Monday, November 17, 2014

Kelas 3 Semester I Tema Pengalaman

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  tematik

Nama Sekolah           : SD N No. 95 Setono
Kelas / Semester        : 3 (Tiga) / I (Satu)
Tema                          : Pengalaman (Minggu ke-2 pertemuan 4)
Waktu                        : 3 JP (3 x 35 menit)

A.      Standar Kompetensi
      IPA
  • Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Matematika

·         Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

Bahasa Indonesia

Berbicara  
·         Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran.

B.       Kompetensi Dasar
IPA
·         Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, olah raga)
Matematika

·         Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka

Bahasa Indonesia

·         Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan  kalimat yang runtut dan mudah dipahami        


C.      Indikator

IPA

  • Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia

Matematika

·         Menerapkan perkalian sebagai penjumlahan berulang
·         Menerapkan lambang perkalian

B. Indonesia

·         Melakukan percakapan tentang pengalaman

D.      Tujuan Pembelajaran
Kognitif

·         Melalui pengamatan gambar, siswa mampu mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia dengan baik.

·         Melalui soal latihan, siswa mampu menerapkan perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan tepat.
·         Melalui demonstrasi guru, siswa mampu menerapkan lambang perkalian dengan benar.
Afektif

·         Siswa dapat memiliki toleransi dengan baik melalui menanggapi cerita teman.

·         Siswa dapat memiliki sikap tekun dalam menyelesaikan masalah dengan baik melalui latihan yang diberikan guru.
·         Siswa dapat memiliki perhatian terhadap orang lain dengan baik melalui mendengarkan penjelasan guru.
·         Siswa dapat memiliki rasa percaya diri di depan orang lain dengan baik melalui metode bercerita.
Psikomotor
·         Melalui cerita berpasangan, siswa mampu melakukan percakapan tentang pengalaman dengan runtut.


E.       Materi Pokok
·         Perubahan pada makhluk hidup
·         Perkalian sebagai penjumlahan berulang
·         Bercerita dengan runtut
(Pengembangan materi terlampir)

v  Karakter siswa yang diharapkan :
Rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), toleransi (tolerance), dan percaya diri (confidence).

  1. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran:
§  Terpadu (Webbed)
Metode pembelajaran:
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Penugasan, Diskusi, dan Bercerita.




  1. Langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan Awal (5 menit)

§   Mengucap salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa.
§   Apersepsi
Guru bertanya tentang pengalaman siswa yang memiliki saudara.
§   Orientasi
Guru menjelaskan sekilas tentang materi yang akan dipelajari.
§   Motivasi
Siswa menyanyikan lagu “Naik Delman”.

Kegiatan Inti (90 menit)

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F Siswa mengamati gambar perubahan pada manusia dari bayi hingga tua.
F Guru bertanya pada siswa tentang perubahan yang dialami manusia.
F Melalui cerita pengalaman, siswa mendengarkan penjelasan guru tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang.
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara menulis lambang perkalian.
F Guru menjelaskan kembali proses penjumlahan berulang dan penulisan bentuk perkalian menggunakan tusuk sate.
F Guru bercerita tentang pengalaman ketika kecil.
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
F Siswa mendiskusikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup.
F Siswa mengerjakan latihan soal perkalian dari guru.
F Siswa secara berpasangan bercerita tentang pengalaman ketika kecil.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Melihat dan melakukan pengamatan hasil kerja siswa satu persatu.
F Mengecek pemahaman siswa tentang perubahan pada makhluk hidup.
F Memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa.
F Guru bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan.
F Guru memberikan penegasan materi.

Kegiatan Akhir (10 menit)

Merangkum
@  Guru membimbing siswa merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
@  Guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran.
@  Siswa diberi tugas rumah berkaitan dengan materi yang diajarkan sebagai latihan dan dikumpulkan pada hari berikutnya.
Merefleksi
@  Guru membimbing siswa menanggapi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
@  Guru menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Penutup
@  Guru menutup pembelajaran dengan salam.

  1. Alat dan Sumber Belajar
  1. Buku tematik kelas III
  2. Gambar perubahan makhluk hidup
  3. Tusuk sate
  4. Pengalaman masa kecil siswa

  1. Penilaian
-      Kognitif
Jenis     : tertulis
Bentuk : tes isian singkat
-      Afektif
Jenis     : pengamatan
     Bentuk : skala sikap
-      Psikomotor
Jenis     : penilaian autentik
     Bentuk : unjuk kerja
-      Alat Penilaian  : lembar soal, kunci jawaban, lembar pengamatan, lembar penilaian (terlampir)



Guru Pamong


Janti Murdiani, A. Ma.
NIP. 198712102010012018

Surakarta, 11 September 2014
Praktikan


Estri Murwani
NIM. K711106

Guru Kelas III


Muhammad Efendi, S.Pd.










Dosen Pembimbing


Dr. Peduk Rintayati, M.Pd.
NIP. 195402241982032001

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD N Setono


Arry Subiyanto, S.Pd.SD
NIP. 196608311994031003

No comments:

Post a Comment