RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N No.95 Setono
Kelas / Semester : 4 (empat) / 1 (satu)
Tema
: Selalu Berhemat Energi
Subtema : Pemanfaatan
Energi
(Pembelajaran 1)
(Pembelajaran 1)
Waktu :
1 hari ( 6 x 35 menit)
A.
Kompetensi Inti
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati
dan mencoba [mendengar, melihat,
membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara
kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
B.
Kompetensi Dasar
·
IPA
3.4 Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan laporan tentang sumberdaya
alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
·
Bahasa Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan
hasil pengamatan tentanggaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
1.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
·
PPKn
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai
warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
C.
Indikator
·
IPA
-
Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi
dalam kegiatan-kegiatan yang ada dalam
gambar.
-
Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan
dengan energi panas.
·
Bahasa
Indonesia
-
Menyajikan
laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan memperhatikan
penulisan dan penggunaan kosakata baku.
·
PPKn
-
Melaksanakan
perilaku sikap aman dalam penggunaan energi.
-
Melaksanakan
perilaku sikap hemat energi.
D. Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·
Dengan
mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk
energi dengan benar.
·
Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan benar.
Afektiif
·
Dengan
bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dalam penggunaan energi
dengan mandiri dan benar.
·
Dengan
bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap berhemat dalam penggunaan
energi dengan mandiri dan benar.
Psikomotor
·
Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang
berhubungan dengan energi panas dengan benar.
E. Materi Ajar
1.
Sumber dan perubahan bentuk energi
2.
Percobaan energi panas
3.
Laporan hasil percobaan
4.
Sikap aman dan hemat energi
(Pengembangan materi terlampir)
F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific
Model :
Tematik Terpadu
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik : STAD
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Eksperimental, Diskusi, Presentasi, dan Ceramah
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyapa siswa dengan salam.
·
Siswa menjawab salam dan berdoa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru membuka pelajaran dengan mengkondisikan
fisik dan psikis siswa yang lelah setelah jalan sehat.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa secara berpasangan mengamati gambar,
siswa mengeksplorasi gambar
secara detail dan cermat dengan tujuan tertentu (mengamati kegiatan yang
dilakukan dan sumber energinya).
·
Siswa menulis dan mengomunikasikan hasil
pengamatan gambar secara lisan di depan kelas.
·
Siswa mengamati gambar kegiatan dan menuliskan
energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan itu.
·
Guru menyediakan gambar yang menampilkan
berbagai macam kegiatan yang menggunakan energi yang lebih bervariatif dengan mengambil gambar koran.
·
Siswa melakukan percobaan, mengamati, dan
menuliskan hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa.
·
Siswa menuliskan laporan hasil percobaan yang
telah dilakukan.
·
Guru membantu siswa menemukan hal-hal yang
perlu diamati dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti:
-
Bagaimana penulisan kata, lambang bilangan,
dan tanda baca yang digunakan pada laporan tersebut?
-
Bagaimana merangkaikan antarkalimat dalam tiap
paragrafnya?
-
Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat
sebuah kalimat?
-
Bagaimana membuat kalimat agar mudah dipahami
oleh pembaca?
·
Siswa mendiskusikan hal-hal apa saja yang
dapat dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
·
Siswa mendiskusikan sikap apa saja yang harus
ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan.
·
Siswa menganalisis gambar yang ada pada buku
tentang sikap hemat energi.
·
Siswa berdiskusi tentang cara aman menggunakan
alat-alat listrik dengan aman secara berkelompok.
·
Siswa mengemukan pendapatnya pada kegiatan diskusi
kelas yang dibimbing guru.
·
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku
siswa tentang cara menghemat listrik.
|
185 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Siswa melakukan perenungan dengan menyimpulkan
pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru.
·
Guru memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar serta menyampaikan pesan moral dengan bijak.
·
Guru memberikan tugas rumah sebagai latihan, dengan
melibatkan kerjasama dari orang tua.
·
Siswa mengucap doa dan salam.
·
Guru melakukan penilaian autentik.
|
15 menit
|
G.
Media dan Sumber Belajar
a.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan
sekolah.
b.
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa
Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c.
Gambar kegiatan dari koran
d.
Kertas, benang, korek, dan lilin
H.
Penilaian
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis
dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Uraian tertutup
Guru
Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta,
9 September 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
Dosen
Pembimbing
Dr. Peduk Rintayati, M.Pd.
NIP. 195402241982032001
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Pengembangan materi
2.
Media pembelajaran
3.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
4.
Kisi-Kisi
4. Instrumen Penilaian:
a. Tugas tertulis dalam bentuk soal
b. Unjuk kerja dalam bentuk rubrik
penilaian
c. Observasi dalam bentuk rubrik pengamatan.
No comments:
Post a Comment