                                 : Manusia dan Peristiwa Alam
  (Pembelajaran 2)
Waktu                         : 1 hari ( 6 x 35 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mencoba, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      Kompetensi Dasar
·         IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.6. Mendeskripsikan siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup.
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
·         Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
·         PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.2 Memahami manfaat pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
4.9 Menceritakan cara pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
·         SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
4.8 Menampilkan musik nusantara dengan alat musik sederhana

C.     Indikator
·         IPA
1.1.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap perilaku manusia yang merusak ciptaan Tuhan
2.1.1 Menunjukkan sikap rasa ingin tahu, cermat, dan teliti selama proses pembelajaran
3.6.1 Membuat hasil laporan tentang dampak terganggunya siklus air karena kegiatan manusia
4.7.1 Menjelaskan dampak daur air terhadap peristiwa alam di bumi dan kehidupan manusia
·         Bahasa Indonesia
1.1.1 Menunjukkan rasa bangga menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
2.1.1 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menceritakan alat musik daerahnya
3.2.1 Menguraikan penjelasan pengaruh pencemaran terhadap daur air secara tertulis
4.2.1 Menjelaskan pengaruh pencemaran terhadap daur air
·         PJOK
1.2.1 Menunjukkan rasa syukur atas kesehatan yang dimilikinya
2.2.1 Menunjukkan rasa tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara kesehatan diri sendiri
3.2.1 Mempresentasikan cara- cara pemeliharaan alat reproduksi
4.9.1 Menjelaskan manfaat pemeliharaan kebersihan alat reproduksi
·         SBdP
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur atas keanekaragaman alat musik yang dimiliki daerahnya
2.1.1 Menunjukkan sikap percaya diri dalam menampilkan permainan musik ritmis
3.2.1 Menciptakan harmonisasi bunyi dengan alat musik yang sesuai dengan lagu yang dipilih
4.8.1 Menjelaskan manfaat harmoni musik

D.     Materi Ajar
-          Menjaga kesehatan diri sendiri
-          Hujan asam
-          Alat musik tradisional
-          Permainan musik ritmis
(Pengembangan materi terlampir)

E.     Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan salah satu lagu daerah.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
·          Peserta didik memperhatikan dialog percakapan antara ibu guru dan muridnya. (mengamati)
·          Peserta didik kemudian membaca teks bacaan secara cermat “Tips Menjaga Kesehatan Diri Sendiri”.
·          Peserta didik berdiskusi tentang informasi penting dalam bacaan.
·          Peserta didik kemudian mengamati dan meringkas dengan teliti tentang “Tips menjaga kesehatan diri sendiri”.
·          Peserta didik membaca teks bacaan dan mengamati diagram dengan seksama.
·          Guru membimbing peserta didik untuk menemukan informasi penting dari bacaan.
·          Peserta didik mengurutkan tahapan proses terjadinya hujan asam berdasarkan diagram.
·          Peserta didik kemudian menyimpulkan pemahamanan mereka melalui kegiatan membuat peta pikiran dengan judul Sumber dan Akibat Limbah bagi Manusia dan Lingkungan.
·          Peserta didik diperbolehkan mencari informasi tambahan melalui sumber bacaan lain. (Menanya)
·          Guru membimbing peserta didik dalam merumuskan dan mencatat informasi-informasi penting dalam diagram dan peta pikiran mereka.
·          Peserta didik menguraikan dan menjelaskan peta pikiran mereka.
·          Peserta didik mengidentifikasikan permasalahan dalam dialog percakapan tentang pentingnya air dalam kehidupan. (mencoba)
·          Kemudian peserta didik diminta membaca dengan seksama teks bacaan tentang ritual adat memanggil hujan di suatu daerah.
·          Peserta didik mengidentifikasi alat musik dan lagu tradisional yang digunakan dalam sebuah upacara adat.
·          Peserta didik berdiskusi dan mencari tahu tentang alat musik tradisional dan lagu tradisional dari daerah mereka masing-masing. (Mencari Informasi)
·          Peserta didik mencari dan menggunakan sumber bacaan lain untuk membantu proses pengerjaan tugas mereka.
·          Peserta didik menuliskan hasil diskusi dan penemuan mereka di kertas selembar disertai penjelasan dan potongan gambar alat musik tradisional yang mereka pilih. (Menalar)
·          Peserta didik mengingat kembali teknik mempresentasikan sebuah kreasi seni atau pertunjukan.
·          Peserta didik secara berkelompok, menentukan satu lagu daerah (Bimbing peserta didik untuk memilih lagu daerah yang berbeda-beda).
·          Peserta didik memilih alat musik ritmis tradisional yang dapat mereka gunakan.
·          Peserta didik berlatih secara berkelompok untuk menciptakan sebuah harmonisasi bunyi dan suara mengiringi irama sesuai dengan lagu daerah yang mereka pilih.
·          Peserta didik secara berkelompok menampilkan kreasi mereka di depan kelas. (menyajikan)
180 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
20 menit

F.     Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.       Teks bacaan tentang tips menjaga kesehatan diri sendiri
d.      Teks bacaan tentang hujan asam
e.       Teks bacaan tentang ritual memanggil hujan
f.       Gambar alat musik tradisional
g.      Contoh peta pikiran
h.      Alat musik ritmis (kendang, rebana, atau maracas)

G.   Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan.
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Uraian tertutup




Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 16 September 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106
Guru Kelas V


Suwarno, A.Ma.Pd. 
NIP. 195812131994071001











Dosen Pembimbing


…………………………….
NIP. ……………………….

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003


LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi
2.    Media pembelajaran
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian
c. Observasi dalam bentuk panduan penilaian

1 comment: