Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) tematik
Nama Sekolah :
SD N No. 95 Setono
Kelas / Semester :
3 (Tiga) / I (Satu)
Tema :
Kegiatan (Minggu ke-3 pertemuan 4)
Waktu
: 2 JP (2 x 35 menit)
A.
Standar Kompetensi
PKn
- Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
IPS
·
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
Bahasa
Indonesia
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan
bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Matematika
·
Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
IPA
·
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan,
dan upaya
menjaga kesehatan lingkungan
B.
Kompetensi Dasar
PKn
·
Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
IPS
·
Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
Bahasa
Indonesia
·
Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat
yang runtut dan pilihan kata yang tepat
Matematika
·
Mengenal
hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat
IPA
·
Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
C.
Indikator
PKn
- Menunjukkan kerjasama dalam memecahkan masalah kelompok
IPS
·
Menunjukkan
kepedulian terhadap kondisi lingkungan sekitar
Bahasa Indonesia
·
Membuat
tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
Matematika
·
Menentukan
hubungan antarsatuan waktu
IPA
·
Menyebutkan
cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar
D.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·
Melalui
tanya jawab, siswa mampu menentukan hubungan antarsatuan waktu dengan benar.
·
Melalui
pengamatan gambar, siswa mampu menyebutkan cara menjaga kebersihan lingkungan
sekitar dengan benar.
Afektif
- Melalui diskusi, siswa mampu menunjukkan kerjasama dalam memecahkan masalah kelompok dengan baik.
·
Melalui
pengamatan gambar, siswa mampu menunjukkan kepedulian terhadap kondisi
lingkungan sekitar dengan baik.
Psikomotor
·
Melalui
pengamatan gambar, siswa mampu membuat tanggapan dan saran dengan baik.
E.
Materi Pokok
§ Pengamalan nilai-nilai
Sumpah Pemuda
§ Kondisi lingkungan sekitar
§ Membuat tanggapan dan saran sederhana
§ Hubungan antarsatuan waktu
§ Menjaga kebersihan lingkungan
(Pengembangan materi
terlampir)
F.
Metode Pembelajaran
Model pembelajaran:
§ Tematik Terpadu (Webbed)
Metode pembelajaran: Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan, dan Diskusi
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
Kegiatan Awal (5 menit)
§ Mengucap salam, mengkondisikan kelas, dan mengecek
kehadiran siswa.
§
Guru bercerita tentang kondisi
lingkungan sekolah yang kotor karena banyak anak yang tidak mau menjaga
kebersihan. (apersepsi)
§
Guru menjelaskan sekilas tentang materi yang akan
dipelajari. (orientasi)
§
Siswa diajak melakukan permainan
untuk melatih konsentrasi. (motivasi)
Kegiatan Inti (55 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F Siswa mengamati media gambar berseri yang
diberikan oleh guru.
F Guru bertanya jawab dengan siswa tentang gambar
yang sedang diamati.
F Siswa mengungkapkan pendapatnya secara
lisan.
F Siswa mendengarkan kembali penjelasan guru
tentang gambar yang diamati.
F Guru memberikan contoh cara memberi
tanggapan dan saran yang baik.
§
Elaborasi
F Siswa mengamati kembali media gambar
berseri yang diberikan guru.
F
Melalui
diskusi berpasangan, siswa mencoba membuat kalimat dari masing-masing gambar.
F
Siswa
menuliskan tanggapan yang sesuai dengan kondisi dari gambar berseri yang
diamati.
F
Dari tanggapan
yang diberikan, siswa menuliskan saran yang tepat terhadap isi gambar.
F
Siswa
diarahkan untuk memberikan tanggapan dan saran berkaitan dengan kondisi
lingkungan yang kurang dijaga.
F
Melalui
cerita, guru menghubungkan salah satu kegiatan yang ada di gambar dengan satuan
waktu.
F
Guru
bertanya jawab tentang hubungan antarsatuan waktu yang sudah diketahui siswa.
Konfirmasi
F Guru melihat dan melakukan
pengamatan kegiatan diskusi siswa satu persatu.
F Siswa mengungkapkan hasil diskusinya di depan
kelas.
F Guru memberi tanggapan terhadap hasil kerja
masing-masing kelompok.
F Guru memberikan penegasan materi.
Kegiatan Akhir (10 menit)
@ Guru membimbing siswa merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
@ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan
memberikan penguatan.
@ Guru memberikan apresiasi
terhadap keseluruhan hasil kerja siswa.
@ Siswa mengerjakan soal evaluasi individu.
@ Guru menutup pembelajaran dengan salam.
- Alat dan Sumber Belajar
1.
Diri anak,
lingkungan sekolah, dan lingkungan tempat tinggal siswa
2.
Gambar
seri tentang lingkungan sekitar
- Penilaian
- Kognitif
Jenis :
tertulis
Bentuk : tes uraian tertutup
- Afektif
Jenis : pengamatan
Bentuk : skala sikap
- Psikomotor
Jenis :
penilaian autentik
Bentuk : unjuk
kerja
- Alat Penilaian : lembar
soal, kunci jawaban, lembar pengamatan, lembar unjuk kerja (terlampir)
Guru Pamong
Janti
Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta, 23 Oktober 2014
Praktikan
Estri
Murwani
NIM.
K711106
|
|
|
|
|
|
Dosen Pembimbing
…………………………..
NIP.
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono
Arry
Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
No comments:
Post a Comment