Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) tematik
Nama Sekolah :
SD N No. 95 Setono
Kelas / Semester : 3 (Tiga) / I (Satu)
Tema : Pengalaman (Minggu ke-2 pertemuan
4)
Waktu : 3 JP (3 x 35 menit)
A.
Standar Kompetensi
IPA
- Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
Bahasa
Indonesia
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan
petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran.
B.
Kompetensi Dasar
IPA
·
Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada
makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat,
olah raga)
Matematika
·
Melakukan
perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
Bahasa
Indonesia
·
Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
C.
Indikator
IPA
- Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia
Matematika
·
Menerapkan perkalian sebagai penjumlahan
berulang
·
Menerapkan lambang perkalian
B.
Indonesia
·
Melakukan percakapan tentang pengalaman
D.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
·
Melalui pengamatan gambar, siswa mampu mengidentifikasi
perubahan tubuh pada manusia dengan baik.
·
Melalui soal latihan, siswa mampu menerapkan
perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan tepat.
·
Melalui demonstrasi guru, siswa mampu menerapkan
lambang perkalian dengan benar.
Afektif
·
Siswa
dapat memiliki toleransi dengan baik melalui menanggapi cerita teman.
·
Siswa
dapat memiliki sikap tekun dalam menyelesaikan masalah dengan baik melalui latihan yang diberikan guru.
·
Siswa
dapat memiliki perhatian terhadap orang lain dengan baik melalui mendengarkan penjelasan guru.
·
Siswa
dapat memiliki rasa percaya diri di depan orang lain dengan baik melalui metode bercerita.
Psikomotor
·
Melalui cerita berpasangan, siswa mampu melakukan
percakapan tentang pengalaman dengan runtut.
E.
Materi Pokok
·
Perubahan pada makhluk hidup
·
Perkalian sebagai penjumlahan berulang
·
Bercerita dengan runtut
(Pengembangan
materi terlampir)
v Karakter siswa yang diharapkan :
Rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), toleransi (tolerance), dan percaya diri (confidence).
- Metode Pembelajaran
Model
pembelajaran:
§ Terpadu (Webbed)
Metode
pembelajaran:
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Penugasan,
Diskusi, dan Bercerita.
- Langkah-langkah
pembelajaran
Kegiatan
Awal (5 menit)
§
Mengucap salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa.
§
Apersepsi
Guru bertanya tentang pengalaman
siswa yang memiliki saudara.
§
Orientasi
Guru menjelaskan sekilas tentang materi yang akan dipelajari.
§
Motivasi
Siswa
menyanyikan lagu “Naik Delman”.
Kegiatan
Inti (90 menit)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F Siswa mengamati gambar perubahan pada
manusia dari bayi hingga tua.
F Guru bertanya pada siswa tentang perubahan
yang dialami manusia.
F Melalui cerita pengalaman, siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang.
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
cara menulis lambang perkalian.
F Guru menjelaskan kembali proses
penjumlahan berulang dan penulisan bentuk perkalian menggunakan tusuk sate.
F Guru bercerita tentang pengalaman ketika
kecil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
F Siswa mendiskusikan perubahan yang terjadi
pada makhluk hidup.
F Siswa mengerjakan latihan soal perkalian
dari guru.
F Siswa secara berpasangan bercerita tentang
pengalaman ketika kecil.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Melihat dan melakukan pengamatan hasil kerja siswa satu persatu.
F Mengecek pemahaman siswa tentang perubahan
pada makhluk hidup.
F Memberikan apresiasi terhadap hasil kerja
siswa.
F Guru bertanya tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan.
F Guru memberikan penegasan materi.
Kegiatan Akhir (10 menit)
Merangkum
@ Guru membimbing siswa merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
@ Guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran.
@ Siswa
diberi tugas rumah berkaitan
dengan materi yang diajarkan sebagai latihan dan dikumpulkan pada hari berikutnya.
Merefleksi
@
Guru
membimbing siswa menanggapi
kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
@
Guru
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Penutup
@
Guru
menutup pembelajaran dengan salam.
- Alat
dan Sumber Belajar
- Buku tematik kelas III
- Gambar perubahan makhluk hidup
- Tusuk sate
- Pengalaman masa kecil siswa
- Penilaian
-
Kognitif
Jenis :
tertulis
Bentuk :
tes isian singkat
- Afektif
Jenis :
pengamatan
Bentuk
: skala sikap
- Psikomotor
Jenis :
penilaian autentik
Bentuk :
unjuk kerja
-
Alat Penilaian :
lembar soal, kunci jawaban,
lembar pengamatan, lembar penilaian (terlampir)
Guru Pamong
Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018
|
|
Surakarta, 11 September 2014
Praktikan
Estri Murwani
NIM. K711106
|
|
|
|
|
|
Dosen Pembimbing
Dr. Peduk Rintayati,
M.Pd.
NIP. 195402241982032001
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono
Arry Subiyanto,
S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003
|
No comments:
Post a Comment