Monday, November 17, 2014

Contoh RPP kelas 4 (2,2,1) Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah            : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester         : 4 (empat) / 1 (satu)
Tema                           : Selalu Berhemat Energi
Subtema                                 : Pemanfaatan Energi
   (Pembelajaran 1)
Waktu                         : 1 hari ( 6 x 35 menit)

A.  Kompetensi Inti
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

B.  Kompetensi Dasar
·         IPA
3.4      Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6      Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
·         Bahasa Indonesia
3.1           Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentanggaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
1.1           Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
·         PPKn
3.2      Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2           Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

C.  Indikator
·         IPA
-          Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi dalam kegiatan-kegiatan yang ada dalam gambar.
-          Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas.
·         Bahasa Indonesia
-          Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan memperhatikan penulisan dan penggunaan kosakata baku.
·         PPKn
-          Melaksanakan perilaku sikap aman dalam penggunaan energi.
-          Melaksanakan perilaku sikap hemat energi.



D.  Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·         Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi dengan benar.
·         Setelah melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan benar.
Afektiif
·           Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dalam penggunaan energi dengan mandiri dan benar.
·           Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap berhemat dalam penggunaan energi dengan mandiri dan benar.
Psikomotor
·           Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan benar.

E.  Materi Ajar
1.      Sumber dan perubahan bentuk energi
2.      Percobaan energi panas
3.      Laporan hasil percobaan
4.      Sikap aman dan hemat energi
(Pengembangan materi terlampir)

F.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan             : Scientific
     Model                     : Tematik Terpadu
     Strategi                   : Cooperative Learning
     Teknik                    : STAD
   Metode                   : Penugasan, Tanya Jawab, Eksperimental, Diskusi, Presentasi, dan Ceramah

Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
·           Guru menyapa siswa dengan salam.
·           Siswa menjawab salam dan berdoa.
·           Guru mengecek kehadiran siswa.
·           Guru membuka pelajaran dengan mengkondisikan fisik dan psikis siswa yang lelah setelah jalan sehat.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
·          Siswa secara berpasangan mengamati gambar, siswa mengeksplorasi gambar secara detail dan cermat dengan tujuan tertentu (mengamati kegiatan yang dilakukan dan sumber energinya).
·          Siswa menulis dan mengomunikasikan hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas.
·          Siswa mengamati gambar kegiatan dan menuliskan energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan itu.
·          Guru menyediakan gambar yang menampilkan berbagai macam kegiatan yang menggunakan energi yang lebih bervariatif dengan mengambil gambar koran.
·          Siswa melakukan percobaan, mengamati, dan menuliskan hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa.
·          Siswa menuliskan laporan hasil percobaan yang telah dilakukan.
·          Guru membantu siswa menemukan hal-hal yang perlu diamati dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti:
-          Bagaimana penulisan kata, lambang bilangan, dan tanda baca yang digunakan pada laporan tersebut?
-          Bagaimana merangkaikan antarkalimat dalam tiap paragrafnya?
-          Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah kalimat?
-          Bagaimana membuat kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca?
·          Siswa mendiskusikan hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
·          Siswa mendiskusikan sikap apa saja yang harus ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan.
·          Siswa menganalisis gambar yang ada pada buku tentang sikap hemat energi.
·          Siswa berdiskusi tentang cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan aman secara berkelompok.
·          Siswa mengemukan pendapatnya pada kegiatan diskusi kelas yang dibimbing guru.
·          Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa tentang cara menghemat listrik.
185 menit
Penutup
·          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·          Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·          Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·          Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan melibatkan kerjasama dari orang tua.
·          Siswa mengucap doa dan salam.
·          Guru melakukan penilaian autentik.
15 menit

G.                Media dan Sumber Belajar
a.       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b.      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.       Gambar kegiatan dari koran
d.      Kertas, benang, korek, dan lilin

H.      Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir).


  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Uraian tertutup



Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 9 September 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106




Dosen Pembimbing


Dr. Peduk Rintayati, M.Pd.
NIP. 195402241982032001

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003


LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.    Pengembangan materi
2.    Media pembelajaran
3.    Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.    Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik penilaian

c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan.

No comments:

Post a Comment